Contoh Teks Hikayat Singkat Beserta Strukturnya, Lengkap!

Contoh Teks Hikayat – Hikayat merupakan salah satu karya sastra klasik bersejarah yang hingga saat ini masih banyak dingat oleh masyarakat kita. Kisah yang disampaikan di di dalamnya biasanya menceritakan sesuatu hal yang terjadi di luar nalar akal manusia sehingga sering dianggap hanya sebagai rekaan saja.

Adapun Teks Hikayat sendiri merupakan salah satu karya sastra lawas dalam bentuk prosa dari melayu dan cerita yang disampaikan secara umum menggambarkan tentang historis, biografis, keagamaan dan silsilah. Banyak hikmah yang dapat kalian petik dari cerita hikayat ini.

Pada waktu dulu, hikayat sering digunakan sebagai sebuah rangkuman cerita singkat yang sering di sampaikan di depan umum untuk memabangkitkan semangat juang, pelipur lara dan sebagai cerita dongeng sekedar untuk meramaikan suasana dalam pesta.

Dalam artikel ini, kami akan melngkapi isi dari topik pembahasan kita kali ini mengenai contoh teks hikayat secara lengkap mulai dari definisi, struktur, fungsi lengkap beserta contohnya. Buat kalian yang ingin mengenal contoh cerita hikyat yang bersejarah yang sudah melegenda ini, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Penjelasan Tentang Teks Hikayat

Contoh Teks Hikayat
Contoh Teks Hikayat

Teks Hikayat merupakan sebuah kisah karya sastra klasik lawas berasal dari melayu yang dalamnya mengandung unsur tentang kehidupan orang di jaman dulu. Biasanya kisah yang sering diceritakan dalam hikayat ini adalah tentang kehidupan pada jaman karajaan dulu.

Oleh karena hikayat ini berasal dari melayu, tentunya penggunaan bahasa yang digunakannya juga tertulis dalam terjemahan bahasa melayu. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, kini hikayat sudah mengalami banyak proses adaptasi perubahan yang sekarang semua teks ceritanya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Ada beberapa contoh hikayat yang sampai saat ini masih banyak dikenal oleh banyak orang, beberapa contoh kisah kisahnya diantaranya adalah seperti cerita “Hangtuah” Seribu satu Malam” dan kisah Perang Palembang”. Contoh Hikayat Hangtuah sendiri bercerita tentang sebuah perjalanan dari seorang prajurit yang akan membuat pembacanya akan ikut terhanyut oleh alur ritme dari kisah tersebut.

Selain itu, hikayat juga sering ditulis untuk membuat dokumentasi tentang silsilah kerajaan, bahkan alur cerita hikayat juga terkadang sering menceritakan tentang sesuatu hal yang seolah dibuat buat, hal tersebut tentunya berdasarkan atas permintaan seorang raja pada zaman dulu.

Tujuan Raja menciptakan cerita yang seolah direkayasa ini adalah untuk menakuti nakuti musuh agar tidak menyerang kerajaannya, sehingga musuh akan berfikir dua kali jika harus menghadapi kerajaan yang dikuasai Raja tersebut.

Ciri Ciri Teks Hikayat

Ciri Ciri Teks Hikayat
Ciri Ciri Teks Hikayat

Sebelum kalian membaca beberapa contoh teks hikayat yang nanti diakhir kalimat akan kami sampaikan dalam halaman ini, sebaiknya kalian ketahui terlebih dulu apa yang menjadi karakteristik / ciri ciri dari contoh teks hikayat tersebut. Dengan demikian kalian bisa lebih mengenal mana saja contoh cerita hikayat dan mana yang bukan contoh teks hikayat.

Dengan kalian mengetahui ciri ciri dari teks hikayat ini, tentunya saja nantinya kalian bisa dengan mudah membedakan contoh teks hikayat hanya cukup berdasarkan alur ritme atau prinsip yang dituangkan dalam setiap contoh cerita yang di tuangkan di dalamnya. Buat kalian yang ingin mengetahui lebih banyak ciri ciri / karakteristik dari teks hikayat ini, baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  • Disampaikan Secara Lisan ( Dari Mulut Ke mulut)
  • Penciptanya Tidak ketahui (Anonim)
  • Cerita Selalu istanasentris  (Tentang Kerajaan)
  • Bersifat Komunal   ( Menjadi Milik Masyarakat)
  • Selalu Tentang Hal Magis ( Khayalan Imajinasi)
  • Bersifat tradisional ( Budaya / Kebiasaan Turun Temurun)
  • Bersifat Dikdatis  (Menyampaikan Hal yang mendidik)
  • Klise ( Selalu menggunakan bahasa yang berulang ulang)
  • Bersifat Statis  ( Tidak mengalami perubahan/Tetap )
  • Struktur Kalimat Tidak efektif
  • Sering menggunakan bahasa kiasan

