6 Cara Masuk Google Com Sg (Singapura) Praktis, Tanpa VPN?

Desacanggu.id – Untuk memaksimalkan layanannya, Google menyediakan domain sesuai dengan negara penganutnya. Pengguna yang menggunakan IP Indonesia secara otomatis akan mengakses google.co.id, lalu bagaimana cara masuk ke Google com Sg ?

Seperti yang kita tahu, Google merupakan mesin pencarian terbesar di dunia dengan jumlah pengguna mencapai jutaan orang. Banyaknya pengguna ini yang mendasari Google menyediakan domain khusus sesuai dengan negara pengguna.

Meski kamu berada di Indonesia, ternyata masih bisa untuk masuk ke Google Com Sg. Pada dasarnya, hanya pengguna yang menggunakan IP Singapura saja yang bisa mengakses domain tersebut.

Cara Masuk Ke Google Com Sg Tanpa Syarat yang Susah

Cara-Masuk-Ke-Google-Com-Sg-Tanpa-Syarat-yang-Susah

Untuk bisa masuk ke domain tersebut, kamu tidak perlu download Google Singapore. Ada beberapa cara yang lebih mudah bisa kamu lakukan langsung melalui smartphone atau laptop.

1. Lakukan Pengaturan Akun Google

Google memiliki banyak domain untuk mesin pencariannya, seperti Google Com Sg yang sebenarnya dikhususkan untuk pengguna dari Singapura. Akan tetapi, domain tersebut ternyata bisa diakses dengan mudah oleh seluruh pengguna, dengan cara melakukan pengaturan akun Google.

Menggunakan Android atau iOS

  1. Pertama, buka Google Chrome melalui smartphone kamu.
  2. Kemudian tekan Menu dengan icon tiga garis yang berada di pojok kiri atas, lalu klik Setelan.
  3. Scroll ke bawah, di bagian Wilayah untuk Hasil Penelusuran kamu bisa mengubahnya menjadi Singapura. Untuk pengaturan lainya tidak perlu diubah, tekan Simpan.

Menggunakan PC

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Google Chrome melalui PC kamu.
  2. Setelah itu, buka tautan ini (https://www.google.com/preferences) melalui address bar di browser tersebut.
  3. Tautan tersebut akan mengarah ke bagian pengaturan penelusuran.
  4. Scroll ke bawah sampai menemukan bagian Setelan Wilayah. Di bagian ini, kamu ubah menjadi Singapura, kemudian klik Simpan.

Jika kamu menggunakan cara ini, maka ketika login akun Google di perangkat lain, pengaturan ini akan tetap sama. Kamu tidak perlu melakukan pengaturan ulang untuk bisa masuk ke Google Com Sg.

2. Memakai VPN

VPN merupakan sebuah layanan koneksi yang mampu menyembunyikan IP asli dengan IP samaran. Ada banyak pilihan server yang bisa kamu pilih, mulai dari Amerika Serikat, Canada, Jepang hingga Singapura. Untuk bisa mengakses Google Com Sg, kamu bisa menggunakan layanan ini dengan memilih server Singapura.

Ada dua jenis VPN yang tersedia, gratis dan berbayar. Perbedaannya hanya pada ketersediaan servernya, jika kamu memakai paket berbayar, pilihan servernya akan semakin banyak. Namun jika hanya untuk mengakses Google Sg, bisa menggunakan paket yang gratis.

Menggunakan Android atau iOS

  1. Download dan install aplikasi VPN melalui Google Play Store atau Apps Store.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut, lalu pilih server Singapura.
  3. Klik Connect, dan tunggu hingga tersambung.
  4. Jika sudah tersambung, secara otomatis IP perangkat kamu akan berubah ke negara Singapura.
  5. Kemudian buka Google Chrome, dan coba untuk mencari informasi di Google.

Menggunakan PC

  1. Langkah pertama, buka AppStore atau website resmi layanan VPN gratis.
  2. Kemudian download dan install aplikasi VPN yang kamu inginkan.
  3. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  4. Jika mengharuskan kamu untuk mendaftar, lakukan pendaftaran terlebih dahulu.
  5. Lalu masuk menggunakan akun yang sudah dibuat, pilih server Singapura dan tunggu sampai terhubung.
  6. Ketika PC kamu sudah terhubung dengan server, maka sudah bisa mengakses Google Com Sg dengan mudah.

