12 Aplikasi Kasir Gratis dengan Fitur Lengkap, TOP Banget!

Desacanggu.id – Aplikasi kasir atau yang lebih dikenal dengan nama software POS adalah jenis aplikasi cash register untuk kebutuhan bisnis. Biasanya aplikasi tersebut digunakan di suatu perusahaan atau di suatu lokasi bisnis yang berjualan produk barang/jasa pada pelanggan.

Adanya teknologi internet yang canggih saat ini, membuat aplikasi ini mulai banyak digunakan karena lebih praktis dan bisa digunakan oleh toko online atau offline. Tugas kasir akan semakin mudah karena hanya menghitung total penjualan, pajak, dan sebagainya.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik Versi Gratis

Banyaknya aplikasi khusus untuk kasir saat ini tentu membingungkan bagi banyak pihak. Untuk itu cobalah pilih salah satu rekomendasi aplikasi kasir Android berikut ini, yang bisa Anda gunakan dan downloas secara gratis:

1. Jurnal Touch

Jurnal-Touch

Aplikasi untuk kasir pertama yang akan direkomendasikan adalah Aplikasi Jurnal Touch, yang dimana di dalamnya ada banyak sekali kemudahan. Terutama dalam mengontrol bisnis dan ada lebih banyak keuntungan dari aplikasi tersebut.

Selain itu banyak juga fitur menarik dan unggulan yang ada di dalam Jurnal Touch, seperti misalnya:

  • Fitur sinkronisasi data yang bisa bekerja secara otomatis.
  • Proses transaksi yang bisa dilakukan di multi store.
  • Proses transaksi secara offline.
  • Customisasi struk yang bisa dibuat dengan mudah.

Tak hanya fitur itu saja, tapi Anda juga akan memperoleh fitur lainnya seperti misalnya transaksi keuangan, perpajakan, invoice, akuntansi, biaya dan anggaran, hingga produk & inventory.

Aplikasi Jurnal Touch juga tersedia dalam bentuk mobile app sehingga pemakaiannya bisa dilakukan di HP, dan memudahkan Anda dalam mengontrol sekaligus mengatur bisnis kapan saja dan di mana saja.

2. Kasir Pintar

Kasir-Pintar

Aplikasi kasir gratis berikutnya yang tak kalah keren dengan yang sebelumnya adalah Aplikasi Kasir Pintar. Selain digunakan pada perangkat Android, aplikasi ini juga bisa digunakan pada perangkat IOS.

Untuk APK versi gratisnya juga sudah memiliki fitur yang cukup lengkap, di aplikasi ini memang ada dua versi yang berbayar dan gratis. Fitur yang ada di aplikasi versi gratis diantaranya yaitu harga barang, scan barcode produk, dan pencatatan untuk stok barang.

Tak hanya itu saja pada aplikasi versi gratis ada juga fitur backup yang bisa digunakan secara otomatis sehingga Anda tak perlu khawatir jika suatu saat akan kehilangan data di dalamnya. Selain fitur tersebut ada juga fitur pembuatan laporan di APK ini.

Fitur pembuatan laporan bisa digunakan untuk membuat laporan harian ataupun bulanan, alur kas, dan sisa stok barang yang masih ada. Ketahui juga laporan laba dan rugi serta omset penjualan dari Aplikasi Kasir Pintar tersebut.

3. Mesin Kasir

Mesin-Kasir

Aplikasi POS kasir yang juga berbasis Android lainnya dengan kualitas yang bagus adalah Aplikasi Mesin Kasir. Aplikasi ini cocok sekali untuk Anda yang memerlukan aplikasi khusus kasir yang gratis tapi kualitasnya baik.

Tampilan aplikasinya pun sederhana jika dibandingkan dengan tampilan di aplikasi lainnya. Fitur di dalamnya pun kurang lebih sama dengan aplikasi POS kasir secara umum.

Tak hanya itu saja aplikasi ini juga cocok untuk para pengusaha yang ada di tempat dengan jaringan seluler yang minim, karena aplikasi ini masih bisa digunakan walaupun tak ada jaringan internet.

Anda juga akan lebih menghemat biaya karena tak perlu membeli kuota internet lagi atau membayar tagihan WiFi.

