Rekomendasi Set Top Box Siaran TV Digital (STB) Terbaik 2023

Desacanggu.id – Program pemerintah terkait migrasi TV berbasis analog ke TV digital (MODI) ditargetkan bakal selesai pada November 2023. Agar bisa tetap menikmati siaran favorit di TV, maka masyarakat yang menggunakan TV analog harus membeli set top box siaran TV digital sesuai rekomendasi pemerintah.

Saat ini alat tersebut telah tersedia di berbagai marketplace dan toko elektronik sehingga memudahkan masyarakat untuk memilikinya. Beberapa merek yang direkomendasikan antara lain adalah Polytron, Evercoss dan Akari. Untuk mengetahui informasinya secara lengkap, silakan simak ulasan berikut.

Tentang Set Top Box Siaran TV Digital

Tentang-Set-Top-Box-Siaran-TV-Digital

Set top box atau sering disingkat dengan STB merupakan alat untuk mengubah sinyal. Alat ini juga dikenal sebagai decoder, receiver atau converter. Fungsinya sendiri adalah untuk menangkap sinyal yang berasal dari siaran TV digital.

STB dipasang pada jenis TV yang belum support untuk menangkap siaran digital, baik yang berupa TV tabung maupun TV jenis layar datar. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa poin terkait set top box (STB) siaran digital:

1. STB merupakan alat penangkap sinyal dari siaran TV digital

Bisa dipastikan bahwa semua TV tabung adalah TV analog. Sementara untuk TV layar datar, tidak semuanya support dan bisa menerima sinyal siaran TV digital sehingga tetap harus menggunakan STB.

2. Penggunaan STB tetap memerlukan antena seperti TV analog

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki antena UHF ataupun VHF, maka antena tersebut masih bisa digunakan bersama alat STB. Hanya saja, untuk satu unit STB hanya bisa dipasang pada 1 TV saja meskipun untuk antenanya bisa digunakan pada beberapa TV.

3. Siaran digital menghasilkan gambar jernih karena lebih stabil

Jika dibandingkan dengan TV analog, channel TV digital jauh lebih banyak. Sementara dari kualitas gambarnya terlihat lebih jernih dan stabil. Untuk menikmati siaran TV digital ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya berlangganan ataupun akses internet.

Cara Memilih Set Top Box Siaran TV Digital

Cara-Memilih-Set-Top-Box-Siaran-TV-Digital

Dengan menggunakan set top box atau STB, maka Anda bisa memanfaatkan TV analog di rumah untuk menerima sinyal siaran TV digital tanpa perlu membeli TV baru. Namun sebelum membeli STB, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan seperti berikut ini:

1. Teliti Spesifikasi STB sesuai Kebutuhan

Perlu diketahui bahwa alat STB yang beredar di pasaran biasanya terdiri dari perangkat STB, kabel dan remote. Agar tidak bingung ketika memilih alat tersebut, silakan disimak beberapa poin di bawah ini:

  • Perangkat STB biasanya dilengkapi port USB untuk memasang flashdisk. Fungsi memori eksternal tersebut adalah untuk media penyimpanan ketika Anda merekam siaran TV digital, upgrade software dan membuka file.
  • Fitur perekam siaran TV digital bisa didapatkan pada set box digital yang menunjukkan keterangan PVR (Personal Video Recorder).
  • Jika pada set box digital TV terdapat keterangan IPTV (Internet Protocol Television) maka hal itu menunjukkan bahwa STB juga bisa digunakan untuk menangkap streaming YouTube dan TV online.

Untuk menikmati fitur tersebut diperlukan USB WiFi dongle yang biasanya dijual terpisah. Perlengkapan ini membutuhkan paket internet agar bisa menangkap siaran TV online maupun streaming di YouTube.

Dapat dikatakan bahwa setiap STB dilengkapi dengan fitur dan spesifikasi yang berbeda sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Jika tujuannya hanya untuk menikmati siaran TV digital Indonesia maka Anda hanya perlu membeli STB dengan spesifikasi standar.

Tapi kalau ingin menikmati siaran yang lebih lengkap dan bahkan streaming online, maka pastikan untuk membeli STB yang dilengkapi fitur IPTV. Tentunya juga diperlukan perangkat tambahan serta paket internet untuk menikmati siaran TV online.

