Cara Mencari Siaran TV Digital Paling Lengkap, Begini Caranya!

Desacanggu.id– Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mencari siaran TV digital. Pasalnya, untuk saat ini penggunaan TV analog sudah tidak lagi berjalan, sehingga mau tidak mau masyarakat harus bermigrasi dari TV analog menjadi TV digital.

Ada banyak permasalahan yang kemudian dikeluhkan masyarakat. Mulai dari pembelian set top box sebagai alat untuk menangkap sinyal digital, cara menggunakan set top box hingga bagaimana mencari sinyal untuk siaran TV digital. Untuk mengetahui jawabannya, silakan simak informasi berikut.

Cara Mencari Siaran TV Digital secara Umum

Cara-Mencari-Siaran-TV-Digital-secara-Umum

Seperti yang diketahui, belakangan ini masyarakat sudah tidak bisa menikmati siaran dari TV analog karena adanya program migrasi ke siaran digital yang dicanangkan oleh pemerintah. Bagi Anda yang menggunakan TV analog maka harus membeli set top box sebagai alat untuk menangkap sinyal digital.

Hal ini tentu sangat berbeda jika TV yang digunakan sudah merupakan TV digital karena didalamnya dilengkapi perangkat yang memungkinkan untuk mengakses siaran digital. Sementara bagi pengguna TV analog perlu melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

1.    Tekan Menu yang Tersedia di Remote TV

Pertama silakan tekan Menu yang tersedia di Remote Control kemudian geser ke bagian Saluran dengan menggunakan tombol arah yang ditunjukkan dengan tanda panah sesuai arahnya. Lanjutkan dengan menekan tombol Enter untuk beralih pada menu Saluran.

2.    Pilihlah Opsi Pemindaian Saluran

Dengan menggunakan tombol arah, geser ke opsi Pemindaian Saluran yang tersedia di menu Saluran tersebut. Lanjutkan dengan menekan tombol Enter untuk memilih opsi Pemindaian Saluran. Selanjutnya akan diarahkan ke menu aktivitas pemindaian saluran digital.

3.    Pilih Jenis Saluran

Jika sudah, gunakan kembali tombol arah menuju ke opsi Jenis Saluran yang tersedia pada menu. Anda bisa memilih salah satu dari tiga opsi yang ada, yaitu Analog, Digital dan Semua Saluran. Lanjutkan dengan menekan tombol Enter.

4.    Proses Pemindaian Saluran Digital

Jika Anda sudah memilih Saluran Digital maka secara otomatis TV Anda akan memulai proses pemindaian saluran digital. Silakan tunggu sampai proses pemindaian selesai dan Anda bisa keluar dari menu dan mulai mencari saluran digital yang bisa diterima TV Anda.

Cara Mencari Siaran TV Digital Set Top Box dengan Mudah

Cara-Mencari-Siaran-TV-Digital-Set-Top-Box-dengan-Mudah

Perlu diperhatikan bahwa setiap produsen TV bisa saja menyediakan pilihan menu dengan kata-kata dan item yang berbeda. Oleh karena itu Anda perlu membaca petunjuk manual yang tersedia untuk mencari saluran TV digital. Adapun cara lainnya yang bisa dilakukan adalah seperti berikut:

  • Memasang perangkat set top box pada TV analog terlebih dahulu.
  • Nyalakan TV serta set top box dan lakukan pengaturan saluran TV menjadi saluran AV.
  • Silakan tekan pada tombol menu di remote STB kemudian masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilihlah menu Saluran kemudian lanjutkan dengan memilih opsi Pencarian Saluran DTV.
  • Kemudian pada menu DTV bisa memilih metode pencarian manual.
  • Jika sudah masukkan kode tower pemancar serta parameter nomor MUX yang bisa diketahui melalui aplikasi di Play Store.
  • Tunggu selama beberapa saat, nantinya akan muncul adanya indikator sinyal digital.
  • Atur dan putar antena sampai bisa mendapatkan sinyal yang paling kuat.
  • Untuk memindai saluran TV digital pilihlah menu Start dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Nantinya saluran digital tersebut akan tersimpan secara otomatis dan Anda bisa menyaksikan siaran TV digital dengan kualitas gambar yang jernih.