Untuk menggunakan VPN di PC sebenarnya tidak harus mengunduh aplikasi. kamu bisa memanfaatkan extension VPN secara gratis. Akan tetapi, pilihan servernya cukup terbatas, sehingga kamu harus lebih selektif.

3. Mengubah Setelan Halaman Awal

Mengubah-Setelan-Halaman-Awal

Untuk cara yang ketiga ini tidak membutuhkan aplikasi lain, cukup dengan Google Chrome saja. Caranya dengan mengubah halaman awal atau homepage dari browser kamu ke Google Com Sg. Cara ini berlaku untuk pengguna Android, iOS atau PC.

Melalui Android atau iOS

  1. Pastikan kamu sudah terhubung ke internet.
  2. Lalu buka Google Chrome melalui smartphone kamu.
  3. Kemudian tekan menu ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih Setelah.
  4. Scroll ke bawah sampai menemukan bagian Beranda atau Homepage.
  5. Pastikan pengaturannya sudah On, lalu isi kolom Enter custom web address dengan https://google.com.sg/.
  6. Selesai.

Menggunakan PC

  1. Buka aplikasi Google Chrome melalui PC kamu.
  2. Lalu klik icon titik tiga yang berada di pojok kanan atas. Akan ada beberapa opsi, klik pada bagian Settings.
  3. Cari menu Appearance, setelah itu aktifkan tombol Home dengan cara menggeser toggle Show home button.
  4. Di bagian kolom Enter custom web address, masukkan https://google.com.sg/.

Untuk cara yang satu ini hanya berlaku untuk perangkat yang sudah diatur saja. Jika kamu mencoba mengakses dari perangkat lain, tentu harus melakukan pengaturan ulang. Apalagi jika menggunakan browser selain Google Chrome, ini akan jauh lebih sulit.

4. Ubah DNS Public

Ubah-DNS-Public

Domain merupakan sebuah sistem yang mampu menerjemahkan domain menjadi alamat IP. Jadi setiap website memiliki IP yang berupa angka-angka. Pengguna tentu akan kesulitan untuk mengaksesnya, maka digunakanlah domain dengan bantuan DNS untuk menerjemahkan. Sehingga pengguna cukup mengakses domain saja untuk membuka website.

Kamu juga bisa menggunakan DNS agar ketika mengakses Google Com Sg lebih lancar. Ada beberapa alternatif DNS yang bisa kamu gunakan seperti milik Google, CloudFlare atau OpenDNS.

Melalui Android atau iOS

  1. Buka browser Google Chrome melalui smartphone kamu.
  2. Lalu tekan ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas, kemudian pilih Setelah.
  3. Setelah itu, cari menu Privasi dan Keamanan di bagian bawah, lalu pilih Gunakan DNS aman.
  4. Tekan Pilih penyedia lain, kamu bisa memilih salah satu opsi yang tersedia, misalnya Google (Public DNS).

Menggunakan PC

  1. Domain merupakan sebuah sistem yang mampu menerjemahkan domain menjadi alamat IP.
  2. Kemudian pilih Settings, lalu Privacy and security.
  3. Klik pada opsi Security, dan scroll ke bawah cari bagian Use secure DNS.
  4. Klik pada menu Customised, kemudian tentukan DNS yang ingin kamu gunakan, misalnya OpenDNS.

5. Gunakan Kata Kunci

Gunakan-Kata-Kunci

Untuk masuk ke Google Singapore sebenarnya tidak harus menggunakan bantuan aplikasi VPN atau melakukan pengaturan. Kamu bisa melakukannya dengan mudah menggunakan keyword tertentu. Coba untuk masuk ke menu pencarian, kemudian ketika Google Sg, lalu enter.

Secara otomatis, akan muncul banyak pilihan, salah satunya google.com.sg. Klik pilihan tersebut, kamu akan dialihkan ke halaman Google Singapura. Cara ini sangat mudah, bahkan semua orang bisa melakukannya.

6. Melalui Situs Google Com Sg Langsung

Melalui-Situs-Google-Com-Sg-Langsung

Google memang mengkategorikan pengguna berdasarkan asalnya, setiap negara memiliki domain Google sendiri. Jadi sebenarnya, untuk masuk ke Google Com Sg bisa langsung melalui domain situsnya. Untuk melakukannya, cukup dengan mengakses https://www.google.com.sg melalui address bar browser yang kamu gunakan.

Setelah itu, kamu akan dialihkan ke halaman pencarian Google Singapura. Tampilannya tidak berbeda dengan Google Indonesia, bahkan kamu mungkin tidak menyadarinya.

