Niat Puasa Rajab 2023 Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Desacanggu.id – Memasuki Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang di nantikan oleh kebanyakan Umat Muslim. Yang mana Niat Puasa Rajab, menjadi bulan yang penuh dengan keistimewaan dan penuh rahmat serta maghfirah.

Hal ini merujuk akan perjalanan Rasulullah SAW pada Bulan Rajab, dimana Rasulullah melakukan Isra Mi’raj sesuai dengan perintah yang di berikan langsung oleh Allah SWT kepada Rasulullah. Perjalanan Nabi Muhammad dalam satu malam ini terjadi pada 27 Rajab tahun ke 10 kenabian.

Dan pada Bulan Rajab ini pula Rasulullah mendapatkan perintah untuk melaksanakan shalat 5 waktu. Yang mana di sebutkan dalam surat At Taubah Ayat 36.2. Sehingga kita sebagai umat Nabi Rasulullah pun hendaknya harus bersuka cita menyambut Bulan Rajab ini.

Keistimewaan Puasa Bulan Rajab

Keistimewaan-Puasa-Bulan-Rajab

Keistimewaan bulan Rajab juga menjadi sebuah keutamaan bagi para umat muslim di seluruh dunia. Yang mana pada bulan rajab ini menjadi salah satu bulan suci. Dengan begitu kita diperintahkan untuk melakukan perbuatan baik.

Bulan Rajab adalah antara bulan Jumadal Akhiroh dan bulan Sya’ban. Bulan Rajab seperti pada bulan Muharram termasuk bulan haram. Allah SWT  berfirman,

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)

Salah satu amalan di bulan Januari 2023 yang sebaiknya diamalkan yakni puasa Rajab. Puasa Rajab adalah puasa sunah yang dilaksanakan pada tanggal 1 di bulan Rajab atau bulan ketujuh dalam kalender Islam.

Hadist Berpuasa di Bulan Rajab

Hadist-Berpuasa-di-Bulan-Rajab

Pada hadis lain juga menyatakan bahwa bulan Rajab ini begitu istimewa untuk para umat muslim. Berikut beberapa hadits yang menjadikan bulan ini begitu suci dan di sunahkan berpuasa :

  • Hendaklah kamu memuliakan bulan Rajab, niscaya Allah memuliakan kamu dengan seribu kemuliaan di hari Qiamat.
  • Bulan Rajab bulan Allah, bulan Sya’ban bulanku, dan bulan Ramadhan bulan umatku.
  • Kemuliaan Rajab dengan malam Isra’ Mi’rajnya, Sya’ban dengan malam nisfunya dan Ramadhan dengan Lailatul-Qadarnya.
  • Puasa sehari dalam bulan Rajab mendapat syurga yang tertinggi (Firdaus).Puasa dua hari dilipatgandakan pahalanya.
  • Puasa 3 hari pada bulan Rajab, dijadikan parit yang panjang yang menghalangnya ke neraka (panjangnya setahun perjalanan).
  • Puasa 7 hari pada bulan Rajab, ditutup daripadanya 7 pintu neraka.
  • Puasa 16 hari pada bulan Rajab akan dapat melihat wajah Allah di dalam syurga, dan menjadi orang yang pertama menziarahi Allah dalam syurga.
  • Puasa sehari dalam bulan Rajab seumpama puasa empat puluh tahun dan iberiminum air dari syurga.
  • Puasa pada awal Rajab, pertengahannya dan pada akhirnya, seperti puasa sebulan pahalanya

Nah dari beberapa hadis diatas, merujuk bahwa berpuasa di bulan Rajab akan memberikan keistimewaan tersendiri bagi para umat Islam di seluruh alam semesta.

Untuk itu bagi kalian yang ingin melaksanakan ibadah puasa sunnah di bulan rajab, ada baiknya menyimak lafadz dari niat puasa rajab seperti yang akan admin bagikan berikut ini :

Niat Puasa Rajab

Niat-puasa-bulan-Rajab

Doa Bulan Rajab :

اللهم بارك لنا فى رجب و شعبان وبلغنا رمضان

“Allaahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana wa ballighna Ramadhana.”
Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan.”

Menjadi salah satu amalan dan doa yang bisa kita amalkan di bulan suci Rajab ini. Dimana para umat islam memohon perlindungan dan keberkahan di bulan rajab dan syaban sebelum menuju ke bulan Ramadhan.

Nah kemudian kalian yang ingin melaksanakan amalan puasa rajab, juga bisa menyimak lafal dari niat puasa bulan rajab seperti di bawah ini :

Bacaan Niat Puasa Rajab :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Latin : Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Rajaba lillahi ta‘ala.

Artinya: Aku berniat puasa Rajab, sunah karena Allah ta’ala.

Jadi bagi kalian yang ingin mengamalkan ibadah puasa sunnah Rajab ini, ada baiknya membaca lafadz niat puasa dari waktu malam hingga sebelum memasuki adzan shubuh.