Itulah beberapa ciri ciri umum yang perlu kalian ketahui agar kalain bisa dengan cermat membedakan antara contoh cerita hikayat dan mana yang bukan. Untuk menggali lebih banyak pengetahuan tentang teks hikayat ini, pahami juga kaidah teks kebahasaan yang menjadi unsur penting dalam menyusun atau membuat teks hikayat. Berikut adalah penjelasan kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks hikayat.

Kaidah Kebahasaan Dalam Teks Hikayat

Kaidah Kebahasaan Teks Hikayat

Berdasarkan penjelasan dari ciri ciri diatas, hal yang paling menonjol dalam teks hikayat ini adalah sering menggunakana kata konjungsi (kata penghubung) dan juga kata arkais dalam menyampaikan semua contoh cerita yang ada di dalamnya.

Nah, pada pembahasan di bawah ini kami akan menjelaskan kepada kalian semua tentang penggunaan teks kaidah kebahasaan yang sering dipakai dalam menyusun teks cerita hikayat. Beberapa kaidah kebahasaan tersebut bisa kalian ketahui melalui penjelasan berikut.

1. Menggunakan Kata Penghubung ( Konjungsi)

Konjungsi adalah sebuah kata penghubung yang umumnya sering digunakan oleh orang zaman dahulu pada awalan kalimat dalam contoh teks hikayat. Adapun penggunaan konjungsi atau kata penghubung ini adalah untuk membuat cerita dalam teks hikayat menjadi semakin menarik.

2. Menggunakan Kata Arkais

Penggunaan kata arkais menjadi sebuah kata dalam kaidah kebahasaan teks hikayat yang umumnya sering digunakan oleh orang zaman dulu pada setiap awalan berbagai istilah. Namun, untuk zaman sekarang kata sudah jarang digunakan karena dinilai sangat sulit untuk dipahami. Adapun fungsi dari kata arkais ini sendiri adalah untuk menjelaskan kepada pembaca tentang berbagai kata populer yang sering digunakan oleh orang zaman dulu.

3. Menggunakan Gaya Bahasa

Penggunaan gaya bahasa menjadi salah satu teknik penting yang biasanya digunakan oleh orang zaman dahulu dalam memanfaatkan pilihan ragam bahasa untuk memberikan pengetahuan tentang sebuah karya sastra lama. Adapun fungsi dari penggunaan gaya bahasa ini sendiri adalah agar dapat membuat sebuah teks menjadi sangat variatif dan menarik. Dengan demikian orang yang membaca teks tersebut akan merasa sangat senang dengan ragam gaya bahasa yang digunakan.

Jenis Jenis Teks Hikayat

Jenis Jenis Hikayat

Selain mengenalkan tentang ciri dan kaidah kebahasaan yang ada dalam teks hikayat, kami juga akan mengenalkan beragam jenis jenis teks hikayat secara lengkap baik berdasarkan isi dalam ceritanya atau berdasarkan tempat asalnya. Hikayat dapat diklasifikasi berdasarkan dua element diatas, untuk penjelasan silahkan baca keterangan sebagai berikut ini.

Jenis Hikayat Berdasarkan Cerita

  • Epos India
  • Cerita Rakyat
  • Cerita Islam
  • Sejarah & Biografi
  • Cerita Berbingkai
  • Cerita Dari Jawa

Jenis Hikayat Berdasarkan Temapt Asalnya

Berasal Dari Melayu Asli

  • Cerita Hang Tuah”
  • Cerita Si Miskin”
  • Cerita Indera Bangsawan

Berdasarkan Pengaruh Jawa

  • Cerita AnglingDarma’ Hikayat Indera Jaya”
  • Cerita Cekel Weneng Pati
  • Cerita Panji Semirang”

Berdasarkan Pengaruh Hindu (india)

  • Cerita Mahabrata’ Hikayat Sang Boma”
  • Cerita Ramayana’ Hikayat Sri Rama”
  • Cerita Mahabrata’ Perang Pandhwa”

Struktur Lengkap Teks Hikayat

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwa teks hikayat adalah sebuah karya sastra lama yang di dalamnya berisikan tentang berbagai cerita seperti mukjizat, kesaktian, dan juga kekuasaan. Di dalam teks hikayat juga umumnya sering berisikan berbagai macam plot, tema, sudut pandang dan penokohan.

