Contoh Karangan Narasi Berbagai Topik Paling Lengkap 2023

Saat ini mungkin kalian sedang memiliki tugas di sekolah untuk membuat semacam karya karangan narasi, bukan? jika benar, kalian tidak salah telah mengunjungi website kami yang memiliki banyak contoh karangan narasi.

Karangan narasi yang diperoleh di Internet memang banyak diburu pelajar hampir di setiap tahunnya dan membantu mereka dari tugas-tugas seperti Bahasa Indonesia. Namun memang sebaiknya pelajar membuat sendiri karangan tersebut.

Namun tidak ada salahnya jika para pelajar ingin mendapatkan referensi untuk menemukan karangan yang baik. Dengan mengunjungi artikel ini, kalian bisa mendapatkan beragam contoh karangan narasi apapun dan berikut adalah ulasannya.

Jenis Karangan Narasi Pendek dan yang Sering Digunakan Dalam Cerita

Jenis-Karangan-Narasi-Pendek-dan-yang-Sering-Digunakan-Dalam-Cerita

Karangan narasi dibuat tidak hanya sekedar menceritakan seseorang atau kelompok tertentu, tetapi bisa sebagai mengeksplorasi budaya dan nilai sosial pada komunitas tertentu. Memang tujuan dibuatnya karangan narasi bisa sebagai hiburan bagi pembacanya.

Sebelum kalian melihat beberapa contoh karangan narasi, perlu mengetahui jenis-jenisnya yang kami bagikan menjadi beberapa bagian. Ada dua jenis karangan narasi yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Narasi Ekspositorik

Narasi Eksposisi atau Ekspositorik adalah narasi yang mempunyai sasaran penyampaian informasi secara tepat terkait suatu peristiwa yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih luas tentang kisah seseorang.

Adapun ciri-ciri dari narasi eksposisi yang bisa kalian ketahui pada pembahasan ini diantaranya sebagai berikut;

  1. Informasi atau pengetahuan yang disampaikan secara jelas, singkat, lugas dan padat berbahasa sesuai ejaan (baku)
  2. Informasi yang berisi beberapa unsur seperti apa, di mana, siapa, mengapa dan kapan
  3. Berdasarkan kondisi yang sesungguhnya (faktual)

Nantinya kalian akan melihat beberapa contoh karangan eksposisi yang bisa dibedakan setelah membaca tentang jenis-jenis karangan naratif.

Narasi Sugestif

Narasi sugestif adalah narasi yang memberikan maksud yang terselubung pada rangkaian kisah atau peristiwa kepada pendengar atau pembacanya.

Jadi apa yang kita baca pada narasi sugestif memberikan dorongan kepada pembaca agar tampak seperti melihat kejadian tersebut.

Struktur Karangan Narasi yang Menjadi Elemen Pada Suatu Cerita

Struktur-Karangan-Narasi-yang-Menjadi-Elemen-Pada-Suatu-Cerita

Mungkin ada yang menganggap bahwa struktur karangan naratsi memiliki 4 struktur. Namun ternyata ada 5 struktur pada karangan narasi yang perlu kalian ketahui dan berikut adalah penjelasannya di bawah ini.

Orientasi

Pada struktur yang pertama, penulis akan mengenalkan karakter kepada pembaca tentang karakter tersebut seperti apa mulai dari personalitas dan bahkan ciri-ciri fisiknya.

Komplikasi

Struktur ini menjelaskan dimana penulis menceritakan masalah dan sesuatu yang terjadi tetapi tidak diinginkan karakter tersebut dalam suatu cerita.

Evaluasi

Struktur ini menjelaskan dimana penulis memberikan komentar tentang kejadian dan dengan cara ini penulis memberikan signifikansi terhadap kejadian tersebut. Penulis juga berusaha menyadarkan pembaca tentang apa yang terjadi pada karakter di suatu cerita.

Resolusi

Pada struktur resolusi dijelaskan bahwa penulis menggambarkan penyelesaian terhadap masalah-masalah yang muncul dalam cerita.

Coda

Terakhir, struktur ini menjelaskan bahwa penulis mengakhiri cerita dengan sedikit komentar terhadap apa yang terjadi atau komentar terhadap kehidupan karakter selanjutnya.

Sebenarnya struktur ini hanya muncul kadang-kadang dalam karangan narasi karena banyak penulis yang membiarkan pembaca menyelesaikan ceritanya.

Ciri-ciri Karangan Narasi yang Ada Pada Suatu Cerita Pendek dan Panjang

Setelah mengetahui jenis dan struktur pada karangan narasi, ada beberapa ciri-ciri khusus pada sebuah karangan narasi. Berikut ini adalah 5 ciri-ciri karangan narasi yang dijelaskan di bawah ini.

