Fenomena Solstis Desember 2022 Penjelesan Lengkap & Dampak

Desacanggu.id – Menjelang akhir tahun 2022. banyak beranggapan akan terjadi Fenomena Solstis Desember. Hal ini sangat ramai menjadi perbincangan warganet yang penasaran dengan fenomena yang akan terjadi ini.

Nah bagi kalian yang penasaran dengan Fenomena Solstis Desember, admin desacanggu.id akan membahas lebih lengkap mengenai fenomena tersebut. Juga apa dampak yang akan terjadi dengan Fenomena Solstis. Mari simak informasinya di bawah ini!

Apa Sebenarnya Fenomena Solstis Desember?Apa-Sebenarnya-Fenomena-Solstis-Desember

Belakangan ini banyak muncul di media sosial imbauan akan terjadi sebuah fenomena. Yang mana pada imbauan tersebut, melarang kepada semua orang untuk keluar malam sejak tanggal 21 Desember 2022.

Imbauan yang muncul ini pun banyak di kaitkan dengan Fenomena Solstis Desember. Nah sebenarnya berbahayakah Fenomena Solstis bagi makhluk hidup? dan apa sebenarnya yang akan terjadi?

Solstis sendiri merupakan gerak semu harian matahari ketika terbit juga terbenam. Dengan intensitas radiasi pada matahari yang diterima bumi, dan berdampak pada panjangnya siang hari dan malam hari.

Hal ini juga berdampak pada pergantian musim, yang sebenarnya dampak Fenomena Solstis Desember juga tidak semenakutkan dengan imbauan yang banyak beredar di media sosial belakangan waktu ini.

Fenomena Solstis Desember uga menjadi fenomena langit tahunan yang bmelum tentu bisa ditemui setiap harinya. Karena seperti yang dilansir dari Pusat Sains Antariksa, fenomena dimana saat matahari bergerak melintasi garis balik utara dan selatan hanya terjadi beberapa kali dalam setahun kalender.

Meskipun terjadi bencana seperti pada imbauan yang beredar, hal ini sebenarnya tidak ada kaitannya dengan Fenomena Solstis Desember. Lantas bagaimana terjadinya Fenomena Solstis? Nah mari simak ulasannya di bawah ini!

Bagaimana Terjadinya Fenomena Solstis?Bagaimana-Terjadinya-Fenomena-Solstis

Nah seperti yang telah admin desacanggu.id bahas sebelumnya mengenai apa itu Fenomena Solstis. Kemudian untuk terjadinya Fenomena Solstis ini pun di bagi dalam dua periode di satu tahun kalender, yakni pada Juni dan Desember.

Terjadinya Fenomena Solstis Juni dan desember, terjadi ketika matahari akan berada di titik paling utara pada siang hari. Dengan demikian, Durasi hari akan lebih lama dari malam di belahan bumi utara, dan begitu jua sebaliknya.

Dalam fenomena solstis ini, matahari terbit lebih cepat di belahan bumi utara, dan matahari terbenam lebih lambat di belahan bumi selatan.

Mengutip informasi dari sumber terakurat, fenomena solstice pada tahun 2022 juga terjadi selama dua periode, yaitu Juni dan Desember. Fenomena titik balik matahari Juni telah terjadi pada bulan lalu, tepatnya pada 21 Juni 2022.

Sementara itu, fenomena solstice Desember akan segera terjadi pada 22 Desember 2022 pukul 04.43 WIB. Pada saat ini matahari akan berada di rasi Capricorn.

Namun apa dampak Fenomena Solstis bagi kehidupan manusia di bumi? Mari ikuti pembahasan menariknya di bawah ini!

Apa Dampak Fenomena Solstis Desember 2022?Apa-Dampak-Fenomena-Solstis-Desember-2022

Meskipun belakangan banyak kabar dan imbauan yang cepat menyebar di media sosial terkait Fenomena Solstis Desember. Begitu juga dampak yang di sebutkan dalam imbauan tersebut, terbilang menakutkan bagi banyak orang.

Pada dasarnya, penyebab bencana berupa gunung meletus, tsunami, ataupun gempa bumi terjadi bersamaan dengan Fenomena Solstis Desember 2022. Sebenarnya semua itu tidak ada kaitan sama sekali dengan fenomena ini.

