7 Cara Buat Sound of Text WA Suara BTS, Kartun, Pria, & Bahasa Daerah

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan singkat yang banyak digunakan, khususnya di Indonesia. Karena kepopulerannya, WhatsApp seperti menggantikan SMS sampai menghadirkan sound of text WA yang menjadi nada dering notifikasi.

Sound of Text sendiri adalah salah satu situs penyedia text to speech. Situs ini akan mengubah kalimat yang diketik menjadi seperti disuarakan langsung oleh manusia. Suara ini nantinya dapat diunduh, kemudian dijadikan ringtone untuk aplikasi WhatsApp.

Apa Itu Sound of Text WA?

Apa-Itu-Sound-of-Text-WA

Sound of text menjadi salah satu inovasi menarik hasil perkembangan teknologi. Cara ini terdengar unik karena diciptakan dari hasil kreasi para pengguna. Namun, seperti apa sebenarnya sound of text yang sedang viral itu?

1. Situs Sound of Text

Pada dasarnya, “sound of text” sendiri dapat diartikan sebagai fitur yang menjadi teks mengeluarkan suara sebagaimana tulisannya. Jadi, saat ini teks tidak cuma dapat dibaca melalui mata, melainkan didengarkan langsung melalui telinga.

Fitur ini sendiri paling sering diterapkan sebagai ringtone untuk aplikasi WhatsApp. Jadi, apabila pernah mendengar nada dengan kata-kata unik jika notifikasi WA seseorang masuk, itu bisa jadi dibuat dengan sound of text.

Sebagaimana penjelasan singkat sebelumnya, sound of text ini pernah menjadi tren. Bukan melalui WA, tapi disebarkan melalui media sosial TikTok. Fitur ini banyak digaungkan di platform berbasis video pendek tersebut.

Pada akhirnya, orang-orang tertarik untuk mencoba dan memamerkannya kembali melalui akun TikTok mereka. Karena sudah ramai di platform tersebut, maka pengguna WA yang memakai fitur ini pun semakin ramai lagi dibanding sebelumnya.

2. Kelebihan dan Kekurangan Situs

Fitur sound of text ini dapat dicoba dan dibuat langsung di banyak situs. Salah satu situs penyedia adalah dengan alamat www.soundoftext.com. Beberapa situs lain juga sering direkomendasikan, namun nama situs ini sudah terlebih dahulu populer daripada situs lain.

Untuk kelebihannya sendiri, soundoftext.com unggul dalam hal berikut.

  • Penggunaan gratis.
  • Iklan sedikit.
  • Ketersediaan bahasa hampir ada untuk setiap negara.
  • Penggunaan mudah dan cepat.

Sementara itu, kekurangan situs ini adalah sebagai berikut.

  • Pilihan suara cuma satu, yakni robot Google.
  • Panjang teks yang dapat diketik terbatas sebanyak 250 karakter untuk setiap konversi.
  • Pilihan bahasa daerah tidak ada.

Kekurangan ini adalah hal yang wajar. Ini dikarenakan situs soundoftext.com sendiri dapat diakses dengan gratis. Namun, penggunanya cukup banyak di seluruh belahan dunia.

3. Fitur Text to Speech

Secara umum, fitur text to speech tidak terbatas untuk tujuan membuat nada notifikasi di WhatsApp. Fitur ini sudah digunakan sejak lama pada bidang lain, contohnya untuk menyuarakan narasi di suatu video. Fitur ini akan memudahkan pembuat video dalam menceritakan film buatannya.

Jika sering menemukan pengguna Tiktok yang menggunakan fitur ini, tujuannya pun sama. Pengguna TikTok didominasi oleh orang yang ingin menarasikan penjelasan dalam video. Jadi, bila seorang pengguna kurang percaya diri dengan suaranya, solusinya adalah fitur text to speech.

Dengan demikian, pengguna cuma perlu mengetikkan narasi. Narasi tersebut kemudian langsung dikonversi menjadi suara dalam format mp3. Setelah itu, audio berupa narasi dimasukkan ke dalam video. Agar lebih sempurna, sempurnakan time setting agar narasi terdengar cocok.

Asal Mula Tren Sound of Text

Asal-Mula-Tren-Sound-of-Text

 

Bagaimana asal mula tren sound of text WA ini? Berbicara soal suara berisi kalimat yang dijadikan nada dering WhatsApp, tentu aplikasi ini sudah dilakukan sejak lama. Namun, bila berbicara soal tren, fenomena ini berhubungan dengan platform TikTok.

