Panduan Lengkap Cara Memprogram TV Digital, Semua Merek!

Desacanggu.id – Bagi Anda yang masih bingung karena TV di rumah belum bisa menerima siaran digital tentu perlu untuk mengetahui cara memprogram TV digital yang tepat. Jika TV yang digunakan sudah menggunakan teknologi DVB-T2 tentu tidak memerlukan set top box untuk mengakses siaran digital.

Seperti yang diketahui, per tanggal 2 November 2022 program ASO (Analog Switch Off) telah diberlakukan sehingga mau tidak mau masyarakat harus mengakses siaran TV digital. Sementara untuk mengakses siaran digital diperlukan cara setting tersendiri.

Apa itu TV Digital?

Apa-itu-TV-Digital

Secara umum TV digital bisa diartikan sebagai sebuah perangkat televisi (telekomunikasi visual) yang digunakan untuk menangkap sinyal dari siaran digital. Sekilas mirip dengan yang biasa dilihat ketika live streaming di aplikasi semacam YouTube atau yang lain.

Hanya saja pada TV digital ini yang tersedia cuma dua pilihan mode tampilan. Yaitu bisa ditampilkan dalam kualitas gambar yang sangat jernih jika sinyal yang tertangkap memiliki kualitas yang kuat. Dan tidak bisa ditampilkan jika sinyal yang tertangkap relatif lemah atau kurang kuat.

Hal inilah yang membedakan antara TV digital dengan TV analog. Karena pada TV analog, meskipun sinyal yang diterima lemah tetap menampilkan gambar meskipun dengan kualitas yang kurang jelas. Sementara TV digital sendiri memiliki rasio 16:9 yang paling standar untuk tayangan modern saat ini.

Keuntungan Menggunakan TV Digital

Keuntungan-Menggunakan-TV-Digital

Sebelum membahas tentang cara memprogram TV digital, ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja keuntungan menggunakan TV digital. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan:

1. Menyediakan Banyak Pilihan Channel

Berbeda dari TV analog yang menyediakan saluran siaran cukup terbatas hanya lokal saja, akses siaran untuk TV digital jauh lebih banyak dan lengkap. Pasalnya sinyal siaran TV digital yang ditangkap bukan hanya dari dalam negeri saja tetapi juga bisa dari luar negeri.

2. Kualitas Gambar Lebih Jernih dan Tajam

Keuntungan lain menggunakan TV digital adalah mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan tajam full HD sehingga akan membuat Anda semakin nyaman menonton setiap tayangan yang ditampilkan.

3. Sudah Merata di Seluruh Indonesia

Saat ini sinyal siaran TV digital sudah merata di seluruh Indonesia sehingga memungkinkan Anda untuk menyaksikan siaran digital dengan mudah. Bahkan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pelosok pun sudah bisa menikmati siaran digital yang sama.

4. Tanpa Biaya Berlangganan

Berbeda dengan TV berlangganan, Anda bisa dengan mudah mengakses tayangan siaran digital tanpa biaya berlangganan sedikitpun. Hanya dengan melakukan cara memprogram saluran TV digital dengan benar, maka Anda bisa langsung menikmati semua tayangannya.

5. Tidak Terpengaruh Cuaca

Anda pasti sudah hafal dengan TV analog yang menampilkan gambar berkualitas saat cuaca cerah namun akan berubah tidak jelas jika kondisi cuaca sedang tidak bagus. Namun dengan TV digital Anda bisa menikmati tayangan yang berkualitas tanpa terganggu cuaca.

Panduan dan Cara Memprogram TV Digital tanpa Set Top Box

Panduan-dan-Cara-Memprogram-TV-Digital-tanpa-Set-Top-Box

Untuk bisa mengakses siaran digital maka Anda harus memastikan bahwa TV digital yang digunakan sudah didukung teknologi DVB-T2. Dalam hal ini ada beberapa merek TV digital yang bisa diprogram untuk siaran digital tanpa menggunakan STB atau alat tambahan set top box.

Beberapa merek televisi tersebut antara lain adalah Polytron, Samsung, LG, Panasonic, hingga Sharp, Toshiba dan Changhong. Untuk mengetahui apakah TV Anda sudah didukung DVB-T2 atau belum bisa langsung melakukan pengecekan di situs resmi Kominfo.