  • Suatu cerita yang memiliki karakter, latar, waktu, masalah, mencoba untuk memecahkan masalah dan memberikan solusi dari masalah tersebut
  • Seringkali ditulis berdasarkan imajinasi atau rekaan yang didasari oleh pengalaman pribadi sang penulis, pengamatan atau wawancara
  • Himpunan suatu peristiwa yang tersusun berdasarkan urutan kejadian atau waktu
  • Ada beberapa tokoh yang terlibat dalam suatu peristiwa yang diceritakan
  • Tulisan bisa berdasarkan fakta maupun imajinasi tetapi tetap terkesan sangat kuat.

Langkah-langkah Dalam Penulisan Karangan Narasi Yang Baik dan Benar

Menulis suatu karangan narasi tentunya tidak asal-asalan, kalian harus melihat beberapa langkah-langkah agar karangan tersebut tampak seperti seharusnya. Berikut ada langkah-langkah bagaimana cara menulis karangan narasi di bawah ini.

  1. Tentukan tema dan tetap mengusahakan agar tetap mengandung suatu amanat yang dapat disampaikan kepada pembaca
  2. Tentukan target atau sasaran pembaca karangan yang dibuat
  3. Buat rencana alur acara utama
  4. Tempatkan peristiwa di bagian awal, tengah, hingga akhir karangan tersebut dibuat
  5. Buatlah rincian peristiwa dan jelaskan detail-detail tersebut sebagai pendukung cerita
  6. Buat skema tiap karakter, latar belakang dan sudut pandang
  7. Paham dan mengerti penempatan tanda baca yang baik dan benar.

Semua poin diatas tentu sangat penting bagi kalian yang ingin menulis karangan narasi dengan sangat baik. Jadi kalian tidak perlu lagi mencari hingga mengambil contoh karangan narasi di Internet.

Namun tidak masalah jika kalian hanya sekedar melihatnya dan dijadikan sebagai referensi untuk melihat penyusunan karangan tersebut. Buatlah karangan narasi yang sangat kreatif dan menghibur banyak pembaca.

Contoh Karangan Narasi Pendek dan Panjang Dengan Berbagai Tema Apapun

Contoh-Karangan-Narasi-Pendek-dan-Panjang-Dengan-Berbagai-Tema-Apapun

Sesuai dengan judul diatas, karangan narasi bisa dibagi menjadi dua yaitu karangan narasi pendek dan panjang. Setelah kalian menentukan salah satunya, kalian bisa memiliih tema seperti contoh karangan narasi tentang liburan, lingkungan, pendidikan atau lainnya.

Biasanya guru memberi tugas dengan judul buatlah karangan narasi dengan jenis dan tema yang telah ditentukan. Jangan khwatir tentang hal tersebut, kalian bisa melihat beberapa contoh yang telah kami sediakan secara lengkap.

Dengan begitu kalian tidak akan bingung untuk mendapatkan rekomendasi terbaik tentang karangan narasi yang telah desacanggu.id kutip dari berbagai sumber. Berikut ini admin desacanggu.id akan memberikan beragam karangan narasi yang mengangkat berbagai tema di bawah ini

Contoh Karangan Eksposisi

Uang Kartal dan Uang Giral

Pada masa kini, uang menjadi alat tukar atau alat jual beli yang digunakan oleh manusia dan setiap negara memiliki mata uang untuk melakukan transaksi yang berbeda-beda. Uang mempunyai dua jenis yaitu uang giral dan uang kartal.

Pada uang kartal adalah uang yang digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari (uang kertas dan logam). Sedangkan uang giral digunakan untuk melakukan transaksi besar dan biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan.

Uang giral bersifat jangka panjang yang meliputi beberapa jenis seperti surat-surat berharga, kartu kredit, cek, buku tabungan, saham dan lainnya.

Contoh Karangan Narasi Tentang Liburan

Berkunjung ke Rumah Saudara

Hari Kamis kemarin aku bersama keluarga pergi ke Jogja untuk berkunjung ke rumah saudara. Rencana awalnya pemberangkatan dari kota Jakarta naik bus dan berhenti di terminal.

Kemudian naik angkot menuju kerumah saudara yang lokasinya di pinggiran kota. Tapi, rencana ini terpaksa tertunda karena supir angkot sedang mogok beroperasi. Akhirnya, kami terpaksa memakai alat transportasi lain.