Untuk metode melalui keyword dan situs Google Com Sg langsung, berlaku untuk seluruh perangkat, baik smartphone maupun PC. Kamu juga tidak harus menggunakan Google Chrome, bisa menggunakan Mozilla, Opera, Safari atau yang lainnya.

Perbedaan Google Sg Dan Google ID

Perbedaan-Google-Sg-Dan-Google-ID

Google menyediakan domain yang berbeda untuk situs mesin pencarian di Indonesia dan Singapura. Untuk di Indonesia menggunakan domain google.co.id, sedangkan di Singapura menggunakan google.com.sg. Ini merupakan perbedaan yang paling mendasar dari keduanya.

Kamu bisa menggunakan domain yang mana saja, karena hasil pencarian akan tetap sama. Akan tetapi, menurut beberapa sumber, kamu akan lebih bebas ketika menggunakan Google Sg. Kamu bisa menonton video yang tidak bisa ditonton atau didownload dari Indonesia.

Tak heran jika banyak orang lebih memilih layanan Google Sg dari pada Google ID. Keduanya sama-sama aman untuk digunakan. Jadi tidak perlu khawatir ketika mencari informasi melalui salah satu layanan tersebut.

Cara Nonton Video Dari Google Com Sg

Cara-Nonton-Video-Dari-Google-Com-Sg

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada video-video yang bisa ditonton secara gratis melalui Google Sg. Konten ini tidak bisa diakses jika menggunakan Google id, salah satu alasannya karena sudah diblokir oleh pemerintah.

  1. Buka Google Chrome, kemudian masuk ke https://www.google.com.sg.
  2. Pada kolom pencarian, ketik nonton video gratis, kemudian enter.
  3. Secara otomatis akan muncul banyak pilihan situs untuk menonton video.
  4. Buka salah satu situsnya, kemudian cari film yang ingin kamu tonton.

Melalui situs tersebut, kamu juga bisa mendownload videonya. Untuk video-video yang memiliki durasi panjang, memang lebih baik untuk di download terlebih dahulu. Cara ini akan lebih menghemat kuota dan untuk menghindari buffering. Menonton video secara online ketika koneksi internet buruk akan sangat mengganggu.

Situs tersebut menyediakan video secara gratis, sehingga kamu tidak perlu membayar biaya berlangganan atau bahkan mendaftar terlebih dahulu. Cukup masuk ke situsnya, kemudian cari video yang ingin kamu tonton.

Konten-konten video ini seringkali tidak tersedia di Indonesia. Maka sebagai alternatifnya, kamu bisa mencoba Google Sg. Selama layanan ini gratis, tidak ada salahnya untuk mencoba. Situs tersebut juga terjamin keamanannya, kamu tidak perlu khawatir.

Pertanyaan Umum (FAQ) Seputar Google Com SG

1. Apakah Google Com Sg Aman ?

Pertanyaan-Umum

Ketika mengakses internet, memang harus sangat berhati-hati. Pasalnya, banyak kasus kejahatan yang terjadi di internet dan sangat merugikan. Cara agar terhindar dari tindakan kejahatan di internet adalah dengan mengakses situs-situs yang aman.

Lalu bagaimana dengan situs Google Singapura ? Situs ini merupakan milik Google dan dikelola langsung oleh perusahaan tersebut. Sehingga dari sisi keamanan sudah tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan Google menjadi salah satu situs yang paling aman di dunia.

Meski begitu, kamu tetap harus berhati-hati ketika mengakses internet. Seringkali, pelaku kejahatan menggunakan domain yang mirip dengan domain resminya. Pengguna yang tidak menyadari hal itu, sangat mudah terperdaya sampai akhirnya mengalami kerugian karena tindakan kejahatan itu.

2. Tips Agar Aman Saat Menggunakan Internet?

Ketika menggunakan internet, kamu harus berhati-hati dengan ancaman kejahatan yang mengintai. Internet memang memberikan banyak manfaat untuk penggunaannya, akan tetapi tidak sedikit yang justru mengalami kerugian.

Hindari Link Tidak Jelas

Mungkin kamu pernah mendapatkan kiriman link dari orang yang tidak dikenal. Sebelum membukanya, pastikan link tersebut tidak berbahaya. Jika tidak yakin, lebih baik untuk tidak membukanya. Biasanya dalam link tersebut mengandung malware yang berbahaya untuk perangkat kamu. Jika sudah terinfeksi malware, data yang ada di perangkat kamu sudah tidak aman lagi.