Teks hikayat merupakan salah satu teks dalam bentuk prosa, karena penulisan teksnya selalu didasari dengan berbagai ritme yang  bervariasi sehingga jenis teks ini hampir terkesan sama seperti teks puisi. Buat kalain yang ingin mengenal dan mempelajari hikayat. Sebaiknya kalian pahami terlebih dulu struktur hikayat melalui penjelasan sebagai berikut.

Abstraksi

Abtraksi dalam struktur hikayat biasanya berisi tentang inti dari cerita yang nantinya akan dikembangkan menjadi berbagai gambaran peristiwa yang ada dalam cerita. Abstraksi  adalah bagian paling penting untuk menyusun sebuah permulaan dari cerita yang akan diangkat, sehingganya penggunaan struktur ini diangaap sangat baik untuk membangun sebuah cerita hikayat yang menarik.

Orientasi

Oreintasi adalah salah satu strukstur yang ada dalam teks hikayat, adapun fungsi dari struktur ini biasanya untuk menerangkan sebuah waktu dan suasana tempat peristiwa yang terjadi dalam cerita tersebut. Suasana yang ada dalam sebuah cerita biasanya akan digambarkan secara dramatis, agar para pembaca cerita tersebut akan ikut merasakan seperti yang ada dalam alur cerita yang disampaikan.

Komplikasi

Komplikasi adalah struktur dalam teks hikayat yang umumnya berisikan tentang urutan dari setiap peristiwa konflik yang terjadi yang akan dihadirkan dalam cerita yang ingin disampaikan. Biasanya berbagai macam konflik tersebut akan digambarkan terjadi secara terus menerus. Nah dalam struktur ini biasanya akan menghadirkan salah satu tokoh yang dianggap memiliki banyak keistimewaan.

Evaluasi

Evaluasi adalah salah satu struktur yang umumnya sering menjelaskan tentang sebuah penyelesaian atau solusi dari setiap konflik yang terjadi. Dalam struktur ini biasanya akan menghadirkan sebuah tokoh sentral sebagai seorang tokoh yang bisa memberikan solusi atas setiap konflik yang di alami.

Resolusi

Resolusi adalah bagian penting dalam teks hikayat yang biasanya sering memberikan pelajaran yang mendidik dan pesan moral yang di sampaikan dibalik sebuah peristiwa dalam cerita berdasarkan hasil pemikiran penulis. Pada bagian ini akan dihadirkan juga tokoh yang ada dalam cerita yang nantinya peran dari tokoh tersebut menjadi sebuah contoh yang akan ditiru oleh masyarakat.

Koda

Bagian penting dari struktur teks hikayat terkahir adalah koda, dimana struktur ini merupakan hasil kesimpulan akhir  mengenai pesan yang bisa dipetik dari alur cerita yang disampaikan. Pada bagian ini berisikan hikmah dan nilai nilai kehisupan yang bisa diambil berdasarkan isi dalam cerita.

Contoh Teks Hikayat Singkat Lengkap Dengan Struktur

Kalian bisa mengunduh file docx tentang contoh teks hikayat yang baik dan benar lengkap berdasarkan strukturnya!

KLIk DISINI

Contoh Hikayat Hang Tuah

Hikayat Hang Tuah

Cerita dimulai’ Pada suatu hari ada seorang pemuda yang tinggal di Sungai Duyung, Hangtuah namanya. Hangtuan tinggal bersama dengan Ibu bernama Hang Merdu dan ayahnya bernama Hang Mahmud. Pada suatu ketika Hang Mahmud bersama dengan warga yang tinggal di Sungai Duyung tersebut mendengar sebuah kabar tentang Raja Bintan yang ramah dan baik terhadap semua Rakyatnya.

Pada saat Hang Mahmud mendengan kabar tersebut, Hang Mahmud berujar kepada istrinya’ Ayo kita akan pergi ke Bintan, Negeri yang besar itu, terlebih kita ini adalah orang miskin. Sekarang lebih baik kita segera pergi ke Bintan agar bisa mencari pekerjaan.

Kemudian pada malam harinya, Hang Mahmud mengalami peristiwa mimpi melihat bulan seolah turun dari langit. Kilauan Cahaya bulan tersebut seolah berada tepat diatas kepala Hang Tuah. Kemudian Hang Mahmud terbangun dengan segera ia mengangkat anaknya sambil menciumnya.