Contoh Karangan Narasi Tentang Lingkungan

Sampah dan Lingkungan Hidup

Salah satu masalah pentingkan akan kesehatan lingkungan adalah masalah air bersih, persampahan dan sanitasi. Kebutuhan air bersih, pengelolaan sampah yang baik dilakukan oleh masyarakat serta pembuangan air.

Limbah yang langsung dialirkan ke sungai atau saluran dapat menyebabkan pendangkalan pada saluran atau sungai tersumbatnya saluran atau sungai karena sampah.

Pada saat musim penghujan, biasanya terjadi banjir dan menimbulkan berbagai penyakit. masalah air bersih merupakan hal yang paling fatal bagi kehidupan kita dimana setiap hari kita memerlukan air bersih untuk minum, masak, mencuci dan sebagainya.

Dengan air bersih, pastinya kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Hidup bersih dan sehat dapat diartikan sebagai hidup di lingkungan yang memiliki standar kebersihan dan kesehatan serta pola hidup yang baik dan sehat.

Lingkungan yang sehat akan memberikan efek yang baik bagi kualitas kesehatan. Kesehatan dapat menjadi baik apabila seseorang hidup di lingkungan yang baik dan sehat. Sebaliknya, kesehatan seseorang akan menjadi buruk apabila tempat tinggalnya kurang baik.

Dalam penerapan hidup sehat dan bersih bisa diawali dengan mewujudkan lingkungan yang sehat. Adapun ciri-ciri lingkungan yang sehat yaitu memiliki tempat tinggal atau rumah yang lingkungan sekitarnya bersih dan sehat.

Contoh Karangan Deskripsi

Makna Warna Pada Tubuh Ikan

Ikan menggunakan warna-warna yang ada di tubuh-nya sebagai alat komunikasi. Salah satunya untuk memperingatkan pemangsa, seperti banyak ikan predator agar tidak mendekatinya karena ia beracun.

Bentuk ini dapat kita lihat pada ikan buntal tanduk yang berwarna cukup mencolok dengan pola dan bintik-bintik biru, merah dan kuning. Cara yang hampir sama digunakan oleh ikan gobi bermata ket.am dan ikan kambing.

Ikan gobi memiliki tanda mata ganda pada siripnya. Saat diserang, ikan tersebut akan memperlihatkan “mata” untuk menakut-nakuti penyerangnya sampai pergi menjauh.

Sementara ikan kambing mempunyai warna sangat menyala. Warna tersebut sebagai cara untuk menakut-nakuti pesaing yang berada dalam wilayah yang dijaganya.

Selain memberikan peringatan, warna tersebut juga digunakan untuk menarik perhatian pasangan nya. Ketika menunjukkan warna khasnya yang indah, ikan tersebut akan langsung tertarik dan menghampirinya.

Contoh Karangan Argumentasi

Manfaat Internet

Internet adalah teknologi paling canggih yang pernah diciptakan untuk memudahkan manusi untuk mendapatkan berbagai informasi tidak terbatas dan cepat. Sayangnya, manfaat-manfaat yang disediakan juga belum dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Beberapa bagian dari penduduk Indonesia yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan dan memetik manfaat yang ada di Internet.

Kini, Internet dapat digunakan untuk sarana bisnis. Luasnya jangkauan yang didapatkan menjadikan internet sebagai sarana promosi produk yang paling ampuh. Tidak hanya untuk dijadikan sebagai bisnis, internet juga dijadikan sebagai saran informasi yang sangat ampuh.

Internet bisa menghubungkan setiap orang dari berbagai belahan dunia manapun sehingga kita dapat bertukar informasi dengan setiap penggunanya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari internet. Maka dari itu gunakan internet sebaik mungkin agar  kita bisa mendapatkan manfaat dan terhindar dari pengaruh buruk yang terdapat pada internet.

Contoh Karangan Persuasi

Menjaga Persatuan

Saudara tanah airku tercinta, sebagai Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia kita harus menjaga semangat persatuan sesama bangsa. Sebagai generasi muda, kita jangan mudah terpengaruh oleh berbagai pihak manapun yang justru ingin memecah belah bangsa.

Apalagi kita sudah terpecah, maka pihak lain (asing) akan masuk dengan mudah dan mengambil alih bangsa kita. Maka dari itu, marilah seluruh rakyat Indonesia kita bangun kembali semangat persatuan yang sempat hilang dari dalam diri kita.

Jangan pernah ada lagi perselisihan antar agama, dan suku bangsa, karena sesungguhnya kita adalah satu yaitu Bangsa Indonesia.

Baca Juga:

Originally posted 2022-12-17 09:04:35.