Cara Transfer Uang dari Dana ke Gopay dengan Cepat Mudah!

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi perbankan di Indonesia sudah semakin maju. Salah satunya dalah proses transfer DANA ke Gopay atau platform lainnya jadi mudah. Bahkan tidak perlu menggunakan bank konvensional.

Proses transfer ini bisa dilakukan mudah secara realtime. Namun, tetap akan ada potongan biaya admin yang akan diterapkan. Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk menyiapkan dana yang cukup agar proses transfer tidak ada hambatan sama sekali.

Jika kamu penasaran dengan cara transfer Dana ke Gopay tidak ada salahnya untuk menyimak artikel ini dari awal sampai akhir. Dengan begitu, prosesnya bisa berjalan dengan baik dan tidak akan ada kesalahan pengiriman yang terjadi.

Tentang DANA dan Kelebihannya

Tentang-DANA-dan-Kelebihannya

Dana adalah salah satu platform dompet digital besar di Indonesia. Dengan menggunakan platform ini, kamu bisa dengan mudah melakukan transaksi mulai dari pemindahan dana sampai digunakan juga untuk transaksi digital lainnya.

Perkembangan dari DANA terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali merchant yang menjalin kerja sama satu dengan yang lain. Jadi, aplikasi ini menjadi sangat lengkap dan sesuai dengan keinginan.

1. Menyediakan Transfer ke Berbagai Bank

Aplikasi dompet digital ini bisa dilakukan untuk melakukan transfer ke berbagai bank. Artinya berbagai jasa keuangan yang ada di Indonesia bisa ditransfer sejumlah dana sesuai dengan saldo yang tersisa.

Proses transfer ini bisa dilakukan secara langsung ke rekening bank konvensional yang dimiliki. Jadi, transfernya bisa dilakukan layaknya menggunakan Mobile banking. Jadi, risiko untuk melakukan kesalahan juga sangat kecil.

Hanya saja, ketika akan melakukan transfer memang diharuskan untuk mengetahui kode bank yang menjadi tujuan. Dengan begitu, proses transfernya bisa dilakukan dengan lebih mudah dan juga cepat.

2. Pembelian Voucher

Platform ini bisa digunakan untuk melakukan proses pembelian voucher. Ada banyak sekali voucher yang bisa dibeli di sini dan sebagian besar adalah yang berhubungan dengan game. Jadi, dengan menggunakan satu aplikasi membeli apapun bisa dilakukan dengan mudah.

Selain voucher game yang bisa dibeli secara langsung, ternyata juga tersedia beberapa voucher lainnya. Salah satunya adalah voucher untuk pembelian produk tertentu baik itu digital maupun produk jasa.

Untuk mengetahui voucher apa saja yang bisa dibeli, pastikan untuk melihat menu voucher. Biasanya akan ada bundling beberapa voucher yang bisa dibeli secara langsung dan ditawarkan dengan harga yang lebih murah.

3. Bayar Aneka Tagihan

Membayar berbagai jenis tagihan juga bisa dilakukan dengan menggunakan platform ini. Pembayaran aneka tagihan ini bisa dilakukan dengan mudah asalkan sudah memilih aneka platform yang ada.

Salah satunya adalah dengan melakukan pemilihan pada platform PDAM atau bisa juga pada PLN. Jadi, aneka tagihan bisa langsung dibayar dengan menggunakan aplikasi ini tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.

Selain itu tagihan lainnya juga bisa ditemukan di sini mulai dari tv kabel hingga tagihan cicilan. Intinya dalam satu aplikasi bisa dipakai untuk segala jenis pembayaran. Jadi, semuanya bisa langsung terpusat dalam satu tempat.

4. Investasi Digital

Salah satu kebutuhan terbesar yang dimiliki oleh masyarakat saat ini adalah investasi. Itulah kenapa, aplikasi ini juga menyediakan investasi digital. Dengan investasi ini, prosesnya bisa berjalan dengan mudah dan instan.

Itulah kenapa, tidak ada salahnya untuk memulai investasi dengan baik. Dengan melakukan itu prosesnya bisa berjalan dengan lebih mudah. Selain itu, hasilnya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Investasi yang bisa dilakukan di sini cukup banyak salah satunya adalah emas. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk investasi jangka panjang. Itulah kenapa, transaksi ini harus dilakukan dengan tepat sesuai dengan kemampuan finansial.

