Apa itu Virtex WA ? Ini Penjelasan dan Cara Membuatnya!

Apakah di era saat ini masih ada yang bermain Virtex WA? Jika iya, kini ada script baru untuk membuat virus text tersebut, lho. Dan kini cara membuatnya juga sangat mudah, baik itu yang menggunakan bantuan Termux maupun yang tidak.

Kamu pernah, ketika membuat suatu pesan di WhatsApp, aplikasi tersebut malah langsung tidak bisa digunakan alias freeze? Ya, kasus ini bis saja terjadi karena penggunaan virutex oleh pengguna yang mengirikannya.

Walaupun hal ini tidak berlaku untuk semua jenis WA, namun bisa dipastikan orang yang mengalaminya agar merasa kesal. Bagaimana tidak, aplikasi WA yang mereka gunakan benar-benar patah-patah seperti gama online dengan ping tinggi.

Mengenal Virtex WA

Mengenal-Virtex-WA-1

Virtux atau yang merupakan singkatan dari virus text, merupakan sekelompok teks yang di dalamnya terkandung karakter dan simbol unik di dalamnya. Jumlahnya pun juga sangat banyak, sehingga bisa mengakibatkan error pada aplikasi WhatsApp kamu saat membacanya.

Tidak perlu khawatir, karena error yang terjadi dalam hal ini hanya sebatas error ringan. Misalnya saja seperti WA tidak dapat berfungsi sementara, lag, freeze, dan lain sebagainya. Jadi bukan error yang benar-benar menyebabkan perangkat dalam keadaan bahaya.

Nah, karena virus ini menyerang hanya dengan mengandalkan teks yang banyak, maka orang-orang menyebutnya sebagai virus text. Dan kemudian mendapat julukan dari para pengguna smartphone dengan nama “Virtex”.

Ketika virus text dikirim ke sebuah akun WhatsApp, maka aplikasi WA penerima akan menjadi patah-patah. Namun hal ini tidak berlaku untuk beberapa jenis mod WA, seperti WhatsApp Kebal dan juga WhatsApp Inmune.

Selain itu, jika developer WhatsApp telah melakukan pembaruan pada aplikasi WA, maka virus berupa teks tersebut sudah tidak dapat bekerja lagi. Dan biasanya akan muncul author baru dari virtex yang lebih ampuh dan lebih ganas.

Cara untuk Membuat Virtex Wa

Cara-untuk-Membuat-Virtex-Wa

Ada dua cara yang dapat kamu coba untuk membuat Virus text WhatsApp, yakni dengan menggunakan bantuan Termux dan secara manual alias membuat sendiri. Nah, bagi yang ingin mencoba Termux, maka harus belajar dulu, karena aplikasi ini hanya bisa dijalankan ketika kamu memasukkan perintah.

Sedangkan untuk cara manual, kamu perlu mencari dulu font overload kemudian tinggal salin sebanyak-banyaknya. Jadi apakah kamu sudah menentukan cara mana yang akan digunakan untuk membuat Virus text WA?

Membuat Virtex dengan Menggunakan Termux

Membuat-Virtex-dengan-Menggunakan-Termux

Cara yang akan kita bahas pertama, adalah cara yang menggunakan aplikasi Termux. Penggunaan dari aplikasi ini sebenarnya sangat mudah, asalkan kamu sudah paham. Untuk itu, simak langkah-langkah menggunakan Termux berikut ini.

  • Langkah pertama, silahkan download dulu aplikasi Termux dari Google Play Store, dan install aplikasi tersebut di HP Android kamu.
  • Setelah itu, kamu juga perlu menginstal Script Virtex WA untuk bisa membuat script dari virus teks tersebut.
  • Nah, sekarang buka aplikasi Termux yang sebelumnya sudah dipasang.
  • Kemudian ketik apt update && apt upgrade -y, tap enter.
  • Masukan perintah berupa pkg install git && pkg install curl && pkg install figlet && gem install lolcat && pkg install ruby && pkg install bash.
  • Lalu install virus teks dengan menggunakan perintah git clone alamat script.
  • Lanjut dengan membuka folder hasil instalasi dengan perintah cd VIRTEX.
  • Sekarang jalankan script virtex dengan menuliskan perintah sh virtex.sh.
  • Pilihlah jenis virtex yang ingin dibuat dengan menuliskan nomor sesuai pada menu.
  • Jika virus sudah berhasil dibuat, tap opsi ctrl + z agar proses script berhenti.
  • Terakhir masukan perintah ls, lalu pindahkan virus text yang sudah dibuat ke dalam memori penyimpanan internal. Caranya adalah dengan perintah cp -f namavirtex /sdcard.