2. Pastikan STB Support Siaran TV Digital di Indonesia

Sebenarnya perangkat set top box siaran TV digital sudah dilengkapi fitur pencarian channel siaran digital. Hanya saja, fitur tersebut tidak menjamin bahwa STB support siaran TV digital di Indonesia.

Sebagai informasi, siaran TV digital Indonesia saat ini menerapkan standar DVB – T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial Second Generation). Dengan demikian maka Anda perlu jeli dan menanyakan langsung kepada penjual STB untuk memastikan hal tersebut.

Selain mencari informasi langsung dari penjual, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut:

  • Biasanya untuk keterangan DVB-T2 sudah diinformasikan pada kemasan STB.
  • Jika pada kemasan STB ada keterangan Siap Digital atau MODI maka hal itu menunjukkan bahwa alat tersebut support siaran TV digital di Indonesia.
  • Anda perlu mengecek sinyal di tempat tinggal Anda untuk memastikan jumlah saluran TV digital yang bisa dijangkau. Harus dipastikan bahwa sinyal di daerah Anda terjangkau siaran TV digital.
  • Untuk menangkap sinyal, silakan gunakan antena UHF atau VHF. Dalam hal ini Anda bisa mengecek sinyal digital melalui aplikasi Sinyal TV Digital yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

3. Pertimbangkan Set Top Box Siaran TV Digital Rekomendasi Pemerintah

Kominfo telah memberikan sertifikasi pada perangkat STB yang mendukung siaran TV digital untuk memberikan jaminan bahwa alat STB tersebut bisa digunakan dengan fitur yang berfungsi secara optimal.

Di awal sosialisasi program migrasi dari TV analog ke TV digital, setidaknya ada 9 merek yang telah direkomendasikan oleh pemerintah dan sudah disertifikasi. Meski begitu, dalam perkembangannya saat ini sudah semakin banyak STB yang mendapatkan sertifikasi.

Merek STB Seri
Polytron PDV 600T2, PDV 610T2, PDV 620T2, PDV 700T2
Advan DVB-10KK
Nexmedia NA1300/DVB – T2 MPEG4 HD
Akari ADS – 168, ADS – 2230ADS- 210, ADS – 525
Tanaka T2, T2 Jurassic, T2 New, T2 Sniper, T-21 Spider, T-21 Elang, T-21 New Samurai, Nusantara, T-21 New Sakura
Venus Cabai Rawit, Brio
Matrix Apple DVB – T2, Apple DVB2IP, CH-77, Garuda DVB-T2, Apple DVB-T2 Silver, Apple DVB-T2 Kuning
Nextron TR 1000, NT2000-D, Vicson 2000
Evercoss STB, STB Mini, STB Pro, STB Max
Evinix H-1
Goldsat Revo, Sonic

Sebenarnya untuk jenis STB yang sudah menggunakan standar DVB-T2 semuanya bisa menerima sinyal TV digital meskipun belum mendapatkan sertifikasi dari pemerintah. Meski begitu, untuk lebih memastikan alat tersebut menerima siaran TV digital di Indonesia, sebaiknya pilih yang bersertifikasi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui dan melakukan pengecekan apakah alat Set Top Box sudah disertifikasi pemerintah, silakan kunjungi situs resmi Siaran Digital Indonesia.

Rekomendasi Perangkat Set Top Box Siaran TV Digital Terbaik 2023

Berdasarkan cara memilih perangkat STB seperti yang telah dijelaskan di atas, berikut ini adalah beberapa rekomendasi STB yang bisa dipertimbangkan. Produk STB yang dipilih sudah mempertimbangkan kualitas serta review pembeli di marketplace.

1. Venus Cabai Rawit – H5 (Harga Mulai Rp158.000)

Venus-Cabai-Rawit-–-H5-Harga-Mulai-Rp158.000

STB merek Venus mampu menampilkan gambar yang jernih dengan kualitas full HD serta sudah dilengkapi port USB untuk membuka file. Alat ini juga bisa membaca berbagai format file multimedia serta memiliki kemampuan mengkonversi format siaran NTSC/PAL.

Dengan kemampuan tersebut, maka kualitas gambar yang diterima akan tetap bagus dan stabil ketika menerima siaran digital luar negeri. Karena alat ini akan langsung melakukan konversi format secara otomatis.

