Cek Bansos KTP 2022 Secara Online Lewat HP – (Sudah CAIR!)

Cek Bansos KTP – Salah satu program pemerintah yang di peruntukkan guna menyejahterakan rakyat adalah program BANSOS. Program Bantuan Sosial ini diberikan pemerintah dalam berbagai kategori. Yang mana program ini ada sejak pandemi Covid-19 silam.

Dengan begitu bantuan sosial ini dapat di cairkan bagi masyarakat yang memiliki ekonomi kurang bercukupan. Di bulan ini kabarnya pemerintah tetap melanjutkan program Bansos ini. Nah buat kalian yang ingin Cek Bansos KTP bisa ikuti terus pembahasan admin desacanggu.id berikut ini.

Apa itu Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah 2022Apa-itu-Bantuan-Sosial-(Bansos)-Pemerintah-2022

Bansos merupakan salah satu bantuan yang di berikan pemerintah kepada mayarakat yang terdampak Covid-19. Bansos yang di berikan pemerintah dalam bentuk barang maupun uang kepada masyarakat yang membutuhkan untuk meningkatkan kualitas ekonomi.

Selain itu pengelolaan bansos yang telah di atur dalam Permendagri, yang mana bansos akan membantu masyarakat dengan alokasi dana yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah atau APBD.

Selain untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu yang terdampak covid-19, program bansos ini pun meiliki berbagai benruk kategori bantuan. Ada program PKH, BST dan juga ada bansos subsidi BBM. Dengan nominal dana yang diberikan pun berbeda di tiap jenis bansos.

Beredar kabar bahwa bulan ini bansos tahap 4 akan cair, oleh sebab itulah banyak masyarakat yang kembali mencari cara cek bansos 2022. Namun belum dipastikan per tanggal berapa Cek Bansos KTP daftar bansos kemensos yang akan menyalurkan bantuannya.

Untuk itu penting bagi masyarakat penerima bantuan pemerintah cek bansos ktp, melakukan pengecekan melalui http //cek bansos.siks.kemsos.go id login. Selain itu kalian pun dapat memanfaatkan aplikasi cek bansos ktp yang bisa di unduh di Google Playstore.

Namun sebelum admin desacanggu.id membagikan cara Cek Bansos KTP, cek bansos bbm dan bst, ada baiknya kalian simak ulasan berikut mengenai jenis, tujuan dan syarat penerima bansos dari pemerintah. Yang mana agar kalian paham ketentuan yang telah di tetapkan sebagai penerima bansos.

Jenis Bansos Yang Cair di Tahun 2022Jenis-Bansos-Yang-Cair-di-Tahun-2022

Bagi kalian yang terdaftar sebagai penerima bansos pada tahap sebelumnya, ada baiknya kalian juga pahami jenis bansos yang kalian terima. Karena ada beberapa bansos yang cair bulan ini di tahun 2022. Dan bisa di Cek Bansos KTP.

Pencairan BLT dan bansos yang tetap di salurkan pemerintah ini mencakup beberapa kategori bansos. Nah berikut ini beberapa jenis BLT dan bansos yang cair di bulan ini :

BLT BBM

Jenis bansos BLT BBM adalah layanan kesejahteraan pemerintah yang disediakan oleh Kementerian Sosial RI, menyasar masyarakat kurang mampu. Sesuai dengan namanya, BLT BBM dimaksudkan sebagai bantuan terhadap dampak kenaikan harga BBM.

Besaran dana BLT BBM yang akan dibayarkan sebesar Rp600.000 per penerima. Besaran Rp 600.000 dihitung selama 4 bulan sejak September hingga Desember 2022 dengan skema double payment. Setiap tahapan pembayaran adalah Rp 300.000 per penerima. Pembayaran akan dilakukan pada bulan September dan Desember 2022.

Bansos BSU

Jenis bansos selanjutnya yang akan cair bulan ini adalah BSU 2022. BSU atau bantuan subsidi upah ini adalah jenis bansos yang di berikan secara tunai kepada penerima manfaat. Besaran BSU ini berjumlah 600 ribu rupiah.

Penerima BLT BSU ini ditujukan kepada pekerja yang memiliki pendapatan dengan gaji kurang dari upah minimum provinsi atau UMP kabupaten/kota. Program yang dikelola oleh Kemnaker dan BPJS ini kabarnya akan cair bulan ini.