Untuk alamat dari script virus text di WhatsApp itu adalah https://github.com/muhammadfathul/VIRTEX. Jadi pembuatan virtex menggunakan Termux sebenarnya hampir sama seperti kamu mendownload file virus text tersebut.

Sederhananya, script yang akan kamu jalankan merupakan tempat untuk menyimpan file virus teks. Pada saat menjalankannya, kamu perlu memilih jenis mana yang akan didownload. Sebenanrya kamu bisa mendownload semuanya, namun harus dilakukan satu-persatu.

Caranya seperti yang sudah dikatakan, yakni dengan memasukkan nomor sesuai dengan pilih virus lalu tekan enter. Silahkan pilih model atau jenis virex mana yang ingin digunakan untuk membuat teman-temanmu panik.

Membuat Virtex tapa Termux (Secara manual)

Membuat-Virtex-tapa-Termux-Secara-manual

Mungkin kamu merasa bahwa cara yang sebelumnya terlalu rumit, dan butuh waktu yang sangat lama untuk memahaminya. Jika hal itu terjadi, maka tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukannya secara manual seperti berikut ini.

  • Langkah pertama, buka dulu aplikasi Notepad yang ada di HP. Jika tidak, kamu dapat menggunakan aplikasi catatan atau memo bawaan dari sistem operasi.
  • Berikutnya, kamu bisa langsung mencari jenis font overload di Google Play Store. Jika tidak, kamu bisa copy beberapa teks yang ada di bawah ini.

1⃣2⃣3⃣4⃣5⃣6⃣7⃣8⃣9⃣🔟

̽̏͊̔͛̽̀̉̊͗͂͠ ̽̏͊̔͛̽̀̉̊͗͂͠ ̽̏͊̔͛̽̀̉̊͗͂͠ ̽̏͊̔͛̽̀̉̊͗͂͠ ̽̏͊̔͛̽̀̉̊͗͂͠ ̽̏͊̔͛̽̀̉̊͗͂͠ ̽̏͊̔͛̽̀̉̊͗͂͠ ̽̏͊̔͛̽̀̉̊͗͂͠ ̽̏͊̔͛̽̀̉̊͗͂͠

▓▒▓▒▓▒▓▒▓

  • Nah, hal yang perlu kamu lakukan sekarang adalah menggandakan font tersebut dengan jumlah sebanyak-banyaknya.
  • Untuk membuat proses penggandaan teks berjalan lebih cepat, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Text Repeater. Kamu hanya perlu paste teks, kemudian tulis berapa kali ingin menggandakannya.
  • Jika sudah jadi, hanya perlu tekan tombol save.
  • Selain itu, masih ada cara yang lebih mudah, yakni dengan mendownloadnya di internet. Biasanya verteks yang ada di internet sudah siap untuk langsung digunakan.
  • Setelah virus teks disiapkan, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengirimkan virtex tersebut ke nomor WA orang yang dituju.

Cara Menangkal Virtex

Cara-Menangkal-Virtex

Dalam hal ini, menangkal virtex itu harus dilakukan oleh pengirim maupun penerimanya. Hal ini karena keduanya akan mengalami error ketika virus teks dimuat pada ponsel.

1. Menggunakan WhatsApp Inmune

Nah, cara yang paling ampuh untuk menangkal virtex adalah dengan menginstal aplikasi WA Kebal atau juga disebut sebagai WA Inmune. WA Kebal sendiri merupakan aplikasi WhatsApp Mod atau modifikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga.

Sehingga ketika mengirim dan juga menerima virus teks WA tidak akan mengalami error. Untuk itu, kamu perlu mendownload WA mod ini sebelum membuatnya.

2. Jangan buka pesan berisikan virtex

Sebenarnya saat “menerima” pesan yang berisikan virus teks, semua aplikasi WhatsApp tidak akan mengalami error. Akan tetapi setelah membuka dan melihat isi dari pesan tersebut, barulah aplikasi WA menjadi lag dan error.

