1 Liter Berapa M3/Detik, Rumus dan Penjelasan Lengkap

Kata liter sudah sangat familiar dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara. Saat membeli berbagai kebutuhan seperti minyak, beras, dan sebagainya, kata liter adalah yang paling umum digunakan. Sedangkan kata m3 jarang terdengar. Maka, 1 liter berapa m3?

Ada banyak sekali unit yang digunakan untuk mengukur volume. Beberapa diantaranya adalah liter dan meter kubik. Singkatan untuk kedua unit pengukur volume tersebut adalah L atau l dan m3 atau m3. Bagi yang ingin mengetahui cara mengkonversi liter menjadi meter kubik, cari tahu di bawah sini.

Konsep Volume yang Digunakan Sehari-Hari

Konsep-Volume-yang-Digunakan-Sehari-Hari

Sebelum mencari tahu 1 m3 ada berapa liter, pahami dulu konsep yang digunakan dalam pengukuran volume. Istilah volume merupakan salah satu istilah yang banyak digunakan dalam kehidupan manusia. Volume sendiri merupakan kapasitas benda yang bisa dimasukkan ke dalam sebuah objek.

Benda yang akan dimasukkan ke dalam suatu objek bisa bervariasi, misalnya zat gas, zat cair, atau zat padat. Jumlah benda yang bisa masuk ke dalam sebuah objek itu akan dihitung dan disebut dengan istilah volume. Contohnya adalah jumlah air yang bisa masuk ke dalam bak mandi sebuah rumah.

Untuk mengetahui jumlahnya, maka diperlukan perhitungan volume air. Jumlah air tidak bisa dihitung dengan menggunakan jari. Maka perlu digunakan rumus untuk mengetahui jumlah air yang masuk ke dalam bak mandi dan untuk mengetahui 1 liter berapa m3.

Rumus yang Dipakai untuk Menghitung Volume

Rumus-yang-Dipakai-untuk-Menghitung-Volume

Volume benda yang masuk ke dalam suatu objek perlu dihitung dengan rumus yang sebenarnya sangat sederhana. Rumusnya adalah panjang dikalikan lebar dan dikalikan tinggi. Jika objek yang akan menjadi wadah mempunyai bentuk yang berbeda, rumus turunan pun perlu digunakan.

Tapi dasar rumus yang digunakan untuk mencari volume suatu benda adalah luas alas objek tersebut dikalikan dengan tinggi objek. Perhitungan volume ini sangat penting karena banyak sekali penerapannya dalam kehidupan manusia.

Misalnya, jika Anda ingin membangun tandon air yang bisa menampung 100 meter kubik air, hitung berapa ukuran tandon yang tepat. Gunakan rumus yang tepat sehingga nantinya tandon air yang dibangun bisa sesuai dengan kapasitas yang diinginkan, tidak lebih dan tentunya tidak kurang.

Definisi Liter dan Meter Kubik

Definisi-Liter-dan-Meter-Kubik

Agar lebih memahami konversi dari liter menjadi meter kubik, pertama-tama pahami dulu definisi dari kedua satuan pengukur volume tersebut. Setiap satuan unit pengukur untuk volume mempunyai pengertian yang berbeda. Berikut ini definisi liter serta meter kubik untuk dipahami.

1.     Liter

Merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur volume dan tidak termasuk salah satu satuan unit SI. Unit SI yang digunakan dalam pengukuran volume adalah meter kubik. Pemakaian satuan liter adalah untuk menunjukkan isi dari sebuah objek atau bangun.

Misalnya, liter digunakan untuk mencari tahu jumlah air yang ada di akuarium dengan bentuk tabung. Artinya, liter bisa menyatakan isi objek atau bangun, yaitu air yang memenuhi objek berbentuk tabung tersebut.

Liter biasanya dilambangkan dengan huruf L besar atau huruf l kecil. Huruf ℓ juga kadang digunakan tapi BIPM atau Biro Internasional untuk Ukuran serta Timbangan tidak menerima penggunaan simbol tersebut untuk mewakili liter.

2.     Meter kubik

Mengetahui definisi meter kubik juga sangat penting, terutama sebelum mempelajari 1 liter berapa m3. Meter kubik merupakan satuan metrik volume dan seringkali dipakai dalam penentuan konsentrasi kimia yang ada di volume udara. Satu meter kubik sama dengan 1,3 kubik yard atau 35,3 kaki kubik.