Walaupun Aplikasi Mesin Kasir tersebut gratis tetapi Anda masih bisa memasukkan data barang dan juga transaksi sebanyak mungkin, dan jumlahnya pun tidak terbatas.

Dalam aplikasi ini juga ada beberapa fitur canggih yang bisa membantu Anda dalam membuat laporan penjualan, perhitungan stok, dan laporan laba dengan otomatis.

4. Kasir POS Ireap Lite

Kasir-POS-Ireap-Lite

Rekomendasi berikutnya dari aplikasi kasir terbaik adalah Kasir POS Ireap Lite. Aplikasi ini juga termasuk jenis aplikasi yang tak berbayar dan bisa digunakan pada perangkat Android.

Fitur dalam aplikasi ini yaitu fitur penjualan secara umum, fitur untuk mengembalikan barang jika ada retur, pencatatan barang, kategori barang dan jumlah barang.

Aplikasi gratisan yang satu ini juga mempunyai stok manajemen yang isinya adalah pengaturan, baik untuk stok barang masuk maupun keluar. Anda juga dapat melihat jumlah profit, penjualan paling banyak, audit stok, hingga laporan penjualan pada menu laporan.

5. Olsera Point of Sale

Olsera-Point-of-Sale

Aplikasi lainnya yang juga menjadi aplikasi untuk kasir terbaik adalah Olsera Point of Sale. Fitur yang ada dalam aplikasi ini sangat lengkap, dan bisa memenuhi segala kebutuhan untuk transaksi pencatatan dalam penjualan dan bisnis yang Anda jalankan.

Olsera juga memiliki sistem yang berbasis cloud dan sistem yang sudah handal. Dengan menggunakan sistem yang sudah berbasis cloud maka Anda dapat mengakses sekaligus mengontrol bisnis di manapun dan kapanpun.

Tapi Anda juga masih bisa menggunakan aplikasinya walaupun sedang offline. Walaupun diakses dengan cara offline tapi nantinya aplikasi ini bisa melakukan update data dengan otomatis, dan bisa langsung terhubung ke jaringan internet.

Jika Anda tertarik dengan Aplikasi Olsera tersebut maka ada kesempatan untuk mencobanya secara gratis dalam waktu 14 hari, atau langsung saja memilih paket full version yang harganya cukup terjangkau.

Ada 3 pilihan berbeda pada Aplikasi Olsera ini, bergantung dari jenis toko apa yang digunakan apakah toko fisik, online, atau keduanya.

6. Moka POS

Moka-POS

Aplikasi kasir Android gratis selanjutnya yang akan dibahas adalah Aplikasi Moka POS. Fiturnya pun tak kalah lengkap dengan aplikasi khusus kasir lainnya yang ada saat ini.

Aplikasi ini juga sudah menggunakan sistem cloud yang cocok digunakan oleh pebisnis yang memiliki usaha di beberapa tempat sekaligus. Bahkan Anda juga dapat mengontrolnya langsung kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang ke tempat usahanya.

Untuk rekomendasi, Aplikasi Moka POS cocok digunakan untuk jenis usaha pada bidang salon kecantikan, ritel, toko pakaian, barbershop, restoran, dan juga spa. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya Moka Back Office.

Keuntungan dari Moka Back Office ini adalah Anda bisa mengetahui seluruh transaksi penjualan yang biasa dilakukan oleh kasir di cabang toko, yang bisa dilihat secara langsung sehingga cara mengeceknya mudah.

7. Pawoon

Pawoon

Jenis aplikasi POS kasir yang bisa digunakan pada Android atau IOS lainnya adalah Aplikasi Pawoon. Aplikasi ini cukup sederhana tetapi tampilannya lebih modern, dan dengan interfacenya yang sederhana maka cara menggunakannya pun mudah.

Keunggulan dari Pawoon ini adalah pengguna bisa melihat semua transaksi yang ada di semua cabang toko dengan realtime. Hal itu disebabkan oleh sistem cloud yang sudah ada di dalam aplikasi, sehingga bisa digunakan secara online maupun offline.

Apabila Anda memiliki lebih dari satu mesin POS pada satu lokasi usaha, dengan proses transaksi yang tidak lebih dari 300 setiap bulannya maka layanan aplikasi ini bisa digunakan secara gratis selamanya.