5. Isi E-Money

Biasanya apabila ingin melakukan isi ulang pada e-money yang terdapat pada kartu tap, harus menggunakan ATM atau mesin khusus. Namun, dengan menggunakan ponsel jenis tertentu prosesnya bisa berjalan dengan mudah.

Selama menggunakan ponsel dengan teknologi NFC di dalamnya proses untuk isi ulang bisa berjalan. Dengan menggunakan aplikasi ini proses transaksi atau transfer bisa dilakukan dengan memanfaatkan gelombang radio.

Artinya, transaksi bisa dilakukan secara langsung dengan menggunakan HP. Setelah itu, dana akan langsung terpotong dan masuk pada kartu sehingga bisa digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya adalah untuk melakukan pembayaran di transportasi umum.

Cara Transfer DANA ke Gopay

Cara-Transfer-DANA-ke-Gopay

Cara transfer DANA ke Gopay bisa dilakukan dengan cukup mudah menggunakan beberapa langkah di bawah ini.

  • Lakukan login terlebih dahulu ke dalam aplikasi DANA.
  • Pilih menu Kirim – Kirim ke Rekening Bank.
  • Pilih Bank Permata.
  • Isikan nomor berikut: 898 diikuti dengan nomor HP yang dipakai di Gopay.
  • Tekan Tambah Rekening Bank.
  • Setelah itu bisa masuk mengisikan nominal dari dana yang akan.
  • Setelah itu lakukan verifikasi dan juga memasukkan password agar transaksi bisa berjalan.

Ketika melakukan proses ini biasanya harus memasukkan nomor rekening terlebih dahulu apabila baru pertama kali. Selanjutnya, bisa langsung memilih rekening yang sudah ada dan tersimpan pada aplikasi DANA.

Syarat Transfer dengan DANA

Syarat-Transfer-dengan-DANA

Sebelum memutuskan untuk melakukan transfer uang, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa hal di bawah ini. Dengan begitu, kamu bisa melakukan proses tranfer dengan mudah dan juga cepat.

1. Akun Terverifikasi

Salah satu syarat untuk melakukan transfer uang dari DANA ke Gopay adalah harus memiliki akun yang terverifikasi terlebih dahulu. Akun yang terverifikasi ini menandakan jika identitas yang ada di dalamnya sudah sangat lengkap.

Setelah terverifikasi akun DANA yang dimiliki akan menjadi Premium. Setelah akunnya berubah, berbagai transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah. Artinya, berbagai batasan atau limitasi yang diberikan sebelumnya jadi hilang.

Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk melakukan proses verifikasi terlebih dahulu. Biasanya proses verifikasi ini dilakukan dengan menggunakan identitas asli seperti KTP serta melakukan foto secara langsung.

2. Minimal Transfer

Apabila ingin melakukan transfer biasanya akan ada syarat minimal yang harus dipenuhi. Tanpa memiliki syarat minimal ini, proses transfer yang nantinya akan dilakukan sama sekali tidak berjalan dengan baik.

Itulah kenapa disarankan untuk memilih minimal transfer terlebih dahulu. Biasanya minimal transfer yang akan diterapkan cukup bervariasi tetapi untuk DANA adalah Rp10.000 dan tidak boleh kurang. Jadi, jika dananya kurang tidak akan bisa dipakai.

Minimal transfer ini juga akan berlaku untuk dana yang akan tersisa. Jadi, apa yang ditransfer dan apa yang tersisa biasanya harus sama jumlahnya. Dengan begitu, saldo yang ada pada aplikasi tidak boleh kosong.

3. Biaya Kirim

Pemotongan biaya untuk transaksi juga akan dilakukan. Dahulu kala proses transfer ini memang bisa dilakukan secara gratis karena masih mendapatkan subsidi. Namun seiring dengan berjalannya waktu subsidi itu tidak diberlakukan lagi.

Biaya kirim uang bisa gratis apabila penerimanya sama-sama pemilik rekening DANA. Artinya jika tidak memiliki rekening itu, akan dikenakan biaya dengan jumlah yang cukup bervariasi. Namun, biasanya lebih rendah dari biaya transfer standar.