Bansos PBI JK

Bansos PBI JK adalah singkatan dari Penerima Bansos Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan. Bantuan sosial ini merupakan bantuan negara di bidang kesehatan. Selain itu, penerima kesejahteraan PBI JK mendapatkan dukungan gratis berupa layanan BPJS Kesehatan. Pemerintah membayar iuran BPJS Kesehatan.

Mereka yang berhak menerima kesejahteraan PBI JK harus memenuhi kriteria dan ketentuan yang disetujui oleh Departemen Kesejahteraan. Segera cek nama kalian terdaftar atau tidak di PBI.

BLT Dana Desa

Jenis Bansos BLT Dana Desa merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memulihkan perekonomian masyarakat pascapandemi COVID-19. Hingga September, pemerintah masih menyalurkan BLT Dana Desa. Besaran dana BLT cair adalah Rp300.000 per bulan selama satu tahun.

Sasaran utama BLT ini adalah masyarakat pedesaan yang termasuk dalam kategori rumah tangga miskin dan yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi COVID-19 dan belum menerima bantuan pemerintah lainnya.

BLT UMKM

Jenis BLT UMKM selanjutnya yang akan disalurkan pada tahun 2022 adalah BLT UMKM. Ini merupakan program bantuan tunai langsung pemerintah untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Program ini menyasar 12 juta pelaku ekonomi, program ini juga merupakan langkah pemerintah untuk meredam dampak kenaikan harga BBM. Jumlah BLT UMKM yang disalurkan sebesar Rp600.000.

Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program dukungan pelatihan yang ditawarkan kepada para pencari kerja, pekerja/karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), atau pemilik usaha kecil yang terdampak pandemi COVID-19. Program kartu prakerja akan berlangsung hingga tahun 2022 sebanyak 45 gelombang. Program ini akan terus berlanjut.

Bagi yang terdaftar sebagai penerima kartu prakerja akan mendapat bantuan total Rp 3,5 juta. Angka tersebut dipecah menjadi Rp 1 juta untuk biaya pelatihan dan insentif Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan Rp 150.000 untuk insentif pelatihan setelah survei.

Bantuan Pokok Non Tunai (BPNT)

Bantuan Pokok Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sembako yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat miskin dalam bentuk Kartu Keluarga Sejahtera. Nantinya, kartu ini bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di E-Warung selanjutnya.

Mekanisme distribusi ini dilakukan secara nonmoneter oleh sistem perbankan. Nilai bantuan ini adalah Rp 200.000 per bulan untuk KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Dana ini tidak dapat ditarik secara tunai. Jika bantuan ini tidak digunakan, masih akan diarsipkan dan diakumulasikan.

Cara Cek Bansos KTP Yang Cair Bulan IniCara-Cek-Bansos-KTP-Yang-Cair-Bulan-Ini

Setelah mengetahui beberapa jenis bansos yang akan cair di tahun ini, ada baiknya kalian cek bansos 2022 yang akan cair secara berkala. Dengan begitu para penerima manfaat dapat mencairkan dana bansos yang mereka dapatkan secara lebih cepat.

Sebagaimana jenis bansos yang beragam, ada beberapa juga cara yang dapat dilakukan para penerima manfaat guna link cek bansos ktp 2022, cek bansos bbm, cek blt, cek bansos ktp. Beberapa cara cek bansos ktp 2022 lewat hp pun bisa dapat dengan mudah kalian lakukan.

Nah langsung saja berikut cara cek bansos yang cair di bulan ini :

Cara Cek Bansos KTP BLT BBM

Untuk melakukan Cek Bansos KTP penerima BLT BBM 2022 secara online menggunakan http //cek bansos.siks.kemsos.go id login di browser atau aplikasi browser lainnya. Melalui cek penerima bansos ktp Kesejahteraan Sosial sebagaimana dilaporkan oleh Kemensos:

  1. Masuk ke laman Cekbansos.kemensos.go.id
  2. Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa atau kelurahan
  3. Masukkan Nama (penerima) sesuai KTP
  4. Masukkan kode 8 huruf (dipisahkan dengan spasi) seperti yang ditunjukkan pada kolom kode
  5. Jika kode huruf belum jelas, klik “Refresh” untuk mendapatkan kode huruf baru
  6. Kemudian klik Temukan Data.
  7. Selain itu, website akan menampilkan nama penerima berdasarkan region atau wilayah yang di masukkan.
    Hasil pencarian penerima bantuan kesejahteraan dari Dinas Sosial melalui Aplikasi Cek Bantuan Sosial menampilkan informasi berupa nama penerima, umur, dan jenis bantuan yang diterima.
  8. Jika nama yang di Cek Bansos KTP tidak mencantumkan penerima manfaat kesejahteraan, maka akan muncul pesan “Tidak ada peserta/PM”.

