4 Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal, Solusi, dan Fakta Menarik

Desacanggu.id – Sejak 2 November 2022 lalu, pengguna TV analog di kawasan Analog Switch Off (ASO) sudah tak bisa nonton siaran analog dan diganti dengan siaran digital. Tapi ternyata, terdapat beberapa penyebab TV digital tidak ada sinyal sehingga membuat pengguna tak bisa nonton siaran yang mereka sukai.

Apa saja penyebab tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini dijelaskan secara lengkap, hanya untuk Anda.

4 Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal

4-Penyebab-TV-Digital-Tidak-Ada-Sinyal

Ada empat hal utama yang menyebabkan TV digital tidak menampilkan siaran apapun, sehingga perlu dilakukan berbagai upaya agar sinyal TV tersebut bisa terhubung dengan siaran yang diinginkan. Kalau dirumah kamu kondisi ini sedang terjadi, maka cek informasi di bawah ini.

· Posisi Antena Tidak Tepat

Penyebab pertama adalah posisi antena yang tidak tepat, sehingga menghalangi koneksi dengan jaringan siaran televisi. Alhasil, pada layar televisi terlihat banyak bintik yang mempengaruhi kualitas siaran.

Bisa jadi antena diletakkan di posisi terlalu rendah, sehingga tangkapan sinyal menjadi lemah. Kondisi lain adalah antena terhalang bangunan tinggi atau pepohonan, yang membuat sinyal maksimal tidak bisa didapatkan.

·  TV Bukan Kategori Digital

Meskipun memiliki TV LED atau smart TV, tidak menjamin bahwa televisi tersebut sudah masuk kategori digital. Pasalnya, ada beberapa spesifikasi yang wajib dimiliki TV tersebut sehingga disebut TV digital.

· Pengaturan Set Top Box

Set Top Box (STB) merupakan sebuah perangkat penting, membantu televisi menangkap sinyal siaran dengan lebih maksimal. Ketika pengaturannya salah, otomatis ketika bertugas mencari sinyal juga tidak akan semaksimal pada kondisi normal.

Resikonya televisi tetap seperti analog dengan kualitas gambar sangat buruk, bahkan hilang sinyal sama sekali.

· Kabel Bermasalah

Untuk menghubungkan STB dengan perangkat televisi dibutuhkan kabel yang dilengkapi komponen colokan khusus. Kalau komponen tersebut bermasalah misalnya rusak atau kabelnya tidak tertata rapi, maka bisa berakibat tangkapan sinyal TV digital tidak maksimal.

Solusi TV Digital Tidak Ada Sinyal

Solusi-TV-Digital-Tidak-Ada-Sinyal

Untuk mengatasi berbagai penyebab TV digital tidak ada sinyal, dibutuhkan berbagai upaya yang tepat sesuai dengan penyebab tersebut. Sehingga nantinya siaran TV digital yang sudah disosialisasikan pemerintah bisa dinikmati masyarakat dengan lebih baik dan tentunya tanpa masalah.

· Maksimalkan Posisi Antena

Pilih jenis antena yang tepat sesuai lokasi domisili. Kalau berada pada kawasan yang dikelilingi oleh gedung bertingkat, pilih antena berukuran besar dan memiliki cabang penangkap sinyal lebih banyak dan jangkauan tangkapan sinyal lebih luas.

Jika berada di kawasan yang rendah dan minim gangguan seperti bangunan, pepohonan, dan lainnya maka bisa memilih antena berukuran kecil saja.

Setelah itu, tempatkan antena di posisi paling strategis dimana gangguan sinyal sangat minim. Kamu bisa mencari lokasi yang baik dengan memastikan minimnya gangguan tersebut, misalnya di atas atap rumah yang mudah dicek jika dibutuhkan.

· Gunakan STB Untuk TV Non Digital

TV digital ditentukan oleh adanya fitur DVB-T2 yang akan menjadi media untuk memindai sinyal dari siaran digital. Hal tersebut bisa dicek dengan melihat menu tersedia pada televisi tersebut, jika ada maka kamu tinggal menyesuaikan saja posisi antena dan mencari siaran secara digital.

Kalau tidak, maka solusinya adalah menggunakan STB sebagai media untuk menjadikan TV non digital tetap bisa menerima siaran TV digital tanpa masalah. Produk STB bisa didapatkan di toko elektronik dengan harga terjangkau.

