Contoh Manfaat Penelitian Proposal, Skripsi, Makalah, Karya Ilmiah

Berbagai karya tulis ilmiah seperti tesis, skripsi, dan sebagainya, harus disusun secara sistematis dan terstruktur. Ini berarti seluruh bab serta sub bab di dalamnya harus ditulis dengan rapi. Itulah sebabnya sangat penting untuk mempelajari contoh manfaat penelitian dan cara menuliskannya.

Manfaat penelitian merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan wajib ada dalam setiap penelitian. Alasannya tentu saja karena penelitian yang dikerjakan pasti mempunyai manfaat, baik untuk penulisnya maupun untuk pembacanya.

Agar bisa memberikan manfaat, penelitian wajib dilakukan sebaik mungkin. Kemudian karya tulis penelitian perlu mencantumkan apa saja manfaat dilakukannya penelitian tersebut.

Apa Sebenarnya Manfaat Penelitian Itu

Apa-Sebenarnya-Manfaat-Penelitian-Itu

Manfaat penelitian adalah suatu kontribusi penelitian yang dilakukan bagi masyarakat atau budaya tertentu dan bagi bidang keilmuan yang sedang dipelajari. Harapan manfaat penelitian adalah penelitian tersebut bisa memberikan dampak positif tentang masalah yang diteliti.

Singkatnya, manfaat penelitian adalah suatu hal yang akan dirasakan oleh pembaca dan peneliti dan berhubungan dengan sesuatu yang ditemukan dalam proses penelitian. Penulisan manfaat ini biasanya singkat saja dan tidak melebihi 3 paragraf, tapi panjangnya bisa juga bergantung pada setiap penulis.

Syarat lain penulisan manfaat penelitian adalah panjangnya tidak melebihi panjang paragraf pendahuluan yang ditulis dalam karya ilmiah yang sama. Ada berapa jenis manfaat penelitian?

Beberapa Jenis Manfaat Penelitian

Beberapa-Jenis-Manfaat-Penelitian

Sebelum mempelajari contoh manfaat penelitian, penting untuk mengetahui beberapa jenis manfaat penelitian. Ada tiga jenis manfaat penelitian yang wajib dipahami terlebih dahulu. Ketiga jenis tersebut adalah manfaat praktis, manfaat akademis, serta manfaat teoritis.

1. Manfaat Praktis

Merupakan manfaat dilakukannya penelitian yang menunjukkan bahwa proses penelitian berhasil memecahkan suatu masalah secara praktikal. Manfaat praktis juga bisa berupa alternatif solusi untuk permasalahan yang diteliti.

Penelitian yang dilakukan juga akan membawa manfaat bagi penulis itu sendiri. Misalnya, penulis bisa menoleransi hambatan yang muncul pada penelitian serta di kehidupan sehari-hari. Penulis juga bisa mendapatkan manfaat lainnya, seperti memahami proses memperoleh pengetahuan.

2. Manfaat Akademis

Penelitian yang dilakukan mempunyai manfaat yang erat kaitannya dengan dunia akademis. Hal ini karena penelitian akan menjadi referensi untuk bahan penulisan orang lain. Pembaca yang akan menggunakan penelitian sebagai referensi bisa berasal dari berbagai kalangan.

Pelajar dan mahasiswa biasanya merupakan kalangan yang paling banyak mendapatkan manfaat akademis dari penelitian. Tapi beberapa kalangan lainnya, seperti masyarakat umum, guru, dan dosen juga bisa menggunakan karya tulis tersebut sebagai sumber referensi.

3. Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis hadir dari penelitian yang tujuannya verifikatif atau memverifikasi suatu teori yang sebelumnya sudah ada. Hasil dari penelitian yang baru adalah memperkuat atau bahkan menggugurkan teori yang digunakan sebagai patokan atau acuan.

Peneliti yang melakukan penelitian dengan tujuan memperoleh manfaat teoritis biasanya memilih manfaat ini karena kurang puas atau ragu terhadap suatu teori. Sehingga dilaksanakanlah penelitian agar bisa membuktikan benar tidaknya suatu teori tersebut.

Berbagai Fungsi Menuliskan Manfaat Penelitian

Berbagai-Fungsi-Menuliskan-Manfaat-Penelitian

Penelitian mempunyai fungsi yang sangat penting, bukan hanya bagi peneliti itu sendiri. Peranannya bagi perguruan tinggi juga sangat besar. Misalnya, penelitian yang tertuang dalam skripsi mempunyai fungsi untuk menekankan dan menjelaskan potensi yang diperoleh dari penelitian.