Karena pada sifatnya solstis merupakan fenomena murni astronomi, yang mana bisa mempengaruhi iklim dan musim di muka bumi. Sedangkan pada berbagai bencana terjadi karena aktifitas vulkanis, oseanik, dan hidrometeorologi.

Nah adapun dampak Fenomena Solstis Desember yang akan di rasakan di bumi adalah sebagai berikut!

Pergantian Musim

Fenomena titik balik matahari Desember 2022 juga disebut sebagai fenomena titik balik matahari musim dingin yang berarti titik balik matahari musim dingin di belahan bumi utara dan titik balik matahari musim panas untuk belahan bumi selatan.

Dampak dari fenomena ini adalah perubahan musim, terutama di negara-negara subtropis dan lintang tinggi. Pergantian musim akan terjadi pada fenomena solstis desember di beberapa negara dunia.

Durasi Siang dan Malam Hari

Dampak titik balik matahari Desember 2022 di bagian utara bumi akan terasa malam terpanjang. Sebaliknya, di belahan bumi selatan akan merasakan hari terpanjang.

Namun, pada titik balik matahari Juni lalu fenomena yang terjadi adalah Bumi di selatan akan mengalami durasi malam yang lebih lama, sehingga Bumi di utara mengalami durasi siang yang lebih lama.

Nah itulah dampak sebenarnya yang akan terjadi pada Fenomena Solstis. Lantas apa dampak yang akan terjadi dari Fenomena Solstis di Indonesia? Ikuti terus pembahasannya di bawah ini!

Apa Dampak Fenomena Solstis Desember di Indonesia?Fenomena-Solstis-Desember-2022

Kemudian dampak fenomena solstis yang akan terjadi di pengujung tahun ini pun, akan berdampak di negara kita Indonesia. Namun tidak seperti imbauan yang beredar, jadi kalian tidak perlu khawatir akan dampak yang akan terjadi.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),  mengatakan fenomena solstice berdampak langsung pada waktu siang hari di Indonesia.

Dampak dari fenomena solstice Desember di Indonesia adalah belahan bumi utara, yaitu di Sabang, Miangas, dan Tarakan Durasi siang hari menjadi lebih pendek pada 11,5 jam.

Sementara itu, di belahan bumi selatan, seperti Pulau Timor dan Pulau Rote akan mengalami durasi siang hari yang lebih lama yaitu 12,7 jam. Fenomena ini sama sekali tidak berbahaya, jadi kalian tidak perlu khawatir, ya!

Jadi anggapan dan imbauan yang melarang keluar rumah di malam hari saat terjadinya fenomena solstis, sudah bisa kalian kesampingkan. Karena tidak akan berdampak buruk.

Lantas apa sebenarnya, yang mengakibatkan terjadinya Fenomena Solstis? Mari kita simak bersama pembahasannya berikut ini!

Apa Penyebab Terjadinya Fenomena Solstis 2022?Apa-Penyebab-Terjadinya-Fenomena-Solstis-2022

Penyebab titik balik matahari terjadi karena bumi berputar miring sebanyak 23,44 derajat ke ekliptika (sumbu kutub utara-selatan ekliptika). Hal ini menyebabkan ujung sumbu rotasi Bumi menghadap ke arah yang sama, Bintang Kutub atau polaris.

Kemudian menurut BRIN, fenomena Solstice terjadi karena bumi berputar miring ke ekliptika saat mengorbit Matahari. Sehingga mengakibatkan sumbu rotasi bumi sejajar dengan bintang kutub.

Jadi itulah penyebab terjadinya Fenomena Solstis Desember yang akan terjadi beberapa saat lagi. Nah selanjutnya admin desacanggu.id telah menyiapkan beberapa fakta Fenomena Solstis, seperti berikut ini!

Fakta Mengenai Fenomena Solstis 2022Fakta-Mengenai-Fenomena-Solstis-2022

Setelah mengetahui apa itu Fenomena Solstis, penyebab dan dampak yang akan terjadi ketika Fenomena Solstis berlangsung. Kini admin juga telah merangkum beberapa fakta seputar Fenomena Solstis.

Mari simak informasinya di bawah ini!

