9 Contoh Cerita Fantasi Pendek Singkat Lengkap & Strukturnya

Dari sekian banyak cerita, genre fantasi merupakan yang paling banyak disukai oleh banyak orang. Apalagi banyak yang mencari contoh cerita fantasi yang beredar di Internet hanya untuk sekedar bacaan rutin atau bisa sebagai referensi membuat karya.

Cerita fantasi merupakan cerita yang menampilkan alur, latar, tokoh dan tema yang tingkat kebenarannya masih diragukan. Biasanya terkait hampir seluruh atau sebagian cerita  yang diangkat tersebut.

Dapat dikatakan hawa cerita fantasi termasuk ke dalam karangan dengan daya imajinasi atau khayalan yang sangat tinggi. Salah satu tema cerita fantasi adalah mengenai tentang pahlawan super atau tokoh yang memiliki kekuatan tidak masuk akal. Disini kalian bisa temukan penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Struktur Teks Untuk Membuat Cerita Fantasi yang Menarik

Bagaimana-Dengan-Struktur-Teks-Untuk-Membuat-Cerita-Fantasi-yang-Menarik

Jika kalian ingin membuat cerita fantasi tentunya harus mengetahui beberapa struktur agar semua isi yang disajikan sangat padat dan kompleks. Apalagi kalian berniat ingin membuat judul cerita fantasi yang berbeda dari yang lainnya.

Sebelum melihat beberapa referensi yang akan kami sajikan di bawah ini, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu struktur-struktur dari teks cerita fantasi agar kalian bisa mengetahui poin-poin pentingnya saat membedah cerita tersebut.

Orientasi

Struktur awal dalam pembuatan cerita fantasi adalah Orientasi. Biasanya pada bagian ini mencakup tentang pengenalan tokoh, watak tokoh, latar dan konflik yang terjadi dalam suatu cerita.

Komplikasi

Pada bagian ini, masalah pada cerita mulai muncul dan mencapai puncak kekacauan atau puncaknya. Umumnya, dibagian ini berisi keterkaitan sebab akibat sehingga memunculkan masalah sampai masalah tersebut sampai memuncak.

Resolusi

Pada struktur satu ini, menjelaskan tentang bagaimana akhir cerita dan penyelesaian dari konflik atau masalah yang terdapat di bagian struktur komplikasi. Ketiga struktur tersebut memang wajib dalam suatu cerita fantasi yang harus memiliki ending cerita.

Cara Membuat Contoh Cerita Fantasi Panjang dan Pendek yang Baik dan Benar

Cara-Membuat-Contoh-Cerita-Fantasi-Panjang-dan-Pendek-yang-Baik-dan-Benar

Seringkali pengarang membuat cerita apapun termasuk genre fantasi tetapi tidak memperhatikan kaidah kebahasaan teks cerita tersebut. Untuk dapat membuat cerita fantasi, kalina harus memperhatikan beberapa kaidah yang admin desacanggu.id jelaskan sebagai berikut.

Gunakan Kata yang Menyerap Pancaindra Dalam Deskripsi Latar

Untuk membuat cerita fantasi tentunya harus memerhatikan elemen satu ini. Biasanya ada tiga elemen yang di-deskripsikan latar seperti waktu, suasana dan latar.

Contohnya:

  • Latar waktu: Tengah hari tidak ada sinar terik di langit itu
  • Latar tempat: Sekumpulan rumah bergaya kerucut menyambut mataku
  • Latar suasana: Ruang keluarga yang megah terasa sunyi dan penuh kesendirian

Gunakan Kata Sambung (Penanda Urutan Waktu)

Kata sambung adalah salah satu kaidah penulisan yang sangat wajib digunakan untuk membuat cerita fantasi. Jika kalian gemar menulis cerita ataupun artikel tentang apapun, kata sambung menjadi satu hal yang tidak boleh ditinggalkan.

Beberapa kata sambung yang bisa kalian gunakan seperti sementara itu, oleh karena itu, sebelum, sesudah, ketika, kemudian dan lainnya. Kata sambung ini menandakan datangnya karakter lain atau bisa juga sebagai perubahan latar.

Gunakan Kata Ganti dan Nama Orang (Sudut Pandang Penceritaan)

Jika kalian ingin menggunakan kata ganti dan nama pada teks fantasi, gunakan seperti aku dia, mereka, Ruslan dan lainnya.

Gunakan Pilihan Kata dengan Makna Khusus dan Makna Kias

Untuk membuat cerita fantasi tentu juga harus memperhatikan pilihan kata menggunakan makna khusus dan kias. Dengan begitu akan membuat isi cerita lebih menarik untuk dilihat oleh para pembaca.

Sebagai contohnya, Hulk itu berbadan hijau, dengan badan yang kekar, ia dapat menghancurkan sekelilingnya.