Satuan ini mempunyai simbol SI m3 dan merupakan satuan turunan yang digunakan dalam pengukuran volume. Satuan pengukuran volume yang satu ini mempunyai alternatif nama lain yaitu kiloliter. Satu meter kubik sama dengan kurang lebih 264,17 galon atau 6,29 barel minyak.

Lalu bagaimana caranya melakukan konversi 1 liter menjadi meter kubik atau sebaliknya? Pelajari caranya melakukan konversi setelah memperhatikan tabel liter dan keterangan lainnya di bawah ini. Lalu coba buat tabel konversi sendiri untuk mempermudah perhitungan volume.

Tabel Liter untuk Konversi dalam Satuan Liter

Tabel-Liter-untuk-Konversi-dalam-Satuan-Liter

Seperti yang sempat disinggung sedikit di atas, nama lain untuk meter kubik adalah kiloliter. Apa hubungannya kiloliter dengan liter? Dimanakah letak satuan kiloliter dan liter? Dengan mencari tahu letak keduanya di tangga liter, proses konversi satuan akan menjadi lebih mudah dipahami.

Seperti halnya kilometer hingga centimeter, tangga liter juga mempunyai tujuh tingkatan. Tingkatan tertinggi adalah kiloliter sedangkan tingkatan terendah adalah mililiter. Liter terletak di bagian paling tengah. Perhatikan tabel liter ini serta penjelasan yang ada di bawahnya.

Satuan Pengukuran Volume Keterangan
kl Kiloliter
hl Hektoliter
dal Dekaliter
l Liter
dl Desiliter
cl Centiliter
ml Mililiter

Tabel konversi satuan liter ini akan membantu mempermudah proses perhitungan konversi dari satu satuan unit ke satuan unit yang lainnya. Setiap kali menuruni satu anak tangga, nilai volume akan dikalikan 10. Sebaliknya, saat menaiki satu anak tangga, nilai tersebut akan dibagi 10.

Satu liter sendiri merupakan hasil perkalian yaitu 10cm x 10 cm x 10cm. Sedangkan 1 meter kubik diperoleh dari 100cm x 100cm x 100cm. Sebelum melakukan konversi 1 liter berapa m3, perhatikan juga tabel meter kubik yang ada di bawah ini.

Tabel Meter Kubik untuk Konversi Volume

Tabel-Meter-Kubik-untuk-Konversi-Volume

Banyak yang ingin mengetahui jawaban singkat untuk 1 liter sama dengan berapa m3 tanpa ingin memahami meter kubik terlebih dahulu. Seperti halnya liter dan satuan pengukuran lainnya, meter kubik juga mempunyai tabel dan tangga pengukuran yang wajib dipelajari sebelum mengkonversi satuan.

Tabel meter kubik tampak mirip dengan tabel meter biasa. Tapi tentu saja bukan hanya simbol yang digunakan yang tampak berbeda. Jumlah pengukurannya pun akan berbeda karena meter kubik jauh lebih besar daripada meter biasa. Perhatikan tabel meter kubik berikut sebelum mengkonversi liter.

Satuan Pengukuran Volume Keterangan
km3 Kilometer kubik
hm3 Hektometer kubik
dam3 Dekameter kubik
m3 Meter kubik
dm3 Desimeter kubik
cm3 Centimeter kubik
mm3 Milimeter kubik

Saat mengkonversikan meter kubik memakai tabel satuan volume di atas, maka setiap kali menuruni satu anak tangga, nilainya harus dikali 1.000. Dan setiap kali naik satu anak tangga, nilainya wajib dibagi 1.000. Dari data ini, maka bisa disimpulkan bahwa perhitungan liter dan meter kubik berbeda.

Turun satu anak tangga di tabel meter kubik sama nilainya dengan turun tiga anak tangga di tabel atau tangga liter. Naik tiga anak tangga di tabel liter akan sama nilainya dengan naik anak tangga di tabel atau tangga meter kubik. Jadi, satu liter akan sama dengan satu dm3 atau L=dm3.

Rumus dan Contoh Soal untuk 1 Liter Berapa m3

Rumus-dan-Contoh-Soal-untuk-1-Liter-Berapa-m3

Dari dua tabel yang telah disebutkan sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa 1 kl sama dengan 1 m3 sedangkan 1 liter sama dengan 1 dm3. Kemudian, tinggal ubah saja 1 dm3 menjadi meter kubik agar mendapat hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk mengubah dm3 menjadi meter kubik, nilainya harus dibagi 1.000. Hal ini berarti 1 dm3 dibagi 1.000 adalah 0,0001. Sehingga ini berarti 1 liter sama nilainya dengan 0,0001 meter kubik. Agar lebih jelas dalam mengkonversi liter menjadi meter kubik, coba pecahkan beberapa soal berikut ini.