Meskipun sesuai dengan hadis puasa ini merupakan puasa yang sunnah hukumnya, namun dengan membaca niat menjadi sebuah keharusan di setiap amalan yang akan kita kerjakan.

Dimana membaca niat ini menjadi sebuah kewajiban, dimana kita berniat menyerahkan seluruh amalan kita semata karena Allah SWT. Dengan begitu puasa yang kita lakukan pun akan terjaga dari berbagai hal yang membatalkan.

Ketika Lupa Membaca Niat Puasa Rajab

Jika kalian berniat untuk puasa Rajab namun lupa membaca niatnya di malam hari atau saat sahur, maka diperbolehkan untuk mengucapkan niat pada pagi atau siang hari.

Dengan catatan sebelum tergelincirnya matahari (waktu zuhur). Serta kamu belum melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Berikut ini bacaan niat puasa Rajab yang dilafalkan pada siang hari :

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا الْيَوْمِ عَنْ أَدَاءِ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i syahri rajaba lillahi ta’ala.

Artinya: Saya niat puasa sunnah bulan Rajab hari ini, sunnah karena Allah ta’ala.

Beberapa Hal Yang Membatalkan Puasa Rajab

Beberapa-Hal-Yang-Membatalkan-Puasa-Rajab

Ketika kita berdoa, kita harus mematuhi aturan dan kondisi yang ada agar puasa kita diberkati dan mendapatkan belas kasihan olehnya. Puasa adalah ketika kita dituntut untuk menahan hawa nafsu yang ada dalam diri kita dari matahari terbit hingga terbenam dengan niat Allah SWT.

Namun, ada beberapa hal yang dapat berbuka puasa yang kita jalani. Misalnya, pada wanita yang sedang berpuasa, tiba-tiba dia mengalami menstruasi, lalu membatalkan puasa yang dia jalani

Adapun beberapa hal yang dapat berbuka puasa adalah sebagai berikut :

  • Makan dan minum dengan sengaja baik sedikit atau banyak,
  • Muntah dengan sengaja
  • Memasukkan sesuatu ke dalam tubuh dengan sengaja
  • Berbohong akan mengurangi pahala puasa
  • Kemarahan juga bisa menghilangkan pahala puasa

Nah untuk menjaga amalan puasa rajab kita terhindar dari beberapa hal yang membatalkan puasa, ada baiknya kalian memperbanyak amalan di saat melakukan puasa.

Amalan Sholeh di Saat Berpuasa Rajab

Niat-puasa-Rajab

Dengan melakukan tambahan amalan sholeh di saat melakukan puasa sunnah rajab, kalian pun akan lebih dekat dengan Allah swt. Sehingga hal yang mengganggu dan membatalkan puasa dapat kalian cegah.

Adapun beberapa amalan sholeh yang juga perlu kalian lakukan saat melakukan puasa sunnah rajab adalah seperti berikut :

1. Menunaikan Shalat 5 Waktu

Melaksanakan shalat 5 waktu menjadi sebuah keutamaan amalan wajib yang harus kalian lakukan. Karena selain di bulan rajab ini, kalian pun harus melaksanakan sholat 5 waktu sebagai tanda seorang umat muslim yang beriman.

2. Membaca Al Quran

Kemudian amalan sholeh lain yang bisa kalian lakukan saat sedang melakukan ibadah puasa sunnah rajab adalah membaca Al quran. Hal ini sangatlah penting mengingat dengan membaca al quran akan menghindarkan kita dari perkataan buruk dan menjadi hal yang membatalkan puasa.

3. Memperbanyak Amalan Sedekah

Bersedekah menjadi salah satu amalan sholeh lain yang dapat kalian lakukan saat melakukan puasa rajab. Jadi bukan hanya niat puasa rajab yang bisa kalian lakukan, karena dengan melakukan amalan sedekah juga menjadikan kalian sebagai orang yang dermawan dan memiliki belas kasih.

4. Mengakhiri Makan Sahur

Meski puasa di bulan rajab ialah puasa sunnah, namun selain membaca niat puasa rajab kalian pun bisa melakukan makan sahur sebagai amalan di bulan rajab. Makan sahur juga termasuk hukum yang sunah untuk orang yang berniat puasa.

5. Menyegerakan Berbuka Puasa

Selain mengakhiri makan sahur, amalan penting lain yang bisa kalian lakukan adalah menyegerakan berbuka puasa di saat waktu berbuka puasa. Dimana ketika kalian mendengar adzan maghrib, ada baiknya segeralah untuk membatalkan puasa dan melanjutkan dengan shalat maghrib.

Nah itulah amalan lain selain melakukan niat puasa rajab, dengan begitu puasa sunah yang kalian lakukan akan lebih berkah dan mendapatkan perlindungan dari Allah swt.

Sekian ulasan informasi yang dapat admin bagikan mengenai doa niat puasa bulan rajab ini. Semoga informasinya berguna dan menambah wawasan bagi kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa Rajab bagi pengunjung setia desacanggu.id.

Baca Juga :

Originally posted 2023-01-24 17:09:12.