Biaya transfer yang nantinya akan dibebankan sekitar Rp2.500. Jadi, pastikan uang yang tersisa masih lebih banyak serta juga mengandung biaya transfer. Jika tidak, transaksi yang nantinya dilakukan akan mengalami kegagalan.

4. Penerima Uang

Penerima uang bisa dari rekening apapun termasuk DANA atau rekening konvensional lainnya. Selain itu, penerima juga dalam kondisi yang aktif dan akun sedang tidak mati atau ditangguhkan oleh pihak yang terkait.

Apabila akun yang nantinya akan menerima mati, kemungkinan besar dana tidak akan bisa ditransfer. Jadi, transaksi yang nantinya dilakukan akan mengalami kegagalan.

Tips Transfer dengan DANA

Tips-Transfer-dengan-DANA

Sebelum melakukan proses transfer, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini. Dengan begitu, prosesnya bisa berjalan dengan baik dan minim hambatan.

1. Pastikan Akun Penerima

Ada tips yang harus dilakukan agar tidak mengalami kegagalan dan seluruh transfer bisa berjalan dengan baik. Salah satunya adalah dengan memastikan terlebih dahulu akun penerima apakah dalam kondisi aktif atau tidak.

Platform ataupun dompet digital DANA sudah memiliki mekanisme untuk melakukan pengecekan. Jadi, sebelum dilakukan proses transfer biasanya akan langsung ada proses pengecekan termasuk mengetahui siapa nama dari penerima.

2. Cek Biaya Transaksi yang Akan Dibebankan

Usahakan untuk mengecek biaya transaksi yang nantinya akan dibebankan. Apabila biaya transaksi yang dibebankan cukup besar, pastikan dana yang ada di dalam rekening cukup agar transaksi tetap bisa berjalan.

Normalnya biaya transaksi yang nantinya akan berjalan sekitar Rp2.500 per transaksi. Artinya, biaya transaksi ini bisa berjalan dengan baik asalkan seluruh proses transfernya tidak terganggu dengan sisa dana.

Karena jika sisa dananya sangat kecil, transaksi akan otomatis dibatalkan.

3. Lakukan Uji Coba Dahulu atau Verifikasi Akun

Lakukan uji coba terlebih dahulu dengan melakukan pengecekan atau verifikasi akun. Mengajarkan ini bisa dilakukan pada rekening Gopay yang nantinya akan dilakukan proses transfer.

Apabila nama orang yang akan menerimanya berbeda, lebih baik untuk ditanyakan terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk berjaga-jaga agar transfer yang dilakukan tidak akan salah sasaran.

4. Gunakan Koneksi yang Stabil

Usahakan untuk melakukan transfer dalam kondisi koneksi yang stabil. Apabila koneksi tidak stabil, kemungkinan besar akan ada hambatan seperti gagal transfer di tengah jalan atau dana yang tidak bisa masuk.

Padahal transaksi sudah berjalan dan seharusnya tidak akan ada masalah sama sekali. Namun, karena koneksi terganggu bisa saja transaksi itu jadi menyebabkan kegagalan atau terjadi salah input.

5. Hindari Transfer di Malam Hari

Usahakan untuk menghindari transfer yang dilakukan pada malam hari atau di luar jam kerja. Sebenarnya proses transfer ini masih bisa dilakukan selama 24 jam tetapi disarankan untuk melakukan itu pada jam kerja.

Ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila ada masalah di tengah jalan. Apabila ada masalah, kamu bisa menanyakan secara langsung pada customer service yang sedang online. Jadi, tidak menunggu pada hari berikutnya.

6. Lakukan Pengecekan Saldo secara Berkala

Usahakan untuk melakukan proses pengecekan saldo secara berkala. Proses pengecekan saldo yang dilakukan secara berkala ini dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah pada transaksi.

Salah satunya adalah transaksi yang mengalami kegagalan akibat koneksi. Apabila dilakukan pengecekan dan terpotong, berarti transaksi tidak bisa diulangi lagi dan bisa meminta bantuan customer service.

Hal yang Menyebabkan Transfer Gagal

Hal-yang-Menyebabkan-Transfer-Gagal

Saat melakukan transger dari DANA ke Gopay, terkadang ada beberapa kegagalan yang terjadi. Jadi, tidak ada salahnya untuk memahami beberapa poin di bawah ini. Dengan begitu, transaksi apa pun bisa berjalan dengan lancar.