Kamu tinggal memilih jenis STB yang diinginkan sesuai dengan kondisi TV, supaya saat digunakan bisa menjadi solusi mendapatkan siaran digital yang bersih dan berkualitas.

· Pastikan Pengaturan STB

Kalau ternyata TV yang kamu punya tidak masuk kategori digital, maka penggunaan STB harus dilakukan. Pastikan pengaturan STB yang dipilih memiliki fitur untuk menangkap siaran digital, sehingga ketika dihubungkan dengan televisi secara otomatis bisa bekerja dengan baik.

· Gunakan Kabel Berkualitas

Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang berkualitas, terutama pada bagian jack atau connector yang akan menghubungkan STB dengan televisi. Ketika kualitas kabel sudah baik, maka untuk mendapatkan siaran digital akan lebih mudah tanpa kendala.

Spesifikasi TV Digital

Spesifikasi-TV-Digital

Yang dimaksud dengan TV digital atau lebih dikenal dengan singkatan DTV, yaitu sebuah televisi yang menggunakan sistem modul digital untuk menampilkan siaran. Sinyal berupa data, suara, maupun gambar akan dikirimkan dari komponen yang tersedia sehingga bisa tampil jernih di layar televisi.

Berhubung tidak semua televisi masuk kategori digital sehingga muncul penyebab TV digital tidak ada sinyal, maka perlu diketahui seperti apakah sebenarnya spesifikasi dari TV digital tersebut.

· Resolusi

Dibandingkan dengan televisi non digital, resolusi dari televisi digital lebih tinggi sehingga bisa dipastikan kualitas siaran yang muncul juga akan lebih baik. Sama halnya dengan perangkat ponsel, semakin tinggi resolusinya akan semakin berkualitas perangkat tersebut.

· Rasio Layar

Pada kondisi standar, rasio layar dari TV digital berada pada nilai 16:9 sehingga tampilan gambar lebih besar dan tidak membuat mata bermasalah saat melihat layar dalam waktu yang lama.

· Sistem Transmisi

Sistem transmisi yang digunakan adalah frekuensi spektrum radio dengan transmisi bisa lebih dari lima kanal sekaligus. Artinya, ketika salah satu transmisi bermasalah akan ada upaya mencari sinyal dan jaringan lebih baik pada transmisi lain secara otomatis.

· Fitur yang Tersedia

Fitur dari sebuah TV digital lebih lengkap ketimbang TV non digital, baik itu fitur terkait tentang gambar dan koneksi jaringan. Bahkan pada tipe terkini, tersedia fitur koneksi internet otomatis yang lebih memudahkan pengguna untuk mendapatkan siaran maupun bermain internet.

· Spesifikasi Perangkat Lunak

Beberapa spesifikasi hanya dimiliki oleh TV digital, namun memang tidak semua diadopsi di Indonesia. Ada beberapa spesifikasi yang hanya digunakan di negara maju, contohnya Advanced Television System Committee (ATSC) dengan menggunakan sistem 8VSB yang dipakai di sembilan negara.

Kemudian Integrated Services Digital Broadcasting (ISDB), yang digunakan untuk mendapatkan sinyal lebih mumpuni pada televisi maupun perangkat jenis portabel. Jenis spesifikasi ini, standar sistemnya memakai H.264/MPEG-4 AVC dan dipakai di kawasan Amerika, Jepang, dan Filipina.

Ada juga spesifikasi digital Multimedia Broadcasting (DMB), dimana spesifikasi ini merupakan salah satu yang sedang dikembangkan di Korea Selatan. Dimana tidak hanya untuk televisi, tapi juga untuk perangkat elektronik lainnya seperti laptop dan HP.

Cara Melakukan Pengaturan TV Digital

Cara-Melakukan-Pengaturan-TV-Digital

Sebelum melakukan pengaturan televisi digital dan menggunakan solusi dari penyebab TV digital tidak ada sinyal, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah TV di rumahmu sudah masuk kategori digital atau belum. Salah satu caranya adalah dengan mengecek status televisi tersebut melalui situs siarandigital.kominfi.go.id .

Pada situs tersebut kamu tinggal memasukkan spesifikasi TV yang dimiliki, kemudian akan muncul informasi apakah televisi tersebut sudah masuk kategori digital atau belum. Setelah itu, baru lakukan pengaturan TV digital.

