Contoh Saran Dalam Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap!

Kalian yang masih berstatus Mahasiswa pasti sedang mengerjakan makalah tentu akan melewati yang namanya saran dalam makalah. Unsur seperti ini nantinya bisa kalian gunakan pada saat penyusunan skripsi, tesis hingga karya tulis.

Memang sebaiknya mengetahui langsung sebelum kalian masuk ke semester akhir agar tidak pusing untuk menyusun skripsi. Membuat saran sangat wajib ada di sebuah laporan seperti yang kami jelaskan sebelumnya.

Meskipun terlihat sepele tetapi ini yang akan menjadi bagian penting diakhir laporan kalian. Sebelum mengetahui contoh kalimat saran dalam makalah, alangkah baiknya kalian perhatikan semua hal tentang pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pentingnya Membuat Saran Dalam Makalah, Skripsi dan Karya Ilmiah

Pentingnya-Membuat-Saran-Dalam-Makalah-Skripsi-dan-Karya-Ilmiah

Sebagai Mahasiswa, dalam membuat saran dalam makalah tidak boleh sembarangan dan asal jadi saja. Elemen satu ini sangat penting karena mempunyai beberapa tujuan agar pembaca bisa menganalisa kekurangan apa saja yang ada pada laporan kita.

Dengan adanya saran dalam makalah paragraf membuat penulis mendapatkan rujukan untuk perbaikan pada saat penelitian selanjutnya. Biasanya saran terdapat pada akhir atau bagian penutup sebelum daftar pustaka makalah.

Saran penutup makalah juga bisa menjadi alat pertimbangan dan harapan yang memberikan perubahan yang bersifat positif. Meskipun tidak ada pedoman khusus maupun  standar baku untuk membuat saran, namun ini sangat penting.

Hal ini karena saran dibuat tidak boleh melebihi jumlah kata yang terdapat pada kesimpulan. Dapatkan dikatakan bahwa saran bisa cara yang dibuat sesuai keinginan penulis.

Saran juga bersifat kontinue, artinya bisa sebagai bahan evaluasi agar bisa memanjukan studi kasus dalam penelitian selanjutnya. Dengan begitu pembaca atau peneliti bisa mendapatkan saran yang jauh lebih baik terkait penelitian selanjutnya.

Hampir semua penyusunan laporan seperti saran dalam makalah kelompok atau skala yang lebih tinggi harus dibuat lebih baik. Selanjutnya kalian akan melihat ke bagian intinya tentang saran untuk mahasiswa dalam makalah yang akan dibuat.

Syarat yang Dibutuhkan untuk Membuat Saran Dalam Makalah dan Penelitian

Syarat saran dalam makalah tentu harus dipenuhi untuk memiliki nilai baik bagi pembaca-nya. Ada lima syarat saran yang dibutuhkan untuk membuat karya tulis di bawah ini.

Saran Diuraikan Dengan Singkat

Dalam membuat saran untuk mahasiswa dalam makalah tentu harus dibuat secara singkat. Dalam artian tidak boleh bertele-tele atau to the point diperuntunkan kepada siapa yang telah dimuat pada laporan tersebut.

Saran Harus Jelas

Dalam membuat saran dalam kalimat tentu harus jelas, maksudnya saran yang dibuat harus memiliki sasaran objek yang memiliki otoritas penerapan yang jelas.

Saran disertai Dengan Tindakan Operasional

Selanjutnya saran yang disertai dengan tindakan operasional yang memungkinkan bagi masyarakat atau peneliti selanjutnya untuk melakukan saran yang penulis berikan.

Jangan memberikan saran yang sekiranya tidak bisa dilakukan oleh masyarakat atau pemangku kebijakan dan sebagainya.

Saran disertai Dengan Indikator Keberhasilan

Faktor yang harus diperhatikan oleh penulis untuk membuat saran dalam makalah yaitu terdapat indikator keberhasilan. Biasanya ini memuat kepada laporan yang telah penulis susun dan bisa diaplikasikan pada penelitian selanjutnya.

Saran Berupa Imbuan

Dalam membuat saran dalam makalah tentu sangat penting untuk memberikan imbauan untuk melakukan penelitian sejenis yang lebih dalam.

Penelitian dari sebuah fenomena sosial atau lainnya tidak mungkin dari satu penelian tersebut menjawab permasalahan secara luas.

Artinya ada bagian-bagian yang belum terjawab atau terpecahkan sebagai saran peneliti lanjutan untuk mendalami isu yang sama.