8. Qasir

Qasir

Aplikasi berikutnya yang sama recommendednya dengan APK kasir yang lain dinamakan dengan Aplikasi Qasir. Sistem pada aplikasi ini cukup sederhana dan bisa dipakai untuk berbagai jenis usaha dan bisnis.

Ada beberapa fitur di dalam aplikasi ini yaitu pencatatan transaksi, pendataan outlet dan juga karyawan, tersambung dengan printer, pencatatan transaksi kasbon lengkap dengan pengingat waktunya, sistem pembayaran digital, dan masih banyak lagi yang lainnya.

9. Kasir Vend

Kasir-Vend

Aplikasi kasir Android terbaik yang direkomendasikan juga adalah Aplikasi Kasir Vend. App ini dirancang khusus untuk Ipad dan biasa dipakai oleh usaha ritel dalam mengelola persediaan, pelanggan yang biayanya terjangkau, dan juga penjualan.

Aplikasi yang satu ini pemakaiannya sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dalam mendukung entri data, dengan menggunakan layar sentuh dan dengan mouse/keyboard.

Layar POSnya pun bisa ditingkatkan yang akan memungkinkan untuk diakses ke proses atau pada item yang populer. Aplikasi Vend bisa bekerja secara offline tapi memang hanya dirancang khusus untuk digunakan di perangkat Ipad saja.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi yang sederhana dan gratis maka Vend adalah pilihan yang tepat. Terdapat beberapa fitur dasar juga di dalamnya, atau bisa juga Anda mencoba full versionnya jika ingin lebih lengkap.

10. True POS

True-POS

Aplikasi berikutnya yang akan dibahas adalah True POS, yang berasal dari Negara India. Ada dua versi pada aplikasi ini yaitu versi gratis yang cocok digunakan oleh para UMKM, yang hanya support dengan 1 buah mesin kasir saja.

Jumlah transaksinya per bulan pun tidak lebih dari 100 transaksi. Untuk versi berikutnya adalah versi berbayar, yang juga bisa digunakan untuk seluruh skala bisnis sampai ritel enterprise yang memiliki fitur lengkap.

Aplikasi True POS ini juga memiliki sistem integrasi yang bisa diakses di beberapa device pada mesin kasir, pada mobile ataupun PC. Aplikasi ini juga berbasis website tapi dapat menyimpan penjualan secara offline.

11. Connect POS

Connect-POS

Jangan lewatkan aplikasi POS kasir berikutnya yaitu Connect POS yang merupakan aplikasi ternama dan sudah melayani kebutuhan lebih dari 2000an retail di seluruh dunia termasuk di Negara Indonesia.

Sistem POS yang satu ini dikenal dengan harganya yang terjangkau dan memiliki banyak pilihan fitur terbaik.

Fitur yang paling menonjol pada aplikasi ini adalah dapat mendukung pengalaman dalam berbelanja, yang akan memungkinkan pelanggan bisa membeli secara online dan bisa mengambilnya di toko.

Dengan menggunakan Aplikasi Connect POS ini maka pengalaman Anda dalam berbelanja akan semakin lancar pada setiap saluran online dan offline.

12. Square Register

Square-Register

Aplikasi kasir berbasis Android yang juga direkomendasikan adalah Square Register yang merupakan jenis aplikasi yang mudah digunakan dan bisa diterapkan.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka perusahaan bisa melakukan pembayaran dengan perangkat apa saja di mana saja. Sistem kasir pada aplikasi ini juga bisa menerima pembayaran baik dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit.

Fungsi lainnya dari aplikasi tersebut adalah meliputi pengelolaan barang, pelacakan stok barang, hingga penjualan secara realtime.

Transaksi dengan aplikasi ini pun lebih cepat dan mampu menghasilkan laporan penjualan, menyimpan penerimaan secara digital, dan mengelola stok barang yang ada di gudang.

Pilih salah satu aplikasi kasir yang menurut Anda paling bagus, berkualitas dan memuaskan. Selain itu pastikkan juga aplikasinya sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda misalnya sudah membantu Anda dalam memudahkan pekerjaan kasir.

Simak juga artikel lainnya:

Originally posted 2022-12-03 08:19:42.