Cara Mencari Siaran TV Digital tanpa Set Top Box

Cara-Mencari-Siaran-TV-Digital-tanpa-Set-Top-Box

Sebenarnya Anda tetap bisa menikmati siaran TV digital tanpa perlu memasang alat set top box seperti yang direkomendasikan pemerintah. Hanya saja, untuk mengakses siaran digital maka harus dipastikan terlebih dahulu bahwa TV yang digunakan merupakan TV digital.

Untuk mengetahui apakah TV yang digunakan sudah digital atau masih analog, Anda bisa melakukan pengecekan di situs siaran digital yang disediakan Kominfo. Jika sudah masuk ke situs maka tinggal pilih opsi Televisi pada kolom Kategori yang tersedia.

Kemudian isi dengan merek TV Anda di rumah. Jika tipe serta merek TV yang Anda tuliskan keluar, maka hal itu menandakan bahwa perangkat TV yang Anda miliki sudah mengusung teknologi digital sehingga bisa menangkap siaran digital tanpa perlu memasang set top box lagi.

Sebagai informasi, berikut ini adalah beberapa contoh mencari siaran TV digital di perangkat TV yang sudah menggunakan teknologi digital:

·         Cara Mencari Siaran TV Digital Sharp Aquos

Pada dasarnya DTV atau TV digital merupakan jenis TV yang sudah menggunakan modulasi digital serta sistem kompresi yang berguna untuk menyiarkan gambar, sinyal, suara serta data ke perangkat televisi. Jika dibandingkan dengan TV analog, jelas TV digital lebih unggul.

Pada TV digital pemrosesan sinyalnya jauh lebih canggih serta menggunakan perlengkapan dan teknologi yang memiliki resolusi tinggi. Nah, bagi Anda yang menggunakan TV Sharp Aquos maka tidak perlu khawatir, karena bisa langsung mengakses siaran digital.

Adapun cara mencari siaran TV digital di TV Sharp Aquos adalah seperti berikut:

  1. Pada remote control TV silakan pilih Menu kemudian gunakan tombol gulir ke kanan atau ke kiri untuk memilih menu Setup Sub Menu.
  2. Selanjutnya tekan Menu Reset dan pilih opsi Reset à Entar atau OK, jika sebelumnya sudah ada pengaturan kode maka masukkan terlebih dahulu kodenya baru kemudian tekan Enter.
  3. Nantinya akan muncul pemberitahuan untuk melakukan Restart TV, tekan pada opsi Ya dan tunggu sampai proses restart selesai.
  4. Jika sudah berhasil melakukan reset ulang pada TV silakan pilih channel atau saluran dari tombol menu di remote. Tunggu sampai muncul pilihan pencarian pada layar TV.

·         Cara Mencari Siaran TV Digital Tanpa STB dengan Mudah

Untuk mendapatkan akses siaran TV digital maka diperlukan perangkat set top box atau perangkat TV sudah menggunakan teknologi digital. Meski begitu, Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini agar bisa menikmati siaran TV digital tanpa set top box.

  1. Lakukan pengecekan terlebih dahulu pada HDTV. Jika perangkat TV bisa menangkap siaran digital, maka Anda akan menemukan jack input DTV, HDTV, Digital Ready, Digital Turner, Digital Receiver, Digital Turner Built-in dan lain-lain.

 

Dengan adanya beberapa jack input tersebut maka yang perlu dilakukan hanya menghubungkan antena ke perangkat TV dan mengatur siaran TV digital tanpa menggunakan set top box.

 

  1. Cara mencari siaran di TV digital lainnya adalah dengan langsung mencari saluran TV digital tanpa perangkat set top box dengan beberapa langkah mudah seperti berikut:

 

  • Tekan menu Pengaturan dan pilihlah opsi Program.
  • Untuk mencari siaran digital tekan pada menu Auto Tuning.
  • Pilih juga opsi menggunakan DB2 atau antena.
  • Terakhir tekan tombol Start untuk melakukan pencarian siaran TV digital.

Jika ternyata TV Anda bisa menangkap siaran digital maka Anda tidak perlu membeli set top box dan bisa langsung menikmati siaran TV digital dengan mudah.