Jika sudah terdaftar menggunakan teknologi digital DVB-T2 maka Anda hanya perlu melakukan cara program TV digital melalui beberapa langkah seperti berikut:

1. Tekan Tombol Menu pada Remote Control TV

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menekan tombol Menu yang terdapat pada remote control TV kemudian geser dan arahkan ke bagian Saluran. Selanjutnya tekan Enter untuk beralih ke menu Saluran.

2. Pilihlah Opsi Pemindaian Saluran

Pada menu Saluran Anda bisa mengarahkan ke opsi Pemindaian Saluran dan tekan pada menu Enter untuk memilih opsi tersebut. Nantinya akan tersedia dua pilihan, yaitu Pemindaian Otomatis atau Pemindaian Manual, tinggal Anda sesuaikan saja.

3. Memilih Jenis Saluran yang akan Digunakan

Gunakan kembali tombol navigasi untuk memilih opsi Jenis Saluran yang terdapat di menu, silakan pilih salah satu opsi yang tersedia. Yaitu opsi Analog, Digital, atau opsi Semua Saluran. Jika sudah tinggal tekan Enter pada opsi yang dipilih.

Nantinya perangkat TV akan langsung memproses pemindaian saluran digital. Jika proses pemindaian sudah selesai dan berhasil, maka Anda bisa langsung menjelajahi berbagai saluran siaran digital yang tertangkap perangkat Anda.

Panduan dan Cara Memprogram TV Digital Samsung

Panduan-dan-Cara-Memprogram-TV-Digital-Samsung

Bagi Anda yang menggunakan TV digital Samsung yang sudah menggunakan DVB-T2, maka bisa langsung melakukan pemrograman untuk mendapatkan saluran siaran digital. Sebenarnya, hampir sama dengan mencari saluran biasa. Namun untuk lebih jelasnya, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Pastikan posisi dan arah antena sudah tepat ke arah yang memiliki kekuatan sinyal paling bagus.
  2. Pilih tombol Menu pada remote control dan masuk ke menu Pengaturan.
  3. Lanjutkan dengan memilih menu SiaranSetelan Otomatis.
  4. Kemudian pada menu Jenis Saluran silakan pilih DigitalScan untuk mulai mencari saluran.
  5. Tunggu sampai semua proses pemindaian selesai dan nantinya TV digital akan menangkap sinyal dan saluran siaran digital langsung tersusun secara otomatis.
  6. Anda bisa keluar dari pengaturan dan menikmati setiap tayangan digital yang telah tersedia.

Panduan dan Cara Memprogram TV Digital Polytron

Panduan-dan-Cara-Memprogram-TV-Digital-Polytron

Jika saat ini Anda sudah menggunakan TV digital Polytron yang sudah dibekali perangkat DVB-T2 di dalamnya, maka tentunya tidak perlu membeli STB. Anda bisa langsung melakukan pengaturan untuk bisa menerima siaran digital. Adapun cara program TV digital Polytron LED adalah seperti berikut:

  1. Gunakan tombol Menu di remote control untuk masuk ke Pengaturan
  2. Lanjutkan dengan membuka submenu Program atau Programs.
  3. Lakukan pemindaian sinyal digital dengan memilih opsi Pemindaian Otomatis agar hasilnya lebih maksimal.
  4. Selanjutnya pilih opsi penangkap sinyal TV yaitu Antena atau DVB-T2 (Cable).
  5. Lanjutkan dengan menekan Start dan secara otomatis perangkat TV digital akan langsung memproses pencarian sinyal dan saluran siaran digital.
  6. Jika hanya ingin mencari sinyal di saluran TV digital maka Anda hanya perlu mencentang opsi Digital Only Tuning.
  7. Selanjutnya Anda harus menunggu sampai proses pencarian saluran selesai dilakukan.
  8. Nantinya hasil pencarian akan ditampilkan pada layar TV dengan simbol DTV.