Gunakan Dialog atau Kalimat Langsung

Dialog dalam sebuah cerita fantasi memang sangat diharuskan, ini sangat berbeda dengan pembahasan kami tentang cerita narasi yang sama sekali tidak ada dialognya.

Sebagai contoh, “Monster itu mengejar kita” teriak Reyhan kalang kabut. Atau bisa “Naga tersebut menghembuskan api besar” suara Udin sedikit panik.

Gunakan Kata atau Ungkapan Keterkejutan

Ungkapan keterkejutan sendiri memiliki fungsi untuk menggerakan cerita (masalah muncul).

Contohnya:

  • Tiba-tiba seorang monster yang berukuran sangat besar datang.
  • Di tengah kesunyian datanglah para zombie.

Ke-enam elemen tersebut sangat dibutuhkan untuk membuat cerita fantasi yang menarik dan sesuai dengan kaidah terkandung didalamnya. Sebaiknya kalian pelajari terlebih dahulu sebelum melanjutkan pada pembahasan selanjutnya.

Daftar Contoh Cerita Fantasi Pendek dan Panjang Dengan Berbagai Tema Menarik

Daftar-Contoh-Cerita-Fantasi-Pendek-dan-Panjang-Dengan-Berbagai-Tema-Menarik

Setelah mengetahui kedua hal yang telah diketahui pada pembahasan diatas, kami akan memberikan beberapa contoh cerita fantasi 4 paragraf, 5 paragraf hingga cerita panjang sekalipun.

Tidak hanya itu saja, kami akan memberi tanda struktur seperti Orientasi, Komplikasi dan Resolusi di setiap ceritanya. Jadi kalian bisa membeda semua isi cerita yang telah kami suguhkan dari masing-masing tema.

Mungkin kalian mendapatkan tugas membuat karangan dengan soal sebutkan 5 contoh cerita fantasi. Jangan khawatir, kami akan berikan 3 contoh cerita fantasi pilihan dan banyak dicari serta paling menarik sesuai dengan pembagian strukturnya di bawah ini.

Cerita Fantasi Pensil Ajaib

Orientasi:

Kayla adalah seorang gadis miskin tapi memiliki kecerdasan yang sangat baik. Waktu yang dihabiskannya hanya untuk belajar dan membantu orang tuanya. Selain itu, Kayla juga sering meluangkan waktunya untuk menggambar.

Komplikasi:

Tetapi kini diat tidak bisa menggambar karena pensil yang ia miiliki sudah pendek dan sulit untuk digunakan. Kayla pun tidak dapat membeli pensil baru lantaran tidak memiliki cukup uang.

Tetapi disuatu ketika saat ia hendak membantu orang tuanya memungut plastik di jalan, ia menemukan ada pensil di sekitar jalan. Dengan gembiranya, ia mengambil pensil tersebut dan membawa pulang dengan sangat senangnya.

Ketika sampai di rumah, ia Kayla langsung mencoba pensil tersebut dan mencoba mengambar apapun. Namun saat gambaran pertama selesai, tiba-tiba ia terkejut karena gambar awan mendung menjadi sungguhan di cuaca yang panas ini. “astaga, jemurannya, mah!” ucap Kayla dengan teriaknya.

Ia merasa kaget dan tidak percaya, kemudian ia menghapus dan menggantinya dengan salju.  Sesaat setelahnya cuaca di sekitarnya berubah menjadi beku dan tertutup salju. Sontak hewan-hewan dan tumbuhan tidak kuat dengan dinginnya suhu lingkungan yang berubah drastis.

Resolusi:

Setelah menyadari apa yang ia gambar berdampak pada lingkungan, ia akan berjanji akan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan keluarga. Kemudian ia menggambar seperti makanan, lauk-pauk, uang, beras dan lainnya.

Saat orang tuanya datang ke meja makan, alangkah terkejut orang tua Kayla dan hampir menangis terharu dengan apa yang mereka lihat. Meski begitu, Kayla menggunakan pensil ajaib tersebut dengan bijak dan bersedia menolong banyak orang yang sedang kesulitan.

Cerita Fantasi Penghapus Ajaib

Orientasi:

Joni adalah seorang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dikenal sebagai siswa biasa-biasa saja. Ia adalah murid yang melakukan kegiatan sekolah pada umumnya seperti meluangkan waktu untuk belajar dan tidak pernah lupa untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Kompilasi:

Meskipun begitu, nyatanya ia selalu mendapatkan nilai yang jelek. Namun, orang tuanya tidak pernah memarahinya dan berkata “selama nilai kamu didapat dari hasil kejujuran, kami tidak akan pernah kecewa dan marah”. Mendengar itu Join tentu tenang dan bangga atas diri.

Suatu ketika hujan turun dengan sangat derasnya yang membuat Joni terpaksa untuk berteduh sementara. Dia sedikit gelisah karena tidak ingin berlama-lama dan langsung memaksa untuk pulang.