Ciri-ciri Saran Dalam Makalah Dengan Melihat Unsur Penting Didalamnya

Ciri-ciri-Saran-Dalam-Makalah-Dengan-Melihat-Unsur-Penting-Didalamnya

Sebelum kalian melihat beberapa contoh saran dalam makalah, mungkin sebaiknya lihat ciri-cirinya terlebih dahulu. Saran hendaknya dibuat secara spesifik dilihat dari pembahasan karya tulit tersebut.

Setelah kalian mengetahui tentang pentingnya membuat saran yang baik dan benar, kami akan memberikan informasi terkait cara membuat saran dalam makalah. Pada pembahasan ini memiliki unsur penting yang harus kalian ketahui sebelum membuatnya.

Jika dilihat secara teknis penulisan, ada beberapa beberapa unsur cara membuat saran dalam makalah otomatis. Unsur yang bersumber dari informasi yang didapatkan oleh admin desacanggu.id bisa dilihat sebagai berikut.

Terdapat Rekomendasi

Untuk membuat saran yang baik, ternyata kita harus memberikan rekomendasi yang memiliki kaitannya dengan metode penelitian yang akan digunakan.

Rekomendasi yang diberikan tentu merujuk agar ilmu pengetahuan atau pengembangan penelian yang akan datang dapat lebih baik dari sebelumnya.

Memiliki Jumlah Kata yang Ideal

Kebanyakan penulis membuat saran penutup makalah tidak memiliki patokan berapa banyak kata yang dibuatnya, hindari hal seperti itu.

Seperti yang kami katakan sebelumnya tidak bertele-tele dalam mengucapkan atau menuliskan saran-saran bagi banyak pihak seperti instansi, pemerintah atau masyarakat secara luas.

Hal ini Untuk membuat saran yang baik tentunya harus berisi kalimat yang padat, singkat dan jelas. Ada patokan yang harus kalian ikuti yaitu menggunakan sekitar 200 kata, jumlah tersebut sudah terbilang ideal.

Memuat Harapan

Harapan dalam penulisan saran tentu sangat dibutuhkan, harapan disini maksudnya adalah keinginan penulis atau peneliti yang membahas tentang pencapaian yang telah mereka peroleh.

Sebenarnya ada banyak kata menarik yang bisa kalian coba untuk memberikan makna harapan pada tulisan tersebut. Kalian bisa mencoba menggunakan “penulis mengharapkan”, atau “dengan demikian” agar pembaca tertarik dan merasa senang dengan penelitian yang penulis lakukan.

Terdapat Solusi

Tidak hanya ketiga unsur diatas, ternyata saran yang dibuat oleh penulis juga harus berisi solusi. Dengan begitu pembaca bisa memahami dan dapat memperbaiki penelitian yang telah dibacanya.

Nantinya pembaca juga akan lebih mudah mengembangkan topik yang kita ambil dari pembuatan makalah atau karya tulis itu sendiri.

Contoh Kalimat Saran Dalam Makalah Berbagai Kategori Lengkap

Contoh-Kalimat-Saran-Dalam-Makalah-Berbagai-Kategori-Lengkap

Jika kalian sudah mengetahui bagaimana cara membuat saran pada makalah, skripsi atau lainnya, selanjutnya kami akan memberikan contoh yang mungkin kalian butuhkan untuk melihat bagaimana saran tersebut dibuat.

Tidak hanya sekedar makalah saja, tetapi kami telah membagikannya ke dalam beberapa kategori yang hampir semuanya dibutuhkan oleh banyak penulis. Kalian bisa memilih salah satu yang menurut kalian menarik untuk digunakan sebagai referensi.

Berikut ini adalah beberapa contoh yang dibutuhkan untuk membuat saran dalam makalah di bawah ini.

Contoh Kalimat Saran dalam Makalah

Warung tegal telah membuktikan bagi jiwa kewirausahan dan wujud kemandirian bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.  Maka dari itu, semoga jiwa-jiwa ini dapat memicu semangat bagi insan masyarakat meski dalam wujud apapun. Tentu ini dapat membantu perekonomian keluarga dan meningkatkan dari segi perekonomian negeri.

Dengan munculnya jiwa-jiwa muda kreatif, mandiri dan jiwa wirausahaan yang tinggi di setiap masyarakat. Cara ini juga bisa mengatasi masalah perekonomian yang selama ini menjadi topik utama dan kita tidak akan terjajah di negeri sendiri (dalam hal ekonomi).