1.     Soal Pertama

Di dalam suatu bak mandi, terdapat air sebanyak 3.500 liter. Lalu air di dalam bak mandi digunakan sebanyak 375.000cm3. Berapa meter kubik sisa air yang masih ada di dalam bak mandi tersebut?

  1. 3,4 m3
  2. 3,325 m3
  3. 3,125 m3
  4. 3 m3

Jawaban untuk soal pertama ini adalah C. Untuk menghitungnya, ubah semua satuan unit pengukuran menjadi meter kubik karena satuan inilah yang diminta oleh pertanyaan di atas.

Jadi 3.500 liter sama dengan 3,5 m3 dan 375.000 cm3 sama nilainya dengan 0,375 m3. Kemudian tinggal cari saja selisih keduanya, yaitu 3,5 dikurangi 0,375. Hasilnya adalah 3,125.

2.     Soal Kedua

Sebuah drum berisi minyak tanah sebanyak 1.000 liter. Hanya dalam beberapa jam saja, minyak di dalam drum sudah laku terjual sebanyak 250.000 cm3. Berapa m3 sisa minyak tanah yang masih ada di dalam drum tersebut?

  1. 4,25
  2. 3,25
  3. 1,25
  4. 0,75

Jawaban untuk soal 1 liter berapa m3 di atas adalah D. Seperti sebelumnya, ubah dulu volume minyak tanah awal dan minyak yang telah terjual menjadi meter kubik, kemudian cari selisih keduanya.

Seribu liter minyak sama dengan satu meter kubik. Dan 250.000 cm3 sama nilainya dengan 0,25 meter kubik. Setelah dua angka tersebut dikurangi, 1 dikurangi 0,25, hasilnya adalah 0,75.

3.     Soal Ketiga

Sebuah tangki truk mampu mengangkut air sebanyak 5 meter kubik. Berapa literkah jumlah air yang bisa diangkut oleh tangki truk tersebut?

  1. 500 liter
  2. 50 liter
  3. 000 liter
  4. 000 liter

Jawaban untuk soal 1 m3 itu berapa liter di atas adalah C, 5.000 liter. Cara paling mudah untuk mengkonversikan meter kubik menjadi liter adalah menambahkan tiga angka 0 pada angka yang ada. Jadi 5 meter kubik sama dengan 5.000 liter atau 5 kali 1.000 liter.

Cara lain untuk menemukan jawaban di atas adalah menghitungnya sesuai dengan tabel atau tangga pengukuran. Yaitu 5 meter kubik sama dengan 5.000 desimeter kubik. Desimeter kubik adalah satuan yang nilainya sama dengan liter. Sehingga 5.000 desimeter kubik sama dengan 5.000 liter.

4.     Soal Keempat

Sebuah wadah penyimpanan minyak menyimpan minyak goreng sebanyak 0,75 m3. Jika dikonversi menjadi liter, berapa volume minyak goreng yang ada di dalam wadah penyimpanan tersebut?

  1. 500 liter
  2. 750 liter
  3. 75 liter
  4. 7,5 liter

Ingat rumus kilat yang dibahas di soal ketiga tadi? Rumus tersebut akan susah diterapkan pada soal semacam ini. Pada soal yang satu ini, cara menghitung yang tepat adalah 0,75 dikalikan 1.000 liter. Sehingga hasilnya adalah 750 liter. Artinya, jawaban untuk soal ini adalah B.

Atau bisa juga dengan mengubah meter kubik menjadi desimeter kubik terlebih dahulu. Berarti 0,75 kali 1.000 yaitu 750 desimeter kubik. Nilai desimeter kubik sama dengan liter.

Saat mencari jawaban untuk 1 liter berapa m3, pahami dulu dua satuan pengukuran volume yang akan dikonversikan. Pahami apa itu liter dan meter kubik kemudian cermati tabel atau tangga liter dan meter kubik. Setelah itu, jawaban untuk berbagai soal pun bisa ditemukan dengan sangat mudah.

Baca Juga :

Originally posted 2023-01-14 16:41:02.