Doa Buka Puasa Rajab Tulisan Arab, Latin dan Artinya 2023

Desacanggu.id – Doa Buka Puasa Rajab 2023 – Melaksanakan ibadah puasa sunah rajab menjadi sebuah keistimewaan tersendiri di bulan Rajab. Selain melafalkan niat sebelum melaksanakan puasa, penting bagi kalian mengetahui Doa Buka Puasa Rajab.

Jadi meskipun puasa sunnah rajab, kalian tetap harus memahami bacaan doa niat puasa rajab dan doa buka puasa rajab. Karena di dalam setiap puasa ada beberapa sunnah yang harus di perhatikan guna menyempurnakan ibadah.

Nah pada pembahasan ini admin telah menyiapkan amalan doa buka puasa sunnah rajab yang bisa kalian ikuti. Sehingga pelaksanaan puasa rajab akan lebih memberi kalian kesempurnaan. Berikut ulasannya!

Doa Buka Puasa Rajab 2023

Doa-Buka-Puasa-Rajab-2023

Memasuki bulan Rajab 2023. Bulan yang termasuk salah satu bulan yang dimuliakan oleh Rasulullah SAW yang terdapat beberapa kemuliaan di dalamnya, salah satunya adalah puasa Rajab. Lalu seperti apa doa buka puasa bulan Rajab?

Sebelum mengetahui bacaan doa buka puasa bulan Rajab, mari simak keistimewaan amalan ini. Jadi siapa saja yang melaksanakan ibadah puasa Rajab, maka akan Allah SWT ganjar dengan pahala berkali lipat. Pahala puasa Rajab ini sebagaimana hadist riwayat At-Thabrani menuturkan Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa:

“Barang siapa berpuasa di bulan Rajab satu hari, maka laksana ia puasa selama sebulan. Apabila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Apabila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa selama 10 hari maka Allah SWT akan mengabulkan semua permintaannya”.

Bacaan Doa Buka Puasa Bulan Rajab

Doa-Buka-Puasa-Rajab

Sebagaimana Allah Berfirman didalam hadis Qudsi.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “يَقُولُ اللَّهُ، عَزَّ وَجَلَّ: إِنَّ أَحَبَّ عِبَادِي إِلِيَّ أعجلُهم فِطْرًا”.

Artinya : Dari Abu Hurairah, dari Nabi Saw, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang yang paling Aku cintai di antara hamba-hamba-Ku ialah orang yang paling segera berbuka.”

Sehingga bisa di artikan bahwa berbuka puasa menjadi salah satu hal yang begitu penting untuk di perhatikan. Karena barang siapa yang berpuasa, hendaknya menyegerakan berbuka puasa ketika memasuki adzan maghrib.

Berikut ini doa buka puasa Rajab:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Latin :

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya :

“Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Adab Saat Berbuka Puasa

 

Bacaan-Doa-Buka-Puasa-Bulan-Rajab

Buka puasa adalah waktu yang dinantikan umat muslim dalam menyempurnakan puasa, karena sudah seharian menahan lapar dan haus demi mendekatkan diri kepada Allah ta’ala.

Dan bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi daripada misik. Seperti hadits Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda :

والذي نفسُ محمدٍ بيدهِ لَخَلوفِ فمِ الصائمِ أطيبُ عندَ اللهِ من ريحِِ المسكِ ,للصائمِ فَرْحتانِ يفرَحْهُما إذا أَفطرَ فَرِحَ ، وإذا لقي ربَّه فَرِحَ بصومِهِ

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah itu lebih wangi daripada misik. Bagi orang yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu Rabb-Nya”
(HR. Bukhari no. 1904, Muslim no. 1151).

Karena waktu berbuka adalah waktu yang istimewa. Oleh karena itu ada beberapa adab yang di sunnahkan ketika berbuka puasa, agar memberikan keberkahan dan kebahagiaan. Berikut adab-adab dalam berbuka puasa yang bisa kalian perhatikan :

Ketika Datang Waktu Maghrib, Bacalah Doa Buka Puasa Rajab

Dianjurkan untuk bersegera berbuka puasa ketika matahari terbenam. Dari Umar bin Khathab radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

إِذَا أقْبَلَ اللَّيْلُ مِن هَا هُنَا، وأَدْبَرَ النَّهَارُ مِن هَا هُنَا، وغَرَبَتِ الشَّمْسُ فقَدْ أفْطَرَ الصَّائِمُ

“jika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka”
(HR. Bukhari no.1954, Muslim no.1100).