Penelitian yang tertuang dalam skripsi mempunyai beberapa fungsi utama, misalnya menginspirasi penelitian lain. Penelitian yang berikutnya bisa menggunakan topik yang mirip dengan cara mencari celah suatu penelitian yang sebelumnya.

Atau, komponen dari penelitian yang sudah dilakukan bisa digunakan untuk melakukan penelitian lagi. Komponen yang dimaksud bisa berupa kasus, variabel penelitian, metode penelitian, atau yang lainnya. Penelitian juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan pemerintah.

Contoh Manfaat Penelitian Lengkap

Contoh-Manfaat-Penelitian-Lengkap

Setiap jenis karya tulis diharapkan mencantumkan manfaat penelitian. Tentu saja, manfaat penelitian yang dicantumkan berbeda-beda, tergantung pada jenis penelitian yang dilakukan atau jenis karya tulis yang sedang dibuat. Beberapa contoh yang bisa dipelajari antara lain:

1. Karya Ilmiah

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari penelitian ini, baik secara teoritis, maupun secara praktis. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

· Manfaat Praktis

Mampu memberikan pemikiran bagi berbagai pihak di lingkungan sekolah dalam melakukan perbaikan proses pembelajaran. Diharapkan hasil belajar siswa bisa meningkat dan kerja sama di lingkungan sekolah bisa terjalin.

Memperluas wawasan para guru mengenai strategi pembelajaran matematika sehingga mempermudah para guru dalam melakukan diagnosis kesulitan belajar para siswa. Dengan demikian, pembelajaran matematika akan menjadi lebih menyenangkan dan aktif.

Menimbulkan perasaan senang bagi para siswa melalui dilakukannya permainan yang bisa meningkatkan peran aktif para siswa sepanjang proses belajar. Siswa diharapkan berani menyampaikan pendapat serta mampu menyelesaikan masalah.

· Manfaat Teoritis

Penelitian ini juga mempunyai manfaat teoritis, yaitu menyediakan landasan untuk para peneliti lain saat melakukan penelitian lanjutan dengan jenis yang sama. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan peneliti lain dalam memecahkan masalah.

2. Contoh Manfaat Penelitian untuk Skripsi

Penulis berharap penelitian ini bisa memberikan sumbangan pemikiran untuk berbagai pihak. Harapan penulis dari dilakukannya penelitian ini adalah agar mendapatkan manfaat sebagai berikut:

· Manfaat Teoritis

Hasil dari pelaksanaan penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan perbendaharaan ilmu, terutama dalam proses belajar mengajar Bahasa Indonesia. Tujuan utama penelitian adalah anak-anak tuna grahita dengan kategori sedang.

· Manfaat Praktis

Siswa diharapkan mengalami peningkatan keberanian dalam berbicara seiring dengan penggunaan metode yang paling sesuai. Selain itu, siswa juga diharapkan tidak lagi merasa canggung saat berbicara di depan kelas dan bisa lebih aktif dalam berbagai mata pelajaran.

Bagi para guru, penelitian ini diharapkan bisa meningkatkan wawasan sehingga guru bisa menyampaikan materi dengan lebih baik selama proses pembelajaran. Guru juga diharapkan mampu membuat suasana kelas menjadi jauh lebih hidup dengan menggunakan metode terbaik.

3. Manfaat Penelitian Makalah

Penelitian yang telah dilakukan diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi peneliti selanjutnya, perusahaan, serta peneliti. Peneliti mengharapkan beberapa manfaat berikut ini:

· Bagi Wirausahawan

Penelitian bisa menyediakan gambaran jelas mengenai bauran pemasaran masing-masing produk sehingga setiap wirausahawan bisa meningkatkan penjualan setiap produk.

· Bagi Peneliti

Peneliti berharap penelitian mampu menjadi sarana pembelajaran atau skripsi yang lebih berkualitas. Sehingga nantinya hasil dari penelitian bisa meluluskan peneliti dan membantu peneliti memperoleh nilai yang memuaskan.

·  Bagi peneliti lainnya

Penelitian ini diharapkan bisa menjadi karya referensi yang bisa digunakan oleh para peneliti selanjutnya. Selain itu, peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian ini agar menjadi jauh lebih sempurna.

4. Contoh Manfaat Penelitian untuk Proposal Penelitian

Penelitian ini akan memberikan manfaat bagi peneliti, masyarakat, dan juga pemerintah. Beberapa manfaat yang dihasilkan oleh penelitian ini antara lain:

· Bagi Peneliti

Memotivasi peneliti untuk membantu berbagai pihak yang terkait agar bisa memenuhi gizi yang lebih seimbang dan mengadopsi jalan hidup yang lebih sehat.