Karena sangat terburu-buru, ia tidak sengaja terpeleset oleh sebuah penghapus kecil, anehnya ia malah membawanya pulang.Join dan penghapus tersebut seperti memiliki kemistri dan koneksi kuat.

Sesampai di rumah, ibu langsung bergegas menyiapkan baju ganti Joni dan menyuruhnya mandi terlebih dahulu. Sambil melihat penghapus tersebut sambil berkata “aneh, penghapus yang seharusnya aku tinggalkan malah aku bawa pulang”.

Resolusi:

Tanpa disangka, penghapus tersebut menjawab “aku akan membantumu untuk mendapatkan nilai bagus”. Seketika Joni kaget mendengar jawabatan tersebut. Keanehan ini dan rasa penasaran Joni yang begitu tinggi, ia berniat untuk membuktikannya.

Sesampai di ruang kelas, kebetulan hari ini ada ujian matematika dan Joni langsung mengerjakan soal Matematika tersebut. Dengan terkejutnya, penghapus tersebut bergerak sendiri dan menghapus jawaban yang telah Joni kerjakan.

Joni pun berkata dalam hati “benar-bena penghapus ajaib” dan ia langsung mengganti jawaban. Seterusnya begitu dan ternyata hasilnya ia mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dan ia kerap kali menggunakannya pada saat mengerjakan ujian.

Pada suatu ketika, ia mengantongi penghapus tersebut dan bergegas pulang karena sedang dalam kondisi hujan lebat. Namun setelah sampai di rumah, alangkah terkejutnya bahwa penghapus tersebut sudah tidak di dalam kantong dan ia terus meratapi sambil berharap ia akan menemukannya lagi.

Contoh Cerita Fantasi Aktif Avatar

Orientasi:

Di universe lain, ada empat pengendali elemen. Mereka dapat mengendalikan masing-masing elemen yaitu air, tanah, udara dan api. Ke-empat orang tersebut sering disebut Avatar. Sayangnya, mereka selalu bertengkar dan adu kekuatan siapakah yang paling hebat.

Komplikasi:

Dengan kekuatan tersebut, dapat mengakibatkan bencana besar seperti saat Avatar Udara beradu dengan Avatar Api akan terjadi kebakaran hebat yang mengakibatkan penduduk terluka. Adapun saat Avatar air beradu dengan Avatar Udara akan terjadi hujan badai.

Kekuatan mereka benar-benar sudah membuat penduduk bumi ketakutan dan banyak kehilangan tempat tinggal. Dari ke-empat Avatar tersebut hanya Avatar tanah yang paling bijak dan ia mengumpulkan ketiga-nya untuk berdiskusi dengan penduduk bumi. Setiap Avatar diberi tugas untuk memperbaiki atas kerusakan yang mereka lakukan.

Resolusi:

Avatar tanah memberikan tugas dan bagian untuk menyalurkan energi. Pertama, Avatar tanah akan diminta untuk mengatasi lahan tandus, Avatar Air ditugaskan untuk mengisi setiap sumber air, Avatar Udara diminta untuk menggerakkan setiap kincir angin dan Avatar Api diminta menyinari bumi dengan matahari.

Penduduk pun merasa senang dan kini tidak akan takut lagi bencana datang yang sebelumnya diakibatkan oleh kemampuan para Avatar.

Contoh Cerita Fantasi Mesin Waktu

Orientasi:

Pada tahun 2026, dunia telah dikuasai oleh teknologi canggih. Cerita ini mengisahkan 3 sahabat yang bernama Nicole, Jack dan Alex. Ketiganya bersekolah di tempat yang sama di SMA ABC dan bahkan mereka pulan selalu bersama.

Kompilasi:

Sesampai di stasiun kereta melayang yang tidak jauh dari sekolah mereka. Saat mereka sudah berada di dalamnya, tiba-tiba kereta tersebut terpental dari jalurnya sehingga mereka keluar melalui pintu masuk.

Saat ini mereka tidak tahu terpental dimana karena kondisi sekitar tempat tersebut seperti berada di hutan luas dan sangat gelap bersama dengan penumpang lainnya. Adapun sebagian dari mereka tewas karena terbentur dengan sangat keras.

Mereka pun bergegas mencari jalan keluar dan mencari pertolongan siapapun yang mendengar jeritannya. Tiba-tiba mereka mendengar suara “BUMMM” yang membuat tanah di sekitarnya bergetar.

Mereka menghampiri sumber suara tersebut dan terkejut melihat cahaya yang begitu terang. Ternyata itu adalah sebuah mesin waktu dan mereka penasaran, lalu mendekatinya.

Resolusi:

Mereka masuk bersamaan dan Alex tidak sengaja menekan tombol yang membuat mereka dibawa oleh mesin waktu tersebut. Ajaibnya, mereka kini dapat keluar dari hutan dengan selamat dan kembali ke kota dekat rumah mereka.

Baca Juga:

Originally posted 2022-12-18 10:27:29.