Berbuka Puasa Dengan Beberapa Butir (Kurma Segar), Kurma Kering, Dan Minum Air

Berdasarkan hadits dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu,Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda :

كان رسول اللهِ صلى الله عليه وسلم يفطر على رطبًات قبل أن يصلي فإن لم تكن رطبًات فعلى تمرات فإن لم تكن حسا حسوات من ماء

“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab (kurma segar) sebelum shalat. Jika beliau tidak punya ruthab, maka dengan tamr (kurma kering), jika beliau tidak punya tamr, maka dengan beberapa teguk air”
(HR. Abu Daud no.2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

Namun jika tidak ada kurma bukan berarti tidak boleh memakan yang lain, namun perbuatan demikian kurang meneladani Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam.

Lalu Berdoa Ketika Berbuka Puasa

Berdoa ketika berbuka dengan doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Ibnu Umar radhiallahu’anhu berkata:

“biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam jika berbuka beliau berdoa:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله
dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah

(telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)”

(HR. Abu Daud no.2357, An Nasa-i no.3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

Berikut doanya :

“Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin” dengan lafadz seperti ini tidak ada asalnya dari hadits. Sedangkan doa “Allahumma laka shumtu” memang terdapat dalam beberapa hadits, namun seluruhnya terdapat kelemahan.

Memberikan Jeda Agar Tenang Saat Buka Puasa

Sebaiknya diberikan jeda antara adzan dan iqamah yang cukup bagi jama’ah untuk menyelesaikan makan tanpa terburu-buru. Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

اجعلْ بين أذانِك وإقامتِك نفَسًا ، قدرَ ما يقضي المعتصِرُ حاجتَه في مهَلٍ ، وقدْرَ ما يُفرِغُ الآكِلُ من طعامِه في مهَلٍ

“jadikanlah antara adzanmu dan iqamatmu jeda sejenak, yaitu sekadar waktu orang yang sedang ada kebutuhan menyelesaikan kebutuhannya dengan tenang, dan sekadar waktu orang yang sedang makan menyelesaikan makannya dengan tenang”
(HR. Ahmad, At Tirmidzi, Al Baihaqi, dll. dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 887).

Demikian beberapa adab-adab ketika akan memasuki waktu berbuka puasa yang sudah dinantikan umat muslim saat sedang berpuasa. Semoga membawa keberkahan dalam ibadah puasa kita.

Ketentuan Puasa Rajab

Adab-Saat-Berbuka-Puasa

Puasa Rajab bisa dikerjakan selama masih dalam bulan ketujuh dalam kalender islam tersebut. Adapun puasa Rajab akan lebih baik jika dikerjakan dengan bertepatan dengan hari-hari utama dalam bulan tersebut, seperti pada saat Ayyamul bidh, yaitu tanggal 13, 14, dan 15 Rajab, hari Senin, Kamis, dan Jumat.

Selain itu, puasa Rajab juga bisa dilaksanakan dengan satu hari berpuasa dan satu hari tidak, karena makruh hukumnya apabila dikerjakan selama sebulan penuh.

Membaca doa buka puasa bulan Rajab juga terhitung sebagai kebaikan yang bernilai pahala di bulan haram yang istimewa ini. Sebagaimana yang diterangkan oleh sejumlah hadist, membaca doa saat berbuka puasa merupakan bagian dari sunnah Rasulullah SAW.

Demikianlah ulasan informasi yang dapat admin bagikan mengenai lafadz bacaan doa buka puasa rajab 2023 indonesia latin dan artinya. Semoga informasi ini berguna bagi kita semua dan menambah ketakwaan bagi pengunjung sekalian.

Sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya dan selamat menunaikan ibadah puasa sunnah Rajab 2023.

Baca Juga :

Originally posted 2023-01-24 17:14:04.