Contoh Saran Makalah Singkat

Penelitian yang penulis buat memang belum sempurna dan masih dapat ditingkatkan untuk pemanfaatan dan keefektivitasan nilai guna PELING (Perangkat Anti Maling) dengan menggunakan inti sensor, yaitu dengan memakai metode yang telah digunakan dan bersifat konseptualisasi.

Contoh Saran Makalah Kimia

Saran yang diberikan terkait pengembangan modul pembelajaran dengan pendekatan STEM pada materi kesetimbangan kimia yaitu:

1. Saran untuk Guru

a. Modul pembelajaran dengan pendekatan STEM pada materi kesetimbangan kimia disarankan untuk digunakan oleh guru dan siswa sebagai alternatif bahan ajar yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir siswa.

b. Modul pembelajaran menggunakan pendekatan STEM dapat dikembangkan menggunakan materi lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan materi kesetimbangan kimia.

2. Saran untuk Penelitian Lanjutan

a. Modul pembelajaran dengan pendekatan STEM memerlukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut guna terbentuknya kesempurnaan pada modul.

b. Modul pembelajaran dengan pendekatan STEM memerlukan ujian penyebaran secara luas (disseminate) untuk menyempurnakan tahapan penelitian sesuai prosedur pengembangan Borg & Gall.

Contoh Saran Makalah Kesehatan

Bagi masyarakat hendanya selalu menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak)

Bagi pemerintah daerah hendaknya mengeluarkan aturan yang mewajibkan bagi masyarakat untuk menerapkan tindakan 3M dan memberikan sanksi bagi siapapun yang melanggarnya.

Dan bagi perawat hendaknya senantiasa memberikan edukasi bagi masyarakat terkait perilaku pencegahan Covid-19 melalui berbagai pertemuan secara langsung maupun media sosial.

Contoh Kalimat Kritik dan Saran Dalam Makalah

Menyadari bahwa penulisan karya ilmiah makalah ini jauh dari kata sempurna, masa akan datang penulis akan lebih fokus dan detail dalam menjelaskan makalah ini dengan sumber-sumber yang lebih banyak yang akan tertuang pada isi pembahasan dapat dipertanggung jawabkan.

Pada pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kesalahan-kesalahan. Maka dari itu, penulis mengharapkan para pembaca bisa menyampaikan kritik dan sarannya terkait hasil penulisan makalah ini.

Saran Dalam Makalah Lembaga Pendidikan

a. Kepala Sekolah

Kepala sekolah (nama lembaga) hendaknya selalu memberikan semangat dan dukungan kepada guru-guru dan peserta didik. Serta dapat terlibat langsung dalam proses penanaman nilai karakter kejujuran pada anak usia dini karena merupakan pondasi utama bagi Negara.

b. Guru

Sebagai Guru PAUD dapat mengajarkan perkataan atau akhlak yang baik pada peserta didik sesuai dengan ajaran islam yang diterapkan.

c. Bagi Peneliti

Hasil penelitian ini diharapkan dapat di kembangkan oleh peneliti yang lainnya untuk mengembangkan peneliti dengan metode atau kegiatan permainan yang lain yang berbeda pada penanaman nilai karakter pada anak PAUD.

Saran dalam Makalah Kelompok

Penyusun menyadari bahwa masih banyak kelemahan, kekurangan dan kekhilafan dalam penyusunan makalah ini. Maka dari itu, penyusun sangat mengharapkan usul dan saran dari para pembaca demi tersajnya makalah yang lebih baik diedisi berikutnya.

Saran dari kami, agar para pembaca bisa mengambil pelajaran dari membantu sesama manusia agar bisa menerapkan dalam kehidupakan sehari-hari. Dengan rasa iklas, semata-mata lahir batin karena Allah SWT dan bisa menerapkan dalam menjaga aib seseorang.

Contoh Saran Penutup Makalah

Setelah penulis menyusun makalah ini tentang pentingnya alat perlindungan diri (APD) dalam bekerja di laboratorium, penulis memberi saran kepada semua anggota pihak yang bekerja di laboratorium harus menggunakan APD.

Tidak hanya itu, dikarenakan berbagai alat mudah rusak dan pecah, sebaiknya untuk terus berhati-hati dalam bekerja di ruangan laboratorium.

Baca Juga:

Fitur Baru Instagram Notes dari Stories & Cara Menggunakannya

2 Cara Daftar UMKM Online (UMK & Non UMK) + Syaratnya!!

Originally posted 2022-12-16 13:35:45.