1. Dana Tidak Cukup

Hal pertama yang bisa menyebabkan transfer uang mengalami kegagalan adalah dananya tidak cukup. Seperti yang sudah dibahas di atas, terdapat minimal transfer yang akan dibebankan oleh mereka yang ingin melakukan pemindahan dana.

Pemindahan dana minimal yang bisa dilakukan adalah Rp10 ribu. Artinya apabila dana yang nantinya dipindahkan kurang dari itu berarti tidak akan bisa dilakukan proses transfer sama sekali. Pastikan dananya lebih dari itu.

Selain dana yang ditransfer tidak cukup, sisa dana yang mengendap pada rekening juga harus memiliki nominal yang kurang lebih sama. Jadi, apabila dana yang tersisa kurang dari Rp10 ribu, Ada kemungkinan tidak akan bisa melakukan transfer.

2. Dana Terlalu Besar

Lebih lanjut beberapa orang juga mengalami kegagalan ketika melakukan transfer jika dananya terlalu besar. Normalnya juga menggunakan dompet digital nominal transfer terbesar yang bisa dilakukan adalah 10 juta.

Itulah kenapa disarankan untuk melakukan verifikasi agar menjadi DANA Premium. Apabila menjadi member ini biasanya proses transfernya bisa cukup besar. Selain itu, ada kemungkinan bisa melakukan transfer hingga 20 juta.

Dompet digital biasanya memang dibatasi sehingga tidak akan bisa digunakan untuk menyimpan dana dalam jumlah banyak. Jadi, jika memiliki dana dalam jumlah banyak lebih baik dipindahkan ke platform atau rekening bank konvensional.

3. Nomor Salah

Kesalahan dalam memasukkan nomor rekening adalah sesuatu yang sangat fatal. Apabila rekening itu tidak ada sama sekali, berarti proses transfer yang nantinya dilakukan tidak akan bisa berjalan. Sebaliknya, jika nomornya ada tetapi salah bisa terkirim ke nomor orang lain.

Itulah kenapa sebelum melakukan proses transfer disarankan untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu. Dengan melakukan proses verifikasi, kemungkinan untuk melakukan salah transfer akan semakin kecil.

Proses verifikasi biasanya dilakukan sebelum menekan tombol transfer. Nomor rekening ataupun nomor akun yang dimiliki oleh go-pay akan muncul dan terdapat nama dari orang yang akan menerimanya.

Pastikan nama dari orang yang akan menerimanya sudah sesuai. Jadi transfer dari DANA ke Gopay bisa berjalan dengan lebih mudah. Apalagi biaya transfernya memang lebih sedikit dibandingkan dengan transfer secara manual.

4. Gangguan Koneksi

Ketika sedang akan melakukan transaksi apapun, gangguan koneksi akan sangat mengganggu. Itulah kenapa, tidak ada salahnya untuk selalu melakukan transfer saat koneksinya stabil. Jika tidak, kemungkinan besar gangguan akan sering muncul.

Lakukan uji coba terlebih dahulu seperti mengecek kecepatan dari koneksi. Selama koneksi masih bisa tersambung dengan baik, transfer yang dilakukan dari rekening DANA ke rekening Gopay bisa berjalan dengan lebih mudah.

Biasanya jika terjadi kegagalan, proses yang bisa dilakukan adalah dengan menunggu terlebih dahulu. Cek apakah saldo sudah terpotong atau belum. Apabila belum terpotong prosesnya masih bisa diulangi sekali lagi

Transfer dari DANA ke Gopay bisa dilakukan dengan mudah asalkan sudah menentukan tujuan atau penerimanya. Selain itu, pastikan untuk melakukan input dengan tepat pada bagian nomor rekening agar tidak salah dan akhirnya menyebabkan kehilangan dana.

Lebih lanjut, pastikan untuk memahami dahulu bagaimana persyaratan yang dimiliki oleh aplikasi. Biasanya akan ada syarat tertentu yang membuat pengguna harus menaatinya. Jika tidak, proses transfer kemungkinan besar akan gagal.

 

Lihat Juga :

Originally posted 2022-10-27 20:45:59.