  • Pastikan televisi sudah berada pada mode digital, jika berdasarkan statusnya sudah digital maka tidak perlu perangkat tambahan. Tapi, kalau statusnya non digital maka harus ditambahkan STB
  • Cek apakah di kawasan kamu sudah tersedia jaringan TV digital, kriterianya adalah siaran analog sudah dihentikan dan tidak bisa dinikmati lagi pada televisi.
  • Pastikan penggunaan antena UHF dengan kualitas yang baik, penempatan yang tepat apakah di dalam ruangan atau di luar ruangan. Fungsinya, untuk menangkap sinyal dengan lebih baik.
  • Buka menu pengaturan pada televisi, lalu pilih pengaturan auto scan, untuk mencari sinyal siaran digital secara otomatis.
  • Jika sudah berhasil, simpan setiap siaran dengan kode yang tersedia supaya bisa dilihat kapanpun kamu mau.

Fakta Menarik Seputar TV Digital

Fakta-Menarik-Seputar-TV-Digital

Bagi kamu yang belum tahu apa sebenarnya TV digital dan sebagus apakah siaran yang ditampilkannya. Berikut ini beberapa fakta menarik yang bisa diketahui.

· Tidak Berbayar

Sama halnya dengan TV analog yang sudah dipakai di Indonesia selama kurang lebih 6o tahun, TV digital juga tidak berbayar asalkan kamu memiliki perangkat yang menunjang penggunaan sinyal digital untuk mendapatkan siaran televisi.

Sangat berbeda dengan TV kabel yang membutuhkan biaya bulanan, jika tetap ingin menikmati siaran yang ditampilkan.

· Fitur Penting

Ternyata ada beberapa fitur yang hanya ada di TV digital, seperti early warning system (EWS) yang akan otomatis berfungsi ketika ada peringatan dini tentang bencana. Baik itu gempa, gunung meletus, longsor, hingga tsunami.

· Kualitas Siaran

Kualitas suara, gambar, dan tampilan dari siaran digital sangat bagus kalau dibandingkan dengan tv non digital atau analog. Kejernihan gambar tidak perlu diragukan lagi karena menggunakan sistem transmisi digital yang sudah berteknologi tinggi.

· Proses Penangkapan Sinyal

Untuk menangkap sinyal siaran, televisi digital memakai sistem digital dengan pola yang lebih modern meskipun masih sangat berhubungan dengan eksistensi antena seperti halnya televisi analog.

· Sistem Kerja TV Digital

Proses kerja sebuah tv digital dimulai dengan pembuatan kode digital untuk setiap sinyal siaran, kemudian akan dipancarkan melalui layar televisi dengan kualitas yang bagus. Semakin update tipe TV digital yang kamu punya maka akan semakin bagus pula siaran digital diperoleh.

· STB Gratis dari Pemerintah

Untuk perpindahan penggunaan TV analog menjadi digital, pemerintah menyediakan sekitar 6,7 juta STB gratis untuk masyarakat. Jika memenuhi persyaratan maka kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

Tapi kalau belum beruntung, maka perlu membeli perangkat tersebut dengan harga berkisar Rp. 165.000/set. Nantinya kamu tinggal melakukan konektivitas antara TV dan perangkat STB tersebut, sebelum mencari sinyal siaran digital.

· Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Meningkat

Dari segi kalkulasi keuangan, ternyata perpindahan penggunaan TV non digital menjadi digital akan menambah PNBP. Dari hitung-hitungan yang dilakukan pemerintah, ketika masyarakat sudah pakai TV digital akan didapatkan PNBP sekitar Rp7 triliun setiap tahunnya.

Trik Menggunakan TV Digital

Trik-Menggunakan-TV-Digital

Agar kamu bisa puas menggunakan TV digital di rumah dan tidak harus berurusan dengan penyebab TV digital tidak ada sinyal, maka ada beberapa trik bisa dilakukan. Seperti, memastikan TV yang dimiliki sudah mendukung penggunaan siaran digital. Kalau belum, kamu bisa membeli STB sebagai pendukungnya.

Trik selanjutnya adalah ketika mencari siaran digital pastikan untuk mencari semua siaran digital yang tersedia dan menyimpannya. Supaya kamu akan lebih puas menonton lebih banyak siaran dari televisi nasional hingga internasional.

Sudah siap beralih ke TV digital dan meminimalisir semua penyebab TV digital tidak ada sinyal? yuk coba cek TV dirumah, apakah sudah versi digital atau belum. Percaya atau tidak, memanfaatkan jaringan TV digital akan lebih banyak manfaat dan keunggulannya lho!

Baca juga berita terkait:

Originally posted 2022-11-29 07:18:00.