Jangan Bagikan Informasi Pribadi

Tidak dibenarkan untuk memberikan informasi pribadi ke internet tanpa alasan yang jelas. Kamu harus bisa menjaga data pribadi dengan baik. Jika data sudah diketahui oleh orang lain, beresiko untuk digunakan dalam tindakan kejahatan. Jika hal itu terjadi, kamu adalah orang yang paling dirugikan.

Hanya Akses Situs Dengan HTTPS

HTTPS merupakan versi protokol HTTP yang aman karena menggunakan SSL/TLS protokol untuk melakukan enkripsi maupun otentikasi. Situs yang belum menggunakan HTTPS beresiko ketika diakses. Maka dari itu, lebih baik akses situs yang sudah aman saja.

Gunakan Antivirus

Banyak aplikasi antivirus yang bisa kamu gunakan baik untuk Android, iOS, Windows maupun Mac. Kamu bisa menggunakan antivirus untuk mencegah adanya malware yang menginfeksi perangkat kamu. Antivirus ini tersedia dalam paket berbayar dan gratis. Untuk Windows, cukup menggunakan Windows Defender saja.

3. Apakah Google Com Sg Diblokir ?

Pemerintah Indonesia memang sedang gencar-gencarnya memblokir situs-situs yang melanggar aturan. Misalnya seperti situs judi, investasi ilegal, penipuan dan sebagainya. Namun untuk situs resmi milik perusahaan yang tidak terbukti melakukan tindakan kejahatan tentu tidak akan diblokir, seperti Google Sg ini.

Situs mesin pencarian milik Google tersebut tidak diblokir oleh pemerintah Indonesia. Sehingga kamu bisa mengaksesnya secara bebas. Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti panduan di atas.

Aplikasi VPN Terbaik

Jika kamu tertarik menggunakan VPN, ada beberapa rekomendasi aplikasi VPN yang bisa kamu gunakan secara gratis.

1. ProtonVPN

ProtonVPN

Aplikasi VPN gratis ini memberikan kamu kebebasan dalam menggunakan internet. kamu bisa menggunakan ProtonVPN secara gratis, baik melalui PC maupun Android. Untuk versi gratisnya ini, tidak ada batasan data maupun kecepatan. Selain itu, ProtonVPN juga menjamin keamanan dan juga privasi. Data aktivitas pengguna ketika menjelajahi internet akan terjaga dengan baik.

2. Hide.me

Hide.me_

Hide.me sudah cukup terkenal sebagai layanan VPN dengan kualitas terbaik. Tersedia paket gratis setiap bulannya, akan tetapi ada batasan data dan lokasi servernya. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur VPN zero log. Dengan fitur tersebut, data aktivitas kamu selama menggunakan internet tidak akan tersimpan.

3. TunnelBear

TunnelBear

TunnelBear juga bisa jadi pilihan sebagai layanan VPN untuk perangkat kamu. Layanan VPN ini bisa kamu gunakan untuk Android, iOS, Windows mupun Mac. Tapi sayangnya, terdapat batasan data jika menggunakan paket gratis. Kamu hanya mendapatkan data sebanyak 500 MB per bulan. Meski begitu, tidak ada batasan untuk kecepatannya.

4. Windscribe

Windscribe

Selanjutnya ada layanan VPN dari Windscribe yang bisa kamu gunakan secara gratis. Banyak pilihan server yang bisa kamu pakai, salah satunya Singapura. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk mengakses Google Sg lebih mudah dan aman.

5. ZoogVPN

ZoogVPN

ZoogVPN memiliki layanan yang cukup bagus, menyediakan juga paket gratis untuk ujicoba. Untuk paket gratis ini, tersedia 3 lokasi server dan bandwidth sebanyak 10 GB. Jika ingin mendapatkan lebih banyak pilihan lokasi, kamu bisa membeli paket premiumnya.

Google com Sg bisa menjadi opsi untuk kamu yang ingin lebih bebas dalam mengakses internet. Kamu bisa mendapatkan konten yang lebih banyak daripada menggunakan Google id. Layanan ini sama seperti mesin pencarian pada umumnya, kamu bisa mencari berbagai informasi secara gratis.

Kamu bisa mengaksesnya melalui Android, iOS, Windows, Mac maupun Linux. Ketika mengakses Google Sg, pastikan domainnya sesuai agar keamanan kamu terjaga.

Simak Juga :

Originally posted 2022-11-05 00:20:25.