Jadi cara lain yang dapat dilakukan untuk menangkal virus teks ini adalah dengan tidak membuka pesan yang berisikan virus tersebut. Ya, hal ini memang cukup sulit, mengingat biasanya kita akan langsung membuka pesan WhatsApp yang baru saja masuk.

3. Segera hapus pesan berisikan virtex

Selain itu, kamu bisa langsung segera membersihkan atau menghapus pesan yang isinya virtex tersebut. Pasitkan jangan sampai terlalu lama membuka pesan dan langsung menghilangkannya. Apabila diperlukan, kamu bisa langsung memblokir nomor dari orang yang mengirim virus teks.

4. Jangan berikan nomor ke sembarang orang

Bisa dibilang bahwa ini adalah salah satu hal yang sering disepelekan oleh banyak orang. Ya, biasanya kita dengan mudah membagikan nomor WhatsApp ke orang yang bahkan tidak dikenal, hanya untuk mendapatkan informasi tertentu.

Padahal, efek memberikan nomor WA ini juga hampir sama seperti membagikan data diri ke orang asing. Kita tidak tahu apa yang akan mereka lakukan terhadap nomor kita, dan bisa saja mereka mengirimkan virtex dengan tujuan yang tidak diketahui.

5. Hentikan aplikasi WhatsApp secara paksa

Apabila ada virtex yang masuk dan kamu sudah terlanjur membukanya, maka langkah paling tepat yang harus dilakukan adalah menghentikan aplikasi WA secara paksa. Opsi ini umumnya berada di pengaturan aplikasi. Hentikan paksa aplikasi WhatsApp, kemudian segera hapus virus text yang ada.

6. Hapus data dan instal ulang aplikasi WhatsApp

Untuk cara yang satu ini, dapat kamu lakukan untuk mengatasi virtex yang sifatnya lebih ganas, dan membuat aplikasi langsung error atau lag. Dengan menghapus aplikasi, maka juga akan menghapus pula semua pesan yang masuk termasuk virtex tadi.

Penghapusan aplikasi ini juga dilakukan untuk mengantisipasi jika virtual text yang masuk terus mengembang dan semakin membuat ponsel error. Jadi kamu perlu memilih opsi hapus data, matikan ponsel sementara waktu, dan download ulang aplikasi WhatsApp.

Cara Tahu Sebuah Chat Mengandung Virtex

Cara-Tahu-Sebuah-Chat-Mengandung-Virtex

Sebenarnya tidak ada cara pasti untuk mengetahui apakah sebuah chat WhatsApp mengandung virtex atau tidak. Mungkin kamu bisa melihat dari preview terlebih dahulu. Jika dirasa ada karakter-karakter yang mencurigakan, kemungkinan besar pesan tersebut berisikan virtex.

Bila kamu menemui hal semacam itu, langsung saja hapus chat tersebut sebelum membukanya. Jika sampai chat tersebut terbuka, maka Virtex di WA akan langsung menyerang sistem dan membuat ponsel menjadi lag dan error.

Nah, setelah berhasil menghapus virtex, kamu bisa langsung memblokir nomor yang mengirimnya. Jika perlu, kamu bisa langsung melaporkan nomor pengirim tersebut kepada pihak berwajib agar bisa segera ditindak lanjut dan tidak menyebarkan virtex ke nomor-nomor lainnya.

Mengenal Cyber Crime

Mengenal-Cyber-Crime

Bisa soal Virtex WA, tentu saja ada satu istilah yang muncul di pikiran kamu, yakni cyber crime. Jadi, cyber crime sendiri diambil dari dua kata, yaitu cyber yang artinya dunia maya serta crime yang berarti kejahatan. Jika digabungkan, maka cyber crime berarti kejahatan dunia maya.

Pada dasarnya istilah ini sering digunakan untuk mengacu pada aktivitas kejahatan yang dilakukan melalui jaringan komputer atau komputer sebagai alat, sasaran, dan juga tempat terjadinya suatu kejahatan yang merugikan suatu pihak.

Walaupun terkesan sederhana karena tidak menyerang individu secara langsung, namun kegiatan kejahatan ini termasuk ke dalam perbuatan yang melawan hukum. Terlebih untuk saat ini hampir setiap individu dan perusahaan mempunyai jaringan komputer sendiri.