Kelebihan Kekurangan
Bisa untuk semua merek dan jenis TV, baik TV tabung, LED, LCD, maupun Plasma Pembelian alat tidak dilengkapi kabel HDMI
Bisa digunakan untuk mobil
Dilengkapi fitur IPTV dan perekam siaran TV
Sudah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah
Garansi 1 tahun

2. Tanaka DVB T2 New (Harga Mulai Rp175.000)

Tanaka-DVB-T2-New-Harga-Mulai-Rp175.000

Set Box Siaran TV Digital merek Tanaka ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat jernih karena lebih peka terhadap sinyal digital. Selain bisa digunakan untuk merekam siaran, alat ini juga memungkinkan Anda menonton streaming di YouTube.

Kelebihan Kekurangan
Dilengkapi fitur EWS untuk deteksi dini bencana alam Review pembeli menyebutkan bahwa perangkat remote sulit dihubungkan ke DVB.
Bisa menangkap siaran TV digital di seluruh wilayah Indonesia melalui antena UHF biasa
Dilengkapi fitur IPTV untuk streaming online
Dilengkapi fitur DLNA sehingga bisa mengakses file dari perangkat lain setelah memasang aplikasi Mango TV dan lainnya
Sertifikasi pemerintah

3. Polytron DVB T2 – PDV 600T2 (Harga Mulai Rp255.000)

Polytron-DVB-T2-–-PDV-600T2-Harga-Mulai-Rp255.000

Perangkat STB merek Polytron ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat jernih meskipun hanya menggunakan antena UHF standar. Selain itu, Anda bisa merekam siaran TV dengan memasang flashdisk sebagai media untuk penyimpanan file.

Kelebihan Kekurangan
Bisa untuk semua jenis TV, baik TV tabung, LED, LCD, maupun TV plasma Pembelian alat STB tidak dilengkapi kabel HDMI
Dilengkapi fitur EWS untuk deteksi dini atau tanda peringatan adanya bencana alam Review pembeli menyebutkan bahwa saluran TV digital yang diterima jumlahnya terbatas
Tersedia fitur multi language
Sudah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah
Dilengkapi fitur IPTV

4. Akari Set Box Siaran TV Digital ADS – 525 (Harga Mulai Rp276.000)

Akari-Set-Box-Siaran-TV-Digital-ADS-–-525-Harga-Mulai-Rp276.000

Produk STB dari Akari ini bisa digunakan untuk semua jenis TV dan mampu menerima siaran digital melalui antena UHF maupun VHF. Dengan teknologi smart cool, alat ini tidak akan mengalami overheat yang menyebabkan alat cepat rusak meskipun menyala berjam-jam.

Kelebihan Kekurangan
Dilengkapi fitur EWS (early warning system) yang memberikan sinyal deteksi dini terhadap bencana alam. Pembelian alat tidak termasuk kabel HDMI
Mampu menangkap semua siaran digital di berbagai daerah Untuk remote control tidak termasuk baterai A3
Dilengkapi sambungan HDMI untuk kualitas gambar yang lebih jernih full HD
Sudah mendapat sertifikasi pemerintah, bisa untuk merekam siaran dan dilengkapi fitur IPTV

5. Advance STB DVB – T2 STP A01 (Harga Mulai Rp315.000)

Advance-STB-DVB-–-T2-STP-A01-Harga-Mulai-Rp315.000

Salah satu keunggulan yang ditawarkan set top box tv digital keluaran Advance ini adalah kemampuannya dalam menghasilkan kualitas gambar yang jernih. STB ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi keluarga yang memiliki anak kecil.

Karena STB Advance dilengkapi dengan fitur Parental Control yang memungkinkan orang tua untuk membatasi tontonan yang diakses anak. Sehingga anak hanya bisa mengakses konten yang sesuai dengan usianya saja.

Kelebihan Kekurangan
Dilengkapi fitur daftar favorit, tie shift, serta pencarian otomatis Pembelian alat belum termasuk perangkat WiFi Dongle
Menyediakan 11 pilihan bahasa seperti Inggris, Indonesia, Jerman, Rusia, Thailand, Rusia dll.
Dilengkapi fitur perekaman siaran dan IPTV
Mendapatkan sertifikasi pemerintah
Dilengkapi fitur Parental Control

Penggunaan set box siaran TV digital diharapkan mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat yang ingin menikmati tontonan di layar televisi. Anda bisa memilih jenis STB yang direkomendasikan pemerintah dan menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing.

Simak juga :

Originally posted 2022-12-13 09:25:42.