Maksudnya di sini adalah, fitur sound of text atau text to speech ini kerap digunakan pada konten video pendek di TikTok. Pemanfaatan fitur ini memang unik. Jadi, orang-orang berlomba mengikuti konsep ini, kemudian menerapkannya pula untuk aplikasi WhatsApp.

Semenjak tren text to speech ini, pengguna WhatsApp ikut menyalurkan kreativitasnya. Fitur ini kemudian kembali populer, pun situs-situs penyedia muncul satu per satu. Dengan opsi yang beragam, situs-situs muncul dan tersedia dalam berbagai bahasa pula.

Jadi, apabila sama sekali belum menceburkan diri ke dalam tren ini, saatnya untuk mencoba sekarang. Tidak hanya soundoftext.com, masih banyak lagi situs penyedia serupa yang menawarkan kelebihan menarik. Jadikan ringtone WA terdengar unik dan lucu!

Contoh Sound of Text WA yang Viral

Contoh-Sound-of-Text-WA-yang-Viral

 

Tidak hanya asal-asalan mencoba kalimat yang akan diucapkan mesin, ternyata tren text to speech ini juga sempat diisi dengan kalimat yang ikonik. Paling tidak, ada tiga teks yang viral saat itu. Apa saja kira-kira?

1. Chagiya Muncha Washo

Kalimat pertama berasal dari bahasa Korea. “Chagiya muncha washo” sendiri populer karena banyaknya penggemar Korean wave di Indonesia, seperti pecinta drama Korea atau idol Kpop. Kata-kata ini bermakna panggilan sayang atau mesra untuk suami atau istri.

Ingin coba membuatnya? Ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka peramban Mozilla atau Chrome, lalu masuk ke situs soundoftext.com.
  • Setelah itu, temukan kolom untuk menulis teks.
  • Ketik “chagiya muncha washo” di sana”.
  • Pilih salah satu jenis suara, yakni bahasa Korea.
  • Sesudahnya, klik Submit. Lalu tunggu situs mengkonversi teks menjadi suara.
  • Jika sudah selesai, unduh audio itu dan gunakan sebagai nada dering.

2. Nani Ohayo

Di samping dalam bahasa Korea, ada pula teks yang viral dalam bahasa Jepang. Kata-kata ini berbunyi “nani ohayo”. Memang tidak ada artinya secara khusus, namun para pengguna suka dengan intonasi perempuan Jepang yang lucu dan menggemaskan.

Untuk membuat nada deringnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka salah satu peramban atau browser, kemudian masuk ke laman soundoftext.com.
  • Sesudah itu, tulis “nani ohayo” pada kolom teks.
  • Pada opsi bahasa, pilih bahasa Jepang. Klik Submit agar text to speech diproses.
  • Sesudah itu, klik download untuk mengunduh audio.

3. Nada Dering Menyebut Nama

Di samping dua teks viral tersebut, ada pula sound of text WA yang berisi panggilan atau penyebutan nama. Jadi, pengguna dapat memasukkan nama sendiri diikuti kalimat pendek lain. Setelah itu, barulah konversi teks menjadi suara.

Beberapa contoh teks yang bisa dicoba adalah “Halo, Mbak Rani, ada WhatsApp masuk, jangan lupa dibaca.”. Kalimat lain juga dapat dikreasikan sekreatif mungkin. Dengan ini, maka notifikasi WhatsApp tidak lagi monoton atau membosankan seperti sebelumnya.

Situs untuk Membuat Sound of Text WA

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, membuat sound of text sendiri sangat gampang. Tersedia situs-situs penyedia dengan beragam opsi yang dapat membuat audio menjadi menarik. Namun, bila ingin mengetahui langkah-langkahnya, silakan simak tulisan berikut.

1. Sound of Text BTS (soundoftext.com)

Sound-of-Text-BTS-soundoftext-com

 

Situs pertama yang patut dicoba adalah soundoftext.com itu sendiri. Situs ini terkenal dengan penggunaannya yang mudah, pun kerap dipakai untuk membuat text to speech dengan suara member BTS, boyband dari Korea Selatan.

Tentu ini menjadi kabar menarik bagi para penggemar BTS. Bagi mereka yang sangat suka dengan grup idola satu ini, pasti sangat ingin mencoba membuat suara khas para anggotanya. Karena itu, soundoftext.com hadir dengan kecanggihan ini.

Tanpa berlama-lama lagi, ikuti langkah berikut untuk membuat sound of text dengan suara anggota BTS.