Jenis-jenis Cyber Crime

Jenis-jenis-Cyber-Crime

Seperti halnya kejahatan atau tindak kriminal yang dilakukan di dunia nyata secara langsung, cyber crime ini juga terbagi menjadi beberapa jenis. Pembagian ini dilakukan berdasarkan proses bagaimana kejahatan tersebut dilakukan.

1. Illegal contents

Pertama ada illegal content, yang dilakukan dengan memasukkan informasi atau data jaringan internet yang tidak benar. Tidak hanya melanggar hukum dan etis, tujuan utama dari kejahatan ini adalah kerugian orang lain yang akan sangat mengganggu ketertiban umum.

2. Unauthorized access to computer system and service

Kejahatan yang satu ini, dilakukan dengan masuk dan menyusup ke dalam sistem jaringan komputer milik orang lain secara ilegal. Hal ini berarti kegiatan penyusupan tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan dari si pemilik jaringan komputer tersebut.

3. Cyber espionage

Cyber espionage adalah kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet dengan tujuan untuk memata-matai pihak lain. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan masuk ke dalam sistem jaringan yang digunakan pada komputer milik target sasaran.

4. Data forgery

Kejahatan ini berupa tindakan pemalsuan data dari berbagai macam dokumen yang penting. Dokumen tersebut sebelum telah tersimpan di internet sebagai dalam bentuk scriptless. Kemudian data tersebut dipalsukan untuk mengubah validasi yang seharurnya.

5. Cyber sabotage and extortion

Cyber sabotage and extortion adalah kejahatan yang dilakukan dengan membuat gangguan, sehingga bisa merusak dan menghancurkan suatu data. Data yang ada pada jaringan atau program komputer, nantinya akan dirusak dengan menggunakan virus atau semacamnya.

6. Offense against intellectual property

Offense against intellectual property berarti tindakan kejahatan yang dilakukan dengan target hak atas kekayaan intelektual korban. Sudah pasti kejahatan cyber yang satu ini akan sangat merugikan korban karena intelektual adalah aset yang sangat penting.

7. Phising

Phising adalah kejahatan dengan cara mengecoh orang lain supaya mereka mau memberikan data pribadi ke dalam situs yang telah disiapkan sebelumnya. Bisa dibilang jika untuk saat ini kejahatan tersebut semakin marak terjadi.

8. Infringements of privacy

Kemudian untuk kejahatan satu ini, dilakukan dengan tujuan untuk mencuri data pribadi milik seseorang yang tersimpan secara rahasia alias computerized. Apabila data pribadi tersebar ke publik, tentu saja orang tersebut akan mengalami kerugian besar.

9. Cyber stalking

Sesuai dengan namanya, cyber stalking merupakan kejahatan yang mengganggu dan melecehkan orang lain dengan memanfaatkan jaringan internet dan komputer. Biasanya, kejahatan ini dilakukan dengan hack beberapa fitur dari perangkat yang digunakan oleh korban, misalnya seperti kamera.

10. Carding

Terakhir ada carding, yang merupakan kejahatan dengan menggunakan kartu kredit milik orang lain. Dapat dikatakan jika dampak kerugian yang akan dialami oleh korban bisa sangat besar, karena si pelaku bisa menggunakan kartu kredit korban untuk berbagai transaksi di internet.

Hukum Pidana Bagi Pelaku Cyber Crime

Hukum-Pidana-Bagi-Pelaku-Cyber-Crime

Bisa dibilang jika kejahatan yang dilakukan di dunia maya alias cyber crime ini sudah terjadi sejak lama. Sehingga tindakan tersebut sudah dicap sebagai tindak pidana yang melanggar beberapa aturan hukum. Begitupun juga di Indonesia, dimana menetapkan cyber crime sebagai tindak pidana.

Hal ini tertulis pada Pasal 28 Ayat 1, yang berkaitan dengan orang yang menyebarkan berita bohong dengan sengaja dan mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik.

Kemudian ada Pasal 45 Ayat 2, yang berisikan hukuman bagi pelaku cyber crime, yakni kurungan paling lama 6 bulan atau denda paling banyak 1 miliar rupiah.

Oleh sebab itu, penggunaan Virtex WA ini memang tidak seharusnya dilakukan, walaupun dengan tujuan hanya bercanda atau iseng pada teman saja. Jika mereka benar-benar marah dan tidak terima, mereka berhak melaporkan kamu ke pihak berwajib, lho!

 

Lihat Juga :

Originally posted 2022-11-02 02:02:01.