· Bagi Masyarakat

Penelitian ini diharapkan bisa menyediakan informasi tentang tingkat kesadaran masyarakat di wilayah tertentu terhadap pentingnya memenuhi gizi yang lebih seimbang.

Dengan penelitian ini, masyarakat juga diharapkan bisa lebih sadar terhadap pentingnya gizi yang seimbang terhadap pertumbuhan anak.

· Bagi Pemerintah

Menyediakan informasi kepada pemerintah tentang kesadaran masyarakat di wilayah tertentu tentang memenuhi gizi yang lebih seimbang.

Sehingga pemerintah bisa mengambil langkah tepat dalam mengatasi rendahnya kesadaran masyarakat terhadap gizi yang seimbang.

5. Manfaat Penelitian dalam Penulisan Esai

Selain penulisan manfaat penelitian dalam penulisan artikel ilmiah, manfaat penelitian juga harus dicantumkan dalam penulisan esai. Contoh penulisan manfaat penelitian dalam pembuatan esai adalah:

Manfaat penelitian ini berhubungan dengan penerapan kebijakan LIA yang bisa digunakan sebagai dasar atau landasan dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas berbahasa asing masyarakat Indonesia di wilayah tertentu.

Sehingga nantinya masyarakat mampu dan berani bersaing di pasar global. Dalam jangka panjang, manfaat penelitian yang diharapkan adalah mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera dibandingkan dengan masyarakat yang ada saat ini.

Manfaat Penelitian untuk Berbagai Pihak

Manfaat-Penelitian-untuk-Berbagai-Pihak

Makalah, skripsi, dan berbagai macam karya tulis lainnya seringkali menampilkan manfaat penelitian. Sebelum membuat karya tulis dan mencantumkan manfaat penelitian di dalamnya, pastikan untuk mencari tahu apa saja manfaat penelitian bagi berbagai pihak yang berhubungan dengan penelitian.

Ada setidaknya tiga pihak yang bisa memperoleh manfaat dari dilakukannya suatu penelitian. Dari beberapa contoh manfaat penelitian di atas, tiga pihak yang bisa mendapatkan manfaat dari suatu penelitian antara lain:

1. Peneliti

Penulis yang melakukan penelitian adalah pihak utama yang akan merasakan langsung manfaat dari suatu penelitian. Peneliti akan mengidentifikasi terjadinya suatu masalah di suatu wilayah. Tujuannya adalah agar peneliti bisa menunjukkan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, peneliti juga ingin menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat serta bisa mendapatkan pengalaman untuk diri sendiri.

2. Mahasiswa

Mahasiswa sering memperoleh manfaat dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Penelitian sendiri merupakan suatu cara yang digunakan untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dengan tujuan membuktikan suatu teori.

Mahasiswa juga bisa memperoleh manfaat akademis dari suatu penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang lainnya. Karya tulis yang dihasilkan oleh peneliti akan menjadi suatu patokan atau acuan bagi mahasiswa dalam membuat karya tulisnya sendiri.

3. Masyarakat

Penelitian yang dilakukan harus mempunyai manfaat yang besar bagi masyarakat. Peneliti harus mampu melakukan analisis gejala sosial dalam masyarakat sehingga bisa mengambil suatu kesimpulan. Atau, peneliti harus bisa membuat suatu penelitian yang berguna bagi masyarakat.

Harapannya, masyarakat tidak hanya mempelajari sesuatu yang baru. Suatu penelitian diharapkan bisa mengubah perilaku atau pola hidup masyarakat sesuai dengan hasil dari suatu penelitian. Sehingga kedepannya, kehidupan masyarakat akan menjadi jauh lebih baik dari yang diharapkan.

Selain tiga pihak tersebut, penelitian juga seharusnya bisa memberikan manfaat bagi pihak lainnya. Beberapa pihak lain yang diharapkan bisa mendapat manfaat dari suatu penelitian antara lain para pengajar, pemerintah, dan para peneliti lanjutan.

Pentingnya Manfaat Penelitian

Pentingnya-Manfaat-Penelitian

Manfaat penelitian mempunyai peranan yang sangat besar. Jika penelitian dilakukan dengan tepat, maka hasilnya bisa membuktikan kebenaran suatu teori, mempengaruhi kehidupan masyarakat, dan membantu para pelajar dan mahasiswa secara akademis.

Dalam berbagai karya tulis, manfaat penelitian harus ditulis dengan benar sesuai dengan harapan penulis. Pelajari beberapa contoh manfaat penelitian yang ada di halaman ini dan pastikan untuk melakukan penelitian dengan dampak positif yang bisa mempengaruhi seluruh pihak yang terkait.

Baca juga :

Originally posted 2023-01-07 21:48:37.