Panduan dan Cara Memprogram TV Digital LG

Panduan-dan-Cara-Memprogram-TV-Digital-LG

Bagi Anda yang saat ini menggunakan TV digital LG dan belum begitu memahami bagaimana cara pemrograman untuk mendapatkan siaran digital, berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  1. Anda harus memastikan posisi kabel antena sudah terhubung dengan TV LG serta mengarah ke lokasi yang memiliki sinyal paling kuat.
  2. Nyalakan TV dan pencetlah tombol Power kemudian buka Pengaturan Sistem pada opsi Settings.
  3. Kemudian pilih ProgramSearch Program AutomaticallyOK.
  4. Silakan tunggu proses pencarian saluran digital sampai semua saluran tersimpan 100%.

Penyebab Program TV Digital Hilang

Penyebab-Program-TV-Digital-Hilang

Setelah mengetahui bagaimana cara memprogram TV digital diatas, tentunya Anda bisa langsung menerapkannya pada televisi di rumah. Hanya saja, ada beberapa kendala yang mungkin juga Anda alami seperti program TV digital yang tiba-tiba hilang. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya?

1. Kondisi Colokan Kendur

Kondisi colokan yang kendur menjadi salah satu penyebab mengapa siaran digital tiba-tiba hilang. Oleh karena itu Anda harus memastikan bahwa konektor antena yang terhubung dengan perangkat TV sudah terpasang dengan baik.

2. Posisi Antena Bergeser

Selain colokan yang kendur, posisi antena yang mengalami pergeseran juga bisa menyebabkan saluran TV digital hilang dan tidak bisa diakses. Kondisi ini bisa saja terjadi ketika hujan sangat deras atau akibat hembusan angin yang cukup kencang.

3. Gangguan pada Menara Pemancar

Penyebab lainnya adalah karena adanya gangguan pada menara pemancar sehingga siaran digital tidak berfungsi dengan baik. Dalam hal ini lembaga penyiaran sendiri terkadang mematikan sementara siaran untuk proses perbaikan.

4. Sinyal Lemah

Kondisi sinyal yang lemah juga bisa menyebabkan program TV digital hilang sehingga tidak mampu menampilkan siaran digital. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan antena outdoor dengan kualitas yang baik agar mampu menangkap sinyal yang lebih kuat.

5. Kerusakan pada Tuner Televisi

Adanya kerusakan pada tuner televisi juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa program TV digital bisa hilang. Hal ini bisa terjadi karena terkena air, tersambar petir atau akibat lonjakan listrik secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Program TV Digital yang Hilang

Cara-Mengatasi-Program-TV-Digital-yang-Hilang

Setelah Anda berhasil melakukan cara memprogram TV digital seperti pada penjelasan di atas, ada kalanya saluran atau program TV digital tiba-tiba hilang. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasinya? Anda bisa simak jawabannya di bawah ini:

1. Ubah Posisi dan Arah Antena

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi program TV digital yang hilang adalah dengan mengubah posisi antena ke arah yang memiliki kekuatan sinyal penuh. Karena tidak jarang antena mengalami perubahan posisi akibat hujan atau angin.

2. Periksa Kembali Kabel Antena

Anda juga perlu memeriksa kabel antena yang terhubung dengan perangkat TV, karena tidak jarang kondisi kabel sudah rusak atau bahkan putus sehingga tidak bisa menangkap sinyal digital. Sebagai solusinya, Anda perlu menggantinya dengan kabel baru yang sejenis.

3. Periksa Jack Antena

Jack antena memiliki fungsi sangat penting karena sebagai penghubung antara antena dengan tuner. Jika jack antena mengalami masalah maka hal itu akan membuat saluran digital hilang. Oleh karena itu Anda harus memastikan kondisi jack antena masih berfungsi dengan baik.

4. Periksa Tuner TV

Sama seperti jack antena, bagian tuner TV juga memiliki peran cukup penting agar siaran digital bisa tetap diakses dengan baik. Oleh karena itu selalu pastikan kondisi tuner masih bagus dan tidak ada yang berkarat, kotor atau bahkan rusak.

Cara memprogram TV digital di atas bisa Anda jadikan referensi jika saat ini masih bingung dalam melakukan pemrograman pada TV digital di rumah. Namun sebelumnya, pastikan bahwa TV Anda sudah didukung dengan perangkat DVB-T2 serta posisi antena berada pada arah sinyal yang kuat.

Simak juga :

Originally posted 2022-12-13 09:23:37.