  • Pastikan jaringan internet stabil, kemudian buka salah satu peramban (Mozilla atau Chrome).
  • Masuk ke laman soundoftext.com, kemudian klik menu Voice.
  • Pilih bahasa, yaitu bahasa Korea.
  • Pada kolom yang sudah tersedia, ketik teks yang hendak dijadikan ringtone dengan suara anggota dari boyband BTS.
  • Jika sudah, klik tombol Submit. Dengarkan hasilnya dahulu dengan menekan tombol Play.
  • Bila sesuai dengan keinginan, maka langsung klik Download Sound.

2. Voice of Text (voiceoftext.com)

Voice-of-Text-voiceoftext-com

Berikutnya adalah situs penyedia sound of text WA bahasa Sunda dan Jawa dengan alamat www.voiceoftext.com. Situs ini populer dengan penyediaan teks suara dengan dialek dalam bahasa Sunda dan bahasa Jawa.

Untuk mencoba membuat text to speech di situs ini, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Kunjungi situs voiceoftext.com.
  • Di kolom khusus menulis teks, tulis kata-kata atau kalimat yang diinginkan.
  • Setelah itu, pilih jenis suara; Sundanese untuk bahasa Sunda, atau Javanese untuk bahasa Jawa.
  • Klik Convert to Voice. Tunggu sebentar sampai proses konversi menjadi audio selesai.
  • Tap pada tulisan Download. Cari berkas di File Manager, kemudian jadikan sebagai ringtone untuk aplikasi WhatsApp.

3. Voice Maker (voicemaker.in)

Voice-Maker-voicemaker.in_

 

Ingin mencoba situs sound of text WA dengan fitur lebih lengkap? Voice Maker jawabannya. Di situs ini, pengguna dapat mengatur teks yang akan dijadikan audio dengan lebih rinci. Melalui situs ini, ada sejumlah hal yang dapat diatur pada teks, yakni sebagai berikut.

  • Pause, yakni jeda yang ada di antara pengucapan.
  • Speed, yakni kecepatan saat mengucapkan kata-kata.
  • Volume, yakni kuat-lemahnya suara (x-soft, soft, medium, loud, x-loud).

Di samping itu, pengguna dapat pula mengatur pemilik suara yang akan berbicara. Beberapa opsi pemilik suara itu antara lain adalah sebagai berikut.

  • Ivy, untuk suara anak-anak perempuan.
  • Joey, untuk suara laki-laki dewasa.
  • Justin, untuk suara anak-anak laki-laki,
  • Kendra, untuk suara perempuan dewasa.

Walaupun fitur di situs ini banyak, penggunaannya tidak rumit. Mungkin sedikit berbeda dengan situs yang sudah disebutkan sebelumnya, tutorial penggunaan situs ini dapat disimak sebagai berikut.

  • Buka peramban yang sering dipakai (Chrome atau Mozilla), lalu masuk ke situs voicemaker.in.
  • Sesudah itu, masukkan teks yang akan dijadikan suara pada kolom yang ada.
  • Lakukan pengaturan pada teks tersebut; pause, speed, dan volume sesuai kebutuhan.
  • Pilih bahasa yang diinginkan, kemudian pilih suara yang diinginkan; Ivy, Joey, Justin, atau Kendra.
  • Jika sudah, gulir layar ke bawah dan tap pada tombol Convert to Speech.
  • Tunggu proses konversi, lalu klik Download MP3 dan periksa unduhan pada File Manager.

4. Free TTS (freetts.com)

Free-TTS-freetts-com

Berikutnya adalah situs bernama Free TTS. Melalui situs ini, pilihan suara yang tersedia adalah suara wanita atau pria. Untuk membuatnya juga tidak sulit. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka Google Chrome atau Mozilla Firefox, lalu kunjungi situs freetts.com.
  • Tap pada tulisan Start Text to Speech Free.
  • Kemudian, ketik teks yang diinginkan dengan maksimal 5000 karakter.
  • Setelah itu, pilih bahasa. Kemudian, pilih jenis suara (wanita atau pria).
  • Jika sudah sesuai, klik Convert to MP3. Tunggu prosesnya hingga tuntas.
  • Sesudah itu, tap pada tulisan Download MP3 untuk mengunduh file.

5. Vo Codes (fakeyou.com)

Vo-Codes-fakeyou-com

 

Situs ini juga sedikit berbeda dengan situs lain. Pengguna dapat mengonversi teks dengan berbagai pilihan suara dari tokoh-tokoh kartun atau fiksi. Di sini, ada sejumlah pilihan suara dari Spongebob, Squidward, Robin, Batman, dan tokoh-tokoh populer lain.