Cara Mencari Siaran TV Digital yang Hilang

Cara-Mencari-Siaran-TV-Digital-yang-Hilang

Setelah Anda mengetahui cara mencari siaran TV digital di atas, tentu lebih mudah untuk menerapkannya secara langsung di perangkat TV yang ada di rumah. Namun sayangnya, sering muncul kendala saluran TV digital hilang. Sebagai solusinya, Anda bisa lakukan beberapa hal berikut:

1.    Lakukan Pencarian Ulang Saluran TV Digital

Perlu diketahui bahwa saluran TV digital bisa saja hilang karena data pencarian yang telah dilakukan sebelumnya tidak tersimpan di perangkat STB atau perangkat TV digital. Untuk mengatasi hal itu maka perlu dilakukan pencarian ulang sinyal TV digital.

Secara umum caranya hampir sama, antara pencarian saluran TV digital melalui perangkat set top box atau perangkat TV digital. Adapun cara mencari siaran TV digital yang hilang adalah seperti berikut:

  • Tekan Menu dan dan pilih opsi Pengaturan TV digital atau Pengaturan STB.
  • Pilih opsi Pengaturan Channel atau Broadcasting.
  • Klik pada opsi Auto Scan, Pencarian Otomatis atau Auto Tuning.
  • Selanjutnya perangkat TV digital atau perangkat STB akan mencari sinyal TV digital dan tunggu prosesnya sampai selesai 100%.
  • Jika sudah akan segera muncul daftar siaran digital pada perangkat TV Anda.

2.    Pastikan Kabel Antena Sudah Dipasang dengan Benar

Jika saluran siaran TV digital tiba-tiba hilang, maka Anda perlu memastikan apakan kabel antena pada perangkat TV sudah dipasang dengan benar pada port yang tersedia. Pastikan pula bahwa kabel tersebut tidak rusak serta port pada perangkat TV tidak kotor.

3.    Lakukan Pengecekan Jangkauan Sinyal TV Digital

Saluran siaran TV digital juga bisa hilang karena lemahnya sinyal yang ada di wilayah tempat tinggal Anda. Oleh karena ini Anda bisa melakukan pengecekan jangkauan sinyal untuk memastikan kekuatan sinyal di daerah Anda.

Cara mencari siaran digital cukup mudah, silakan unduh aplikasi SinyalTVDigital di Google Play Store atau App Store. Jika aplikasi sudah terpasang maka Anda perlu memberikan izin akses lokasi pada aplikasi tersebut untuk bisa mengecek jangkauan sinyal yang ada.

Selanjutnya cukup klik pada opsi Bidik untuk memulai proses pemindaian sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah tempat tinggal. Nantinya akan muncul informasi terkait lembaga penyiaran MUX (multipleksing) yang menjangkau daerah tersebut.

Kemudian klik pada opsi See MUX Detail untuk mengetahui informasi sinyal TV digital secara detail. Biasanya informasi yang diberikan meliputi jenis layanan, kekuatan sinyal, frekuensi atau channel, operator MUX dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga memuat informasi tentang daftar saluran siaran TV digital yang bisa diakses pada wilayah tersebut dengan cara mengetuk ikon Galeri yang tersedia.

4.    Letakkan dan Posisikan Arah Antena dengan Tepat

Pada aplikasi SinyalTVDigital terdapat informasi mengenai peta yang menunjukkan kekuatan sinyal pada suatu daerah. Jika sebuah daerah memiliki kekuatan sinyal yang bagus, maka akan ditandai dengan warna merah pada peta.

Sementara warna hijau-kuning menunjukkan adanya kekuatan sinyal sedang dan warna biru menunjukkan kekuatan sinyal yang lemah. Jika siaran TV digital tiba-tiba hilang, maka cobalah untuk mengarahkan posisi antena ke wilayah yang memiliki sinyal kuat.

Selain mengubah arah antena sesuai kekuatan yang paling bagus, pastikan bahwa peletakan antena tersebut tidak terhalang oleh pepohonan maupun gedung. Antena yang dipasang pada lokasi yang tidak banyak penghalang akan mampu menerima sinyal digital secara maksimal.

Dengan mengetahui beberapa cara mencari siaran TV digital di atas, Anda bisa langsung menerapkannya pada perangkat TV digital di rumah maupun perangkat STB yang telah dipasang di TV analog. Pastikan Anda sudah mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan tepat ya.

Baca juga:

Originally posted 2022-12-10 10:14:19.