1. Ada Dua Fenomena Solstis

Fenomena Solstis Desember tidak hanya terjadi pada bulan Desember setiap tahun, tetapi juga akan ditemukan pada bulan Juni. Fenomena Solstis Desember terjadi di belahan bumi utara adalah titik balik matahari musim dingin dan menjadi hari terpendek dalam setahun.

Di belahan bumi selatan, itu disebut titik balik matahari musim panas dan merupakan hari terpanjang dalam setahun. Alasan untuk ini adalah karena ekuinoks dan titik balik matahari berlawanan di sisi berlawanan dari planet ini.

2. Terjadi Pada Waktu Tertentu

Fenomena Solstis tidak bisa terjadi begitu saja, tetapi terjadi pada saat tertentu ketika matahari berada tepat di atas Tropic of Capricorn (rasi Capricorn). Pada Desember 2022, titik balik matahari terjadi pada 22 Desember sekitar pukul 4.49 WIB, 5.49 WITA, atau 6.49 WIT.

3. Matahari Akan Diam

Seperti arti istilah solstis yang berasal dari kata Latin solstitium yang berarti Matahari sedang beristirahat. Hal ini mengacu pada matahari yang mencapai posisi paling selatan ketika dilihat dari Bumi, planet ini tampak diam di rasi Capricorn dan kemudian berbalik arah.

4. Tanggal Terjadinya Bervariasi

Fenomena Solstis tidak selalu terjadi pada tanggal yang sama, tetapi bervariasi seperti pada 20, 21, 22 atau 23 Desember. Namun jarang terjadi pada 20 atau 23 Desember. Titik balik matahari 23 Desember terakhir terjadi pada tahun 1903.

5. Tanda Awal dari Musim Dingin

Fenomena Solstis Desember menandakan awal musim dingin bagi para astronom dan ilmuwan Belahan Bumi Utara dan akan berakhir pada ekuinoks Maret. Ahli meteorologi percaya musim dingin dimulai tiga minggu sebelumnya, pada 1 Desember.

6. Bumi Lebih Dekat dengan Matahari

Untuk Belahan Bumi Utara, selama musim dingin Bumi paling dekat dengan Matahari. Namun, musim yang berbeda tidak ditentukan oleh jarak Bumi dari matahari.

Perubahan musim terjadi karena Bumi mengorbit Matahari Pada sudut sekitar 23,4 derajat. Dengan demikian, jumlah sinar matahari akan berbeda di belahan bumi utara dan Selatan.

7. Matahari Terbenam Paling Awal Bukan di Solstis Desember

Sebagian besar tempat di belahan bumi utara melihat matahari terbenam paling awal beberapa hari sebelum titik balik matahari dan terbit paling lambat beberapa hari setelahnya.

Kondisi ini dapat terjadi karena perbedaan antara cara mengukur waktu menggunakan jam tangan dan waktu yang dihitung dengan jam matahari.

8. Jam siang hari meningkat lebih cepat di utara

Penduduk belahan bumi utara mungkin merasakan peningkatan laju siang hari tergantung pada garis lintang lokasi. Siang hari akan terasa lebih cepat daripada saat berada di garis lintang yang lebih Selatan.

9. Hampir seluruh dunia merayakan

Selama titik balik matahari Desember, banyak budaya di seluruh dunia mengadakan pesta dan merayakan liburan di sekitar fenomena tersebut. Salah satu yang paling umum adalah Natal.

10. Fenomena Solstis Desember Bukan Bencana

Kemudian salah satu fakta yang harus kalian perhatikan dan ketahui bahwa Fenomena Solstis bukanlah sebuah bencana yang perlu kalian takutkan. Jadi jangan termakan isu dari sumber yang belum terpercaya, ya!

Itulah beberapa hal tentang fenomena solstis Desember yang perlu kalian ketahui agar tidak termakan hoax yang tengah beredar dari dunia maya. Jadilah netizen cerdas dengan mengetahui sumber berkredibilitas tinggi.

Sekian informasi yang dapat admin desacanggu.id bagikan mengenai Fenomena Solstis Desember yang akan terjadi. Semoga informasi dari pembahasan ini berguna untuk kita semua.

Tetap jaga kesehatan dan sampai jumpa di artikel terbaru desacanggu.id lainnya! See You!

Baca Juga :

 

Originally posted 2022-12-23 06:20:10.