Tertarik untuk mencoba? Langsung ikuti tutorialnya pada penjelasan berikut.

  • Buka browser, kemudian kunjungi Vo Codes di alamat fakeyou.com.
  • Sesudah itu, klik Category Filters; anime, kartun, game, meme, atau yang lain.
  • Pilih Voice yang dkehendaki, yaitu salah satu tokoh favorit.
  • Tulis teks pada kolom yang tersedia. Klik Speak, tunggu prosesnya, dan dengarkan bagaimana hasilnya.
  • Tekan tombol Permalink & Download, kemudian tap pada tulisan Download File untuk mengunduh file.

6. Botika

Botika

Botika adalah situs penyedia sound of text wanita di mana populer dengan pilihan suara wanita. Dengan versi ini, pengguna dapat menciptakan suara-suara wanita yang bervariasi untuk sound of text-nya. Bagaimana cara membuatnya?

  • Kunjungi laman Botika di alamat botika.online/TextToSpeech/.
  • Pada kolom Text to Speech, ketik kata-kata atau kalimat yang akan dijadikan suara.
  • Pilih opsi Female 2 – Youngster, Fast jika ingin membuat suara perempuan manja.
  • Klik Play dan dengarkan bagaimana hasilnya.
  • Bila dirasa sudah sesuai, maka tap pada tulisan Download agar file tersimpan di perangkat.

Dengan situs ini, pengguna bebas mengetikkan kata-kata yang panjang atau pendek, asal sesuai dengan tutorial di atas.

7. Cara Membuat Sound of Text WA di iPhone

Cara-Membuat-Sound-of-Text-WA-di-iPhone

 

Fitur ini dikenal penggunannya di antara kalangan pemakai smartphone tipe Android. Tetapi ternyata, text to speech pada dasarnya bisa diciptakan di iPhone juga. Bagi pengguna iOS yang tertarik untuk mencoba tren ini, bisa membuat sound of text melalui tahapan berikut.

  • Buka situs soundoftext.com.
  • Pada menu Voice, tentukan salah satu bahasa; Indonesia atau Inggris.
  • Di kolom teks, masukkan kalimat yang diinginkan. Klik tombol bertuliskan Submit.
  • Klik Play di bagian bawah untuk terlebih dahulu mendengarkan hasilnya.
  • Jika dirasa sudah cocok, maka tap pada tulisan Unduh.

Ya, pada dasarnya langkah-langkahnya sama persis dengan pengguna Android. Hal ini dikarenakan soundoftext.com sendiri adalah situs web, bukan aplikasi. Jadi, melalui perangkat manapun, text to speech ini sebenarnya dapat dibuat.

Bila ingin metode yang lebih praktis, pengguna iPhone maupun Android dapat menggunakan Google Translate. Jangan lupa menyalakan tools perekam dahulu melalui situs ww.online.voice.recorder.com. Kemudian, ketik kalimat pada kolom teks di situs Google Translate.

Cara Membuat Sound of Text WA Menjadi Nada Dering

Cara-Membuat-Sound-of-Text-WA-Menjadi-Nada-Dering

 

Informasi di atas berbicara seputar bagaimana membuat teks menjadi suara. Suara tersebut nantinya bisa diatur sebagai suara notifikasi untuk pesan masuk maupun panggilan masuk di aplikasi WhatsApp.

Namun, bagaimana jika ingin langsung menjadikan audio-audio tersebut menjadi nada dering WhatsApp? Mungkin masih banyak yang bingung dengan tutorial ini. Untuk langkah-langkahnya, dapat disimak pada poin-poin berikut ini.

  • Buka menu Settings atau Pengaturan di ponsel.
  • Gulir layar, kemudian buka opsi Sound & Vibration. Lalu klik Ringtone.
  • Klik pada ikon mp3, kemudian cari file audio yang sudah diunduh sebelumnya.
  • Sesudah file audio telah tersimpan pada folder, maka buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik pada ikon garis tiga di sudut kanan atas.
  • Pilih opsi Notification Note. Kemudian cari file yang tadi sudah dimasukkan ke folder Ringtone.
  • Tap pada tulisan Save. Kemudian tunggu hingga notifikasi masuk dan dengarkan audionya.

Penggunaan sound of text WA memang menjadi inovasi yang unik sekaligus menarik. Nada dering WhatsApp yang tadinya hanya berupa satu nada, kini bisa menjadi kalimat-kalimat lucu. Dengan kesempatan menarik ini, pembuatannya pun cukup mudah dari situs-situs yang ada.

Simak Juga :

Originally posted 2022-10-31 02:32:00.