Tubuh hang Tuah seolah mengularkan aroma wangi wangian. Pada ke esokan harinya, Hang Mahmud pun langsung menceritakan mimpi tersebut kepada istri dan anaknya. Seusai mendengarkan isi cerita dari mimpi suaminya tersebut, dengan segera Dang Merdu bergegas memandikan serta melulurkan anaknya tersebut sambil riang.

Kemudian, ia membalu anaknya tersebut dengan kain baju dan sebuah ikat kepala yang semuanya berwarna serba putih. Setelah Dang merdu memberi makan anaknya dengan nasi kuning dan telur ayam, lalu tak lupa’ ibunya juga segera menghadirkan para pemuka agama untuk mendoakan Hang Tuah demi keselamatan anaknya.

Setelah proses doa tersebut usai, lalu dengan segera di peluknyalah anaknya tersebut, lalu Hang Mahmud berkata kepada istrinya ” Anak Kita ini akan kita jaga dengan baik, jangan sampai main sampai jauh jauh’.

Kemudian pada keesokan harinya, hang Tuah menjelani kegiatas eperti biasanya, yakni membelah kayu untuk persediaan masak di rumah. Kemudian terdengar ada pemberontak yang datang mengacau di tengah tengah pasar, disana banyak orang yang luka luka hingga mati tewas.

Banyak para pemilik toko yang kabur tunggang langgang meninggalkan tokonya untuk bergegas segera ingin meninggalkan kampoeng. Kemudian Hebohlah negeri Bintan, dan mulai tejadi berbagai kekacauan di mana mana. Lalu ada seseorang yang sedang berlari berkata kepada Hang Tuah, ” Hang Tuah Apakah kah kau mau mati karena tidak mau pergi masuk ke kampong?”

Hang Tuan yang sedang sibuk membelah kayu pun berkata ” negeri ini terdapat banyak pegawai dan prajurit hebat yang akan membunuh dan mengalahkan mereka. Ketika berbicara demikian’ Dang Merdu menyaksikan pemberontak tersebut pergi ke arah Hang Tuah sambil membawa sebilah keris. Kemudian Dang Merdu, ibu Hang Tuah berteriak sambil berkata’ Hang Tuah cepatlah kau lari’.

Hang Tuah langsung bergegas mendengarkan perintah ibunya’ sambil membawa kapaknya menantikan pemberontak tersebut datang untuk menghampirinya. Dengan segera pemberontak pun datang dan segera menikam Hang Tuah dengan membabi buta. Hang Tuah dengan cepat lalu menganyunkan kapak yang ia pegang ke arah kepala pemberontak tersebut. Dengan cepat si pemberontak pun tumbang dengan kepala terbelah menganga.

Setelah pemberontak itu berhasil di tumbangkan oleh Hang Tuah, Raja pun mendengar berita tersebut dan memuji keheroikan Hang Tuah yang telah berhasil menumbangkan pemberontak dengan sekejap. Keadaan di kerajaan pun menjadi ramai membicarakan Hang Tuah yang telah mendapat pujian dari Raja.

Kemudian para Tumenggung pun saling berdiskusi kepada Tumenggung lainnya, yang merasa iri hati kepada Hang Tuah karena Raja sudah memujinya. Lalu para Tumenggung pun segera datang ke hadapan Raja untuk memberikan Hormat dan membuat fitnah bahwa Hang Tuah adalah seorang penghianat yang telah melawan titah Raja.

Ketika Raja mendengarkan laporan tersebut, kemudian sang Raja dengan cepat memerintahkan semua prajurit dan pegawai Kerajaan untuk menangkap dan menghukum Hang Tuah’ Dengan singkat’ kini Hang Tuah sudah pergi dan menetap di Sungai Perak. Disana Hang Tuah menjadi seorang Raja yang banyak disukai oleh Rakyatnya.

Penutup

Cerita diatas merupakan salah satu contoh teks hikayat yang sangat populer bertakjub kerajaan, jika kalian ingin mengetahui beberapa contoh cerita hikayat populer lainnya, kalian bisa mendapatkan berbagai cerita menarik lainnya melalui link docx yang telah kami sediakan diatas.

Melalui link tautan tersebut, kalian bisa lebih mengenal tentang definisi teks hikayat’ dan semua contoh cerita hikayat lengkap berdasarkan strukturnya. Sekian yang bisa kami bahas kali ini, sampai jumpa lagi dipembahasan selanjutnya.

Baca Juga :

Originally posted 2022-12-18 20:02:53.