Cara Cek Bansos KTP BLT UMKM di hp

Kemudian adalah cek bansos ktp 2022 lewat hp BLT UMKM di hp, yang mana cara ini bisa kalian lakukan dengan mudah. Adapaun langkah pengecekannya sebagai berikut :

  1. Silakan akses eform.bri.co.id/bpum pada aplikasi browser di ponsel atau laptop
  2. Masukkan NIK dan kode verifikasi.
  3. Jika Anda memenuhi persyaratan dan memenuhi syarat untuk menerima BPUM, Anda akan dibawa langsung ke halaman pemesanan.
  4. Silahkan isi kolom yang tersedia seperti  Nomor KTP, Provinsi, Kecamatan, Satker dan Rencana Antrian.
  5. Masukkan kode konfirmasi.
  6. Kemudian akan muncul nomor referensi (HARUS DISIMPAN).
  7. Pelanggan hanya perlu datang ke UKO sesuai program yang dipilih.
  8. Jika slot waktu hilang, pelanggan harus memesan ulang seperti yang dijelaskan.

Cara Cek Bansos KTP Lewat HP di Aplikasi Android

Pemerintah juga akan memberi kemudahan bagi penggunanya, yang mana kalian bisa melakukan pengecekan penerima bansos melalui aplikasi cek bansos ktp. Berikut ini cara cek bansos ktp yang bisa kalian ikuti langkahnya :

  1. Pertama unduh aplikasi cek bansos ktp  dari Google Play Store
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Cek Bansos yang telah diunduh. Kemudian halaman pertama akan meminta untuk mendaftarkan akun atau login.
  3. Jika belum memiliki akun, silakan buat akun terlebih dahulu.
  4. Caranya klik Daftar kemudian isi semua data yang dibutuhkan mulai dari Nama, NIK, dan juga pasang foto selfie pada kolom yang tersedia.
  5. Kemudian akan diminta untuk membuat nama pengguna dan kata sandi.
  6. Selanjutnya silahkan login kembali dengan username dan password yang telah anda buat.
  7. Kemudian pilih fungsi “Cari” dan cari data penerima kesejahteraan.
  8. Harap perhatikan apakah nama yang di cari muncul dalam daftar atau tidak.

Cara Daftar Bansos Online BLT BBM di Kemensos Tahun 2022Cara-Daftar-Bansos-Online-BLT-BBM-di-Kemensos-Tahun-2022

Menurut informasi resmi dari Kementerian Sosial, diperlukan akun untuk mengakses aplikasi cek penerima bansos ktp. Jika kalian belum memiliki akun, kalian dapat membuat akun baru dengan mengklik tombol “Buat Akun”.

Adapun langkah-langkah pengusulan penerima bantuan sosial BLT BBM tahun 2022 melalui aplikasi Cek Bansos adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi cek jaminan sosial dengan akun terdaftar, lalu pilih menu “Daftar saran”.
  2. Isikan data kependudukan orang yang diusulkan karena data ini akan dicocokkan dan diverifikasi oleh verifikator
  3. Saat mengajukan penerima BLT sejahtera, juga wajib menyertakan selfie ID dan foto kondisi rumah
  4. Kemudian klik “Tambah proposal” dan proposal penerima BLT sudah siap dan bisa menunggu verifikasi data yang dikirimkan oleh Kemensos.
  5. Sebagai informasi: Bantuan Sosial BLT BBM disalurkan kepada penerima manfaat yang terdaftar di DTKS Kementerian Sosial. Data dari Kementerian Sosial ini diubah atau diperbarui setiap bulan.

Nah itu lah pembahasan mengenai Cek Bansos KTP yang bisa kalian ikuti agar penerima bansos dapat melakukan pengecekan saat akan  pencairan. Karena kabarnya bulan ini bansos pemerintah akan segera cair. Jadi buruan Cek Bansos KTP kalian!

Baca Juga :

 

Originally posted 2022-11-16 11:48:15.