20 Aplikasi Edit Video Terbaik Bisa Dipakai Profesional & Pemula!

Belakangan ini, konten visual menjadi dunia yang dimasuki oleh banyak orang. Baik itu anak-anak hingga orang dewasa, benar-benar nyaman menjadi seorang konten kreator video. Jika Anda juga termasuk salah satunya, apakah sudah tahu apa saja aplikasi edit video terbaik untuk PC?

Ya, sejatinya bagus tidaknya sebuah konten video itu tergantung dari ide yang dimiliki. Walaupun begitu, hasil editan video yang bagus turut berpengaruh pada kualitas video tersebut. Penggunaan aplikasi yang tepat pastinya akan memaksimalkan ide kreatif yang ada di dalam pikiran.

Kendati demikian, tidak semua aplikasi edit video mempunyai kapabilitas dan juga fitur-fitur yang memadai. Itulah yang membuat banyak orang bingung aplikasi mana yang seharusnya digunakan. Setiap aplikasi pasti memiliki penggemarnya masing-masing, sesuai dengan kebutuhan mereka.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik Tahun Ini!

Jika Anda juga merasa bingung memilih aplikasi edit video untuk menyempurnakan konten yang dibuat, maka tidak perlu khawatir. Berikut ini akan dijelaskan beberapa rekomendasi aplikasi video editor terbaik yang bisa Anda coba.

1. Lightworks

Lightworks

Lightworks menjadi salah satu aplikasi edit video PC terbaik yang bisa digunakan pada tahun 2022 ini. Aplikasi ini hadir dengan membawa berbagai macam fitur yang unik, seperti halnya multicam support, video trimming, hingga ekspor video secara langsung ke platform YouTube dengan resolusi 720p.

Menariknya, aplikasi Lightworks ini juga dirancang dengan menggunakan UI yang terbilang berish dan simpel. Jadi memang benar-benar cocok bagi Anda yang merupakan seorang pemula di dalam dunia video editing profesional.

Tidak hanya itu, Lightworks juga kompatibel untuk beberapa sistem operasi yang banyak digunakan, seperti Windows, Mac, serta Linux.

2. Blender

Blender

Kompatibel berbagai sistem operasi, membuat Blender menjadi salah satu aplikasi pengedit video terbaik yang bisa Anda gunakan di PC. Tool yang sifatnya open source ini, pada awalnya dibuat sebagai software khusus untuk membuat dan mengolah animasi 3D saja.

Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangannya, para editor profesional mengatakan jika aplikasi ini mempunyai bergaram fitur video editing yang baik dan komplet. Software tersebut menyediakan tool editing sederhana, seperti halnya untuk kebutuhan video cuts dan juga slicing.

Akan tetapi, fitur yang meringankan tugas berat seperti video masking yang membuat banyak orang mengenal dan memutuskan untuk menggunakan Blender.

3. DaVinci Resolve

DaVinci-Resolve

Bisa dibilang jika DaVinci Resolve menjadi aplikasi video editor yang paling canggih pada tahun 2022 ini. Bagaimana tidak, walaupun aplikasi ini telah dibekali dengan berbagai fitur editing video profesional, antarmuka yang dimilikinya benar-benar intuitif.

Selain fitur dasar pengeditan video seperti cuts dan slicing, Anda juga bisa memilih berbagai macam opsi audio serta warna yang unik dan menarik. Jadi ketika menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan ide selama proses edit video.

Aplikasi yang satu ini juga menawarkan opsi untuk menambahkan judul berbentuk 2D maupun 3D ke dalam video yang dibuat, lho.

4. CyberLink PowerDirector 365

CyberLink-PowerDirector-365

Setelah penantian yang cukup panjang, kini akhirnya CyberLink PowerDirector, aplikasi pengedit video populer khusus untuk Mac, juga bisa digunakan oleh para pengguna OS Windows. Aplikasi ini hadir dengan membawa banyak fitur unik yang bisa digunakan dengan mudah.

Bahkan CyberLink PowerDirector 365 ini telah terintegrasi dengan Shutterstock, sehingga para penggunanya bisa mendapatkan akses tak terbatas pada musik latar CyberLink dan juga berbagai plugin yang diperlukan dalam proses pengeditan video.

Walaupun tergolong sebagai aplikasi baru, namun CyberLink PowerDirector 365 benar-benar direkomendasikan, terutama bagi pengguna yang masih pemula.

5. Apple iMovie

Apple-iMovie

Apple iMovie merupakan software edit video terbaik bawaan Mac yang menghadirkan fitur lengkap serta antarmuka intuitif, sehingga mudah untuk digunakan. Antarmuka yang bersifat ‘drag and drop’, membuat aplikasi ini mampu memenuhi kebutuhan pemindahan dan pengeditan elemen dalam video dengan cepat.

Para pengguna Mac OS juga bisa memanfaatkan software bawaan ini sebagai media belajar untuk berbagai skill dasar dalam proses pengeditan video. Jika benar-benar sudah menguasainya, dijamin hasil editing video akan terlihat sangat memukau.

Fitur-fitur yang tersedia di dalam iMovie ini seperti trimming, built-in transition library, split screen editing, audio editor, hingga dukungan untuk video dengan resolusi 4K.

6. Lumen5

Lumen5

Lumen5 adalah aplikasi edit video yang belakang ini sering ditemukan pada PC seorang marketer. Aplikasi ini memang dianggap mempunyai kemampuan yang sangat mumpuni untuk menciptakan sebuah video kampanye dan promo pemasaran yang seru dan bersifat ‘kekinian’.

Salah satu aplikasi edit video terbaik ini memiliki tampilan UI yang modern dan sederhana. Jadi tidak perlu takut susah pada saat mengoperasikannya. Banyak orang yang telah mencobanya, dan mereka berpendapatan jika Lumen5 adalah salah satu pengedit video yang paling mudah untuk digunakan.

Bahkan aplikasi ini dianggap mampu memberikan proses kreasi video yang benar-benar simpel, di mana para penggunanya akan dimanjakan dengan tampilan menu di dalamnya.

7. Final Cut Pro X

Final-Cut-Pro-X

Ingin menggunakan aplikasi editing video yang digunakan oleh para profesional, maka Final Cut Pro X jawabannya. Ya, jadi aplikasi yang satu ini telah menggunakan operating system Macintosh, sehingga video yang dihasilkan sangat keren.

Yang membuat aplikasi ini terasa istimewa, yakni adanya beberapa fitur yang menarik dan unik. Di antaranya seperti editing video 360 derajat, HDR, hingga berbagai macam tool canggih yang digunakan untuk koreksi warna.

Final Ciut Pro X juga telah terintegrasi dengan ekosistem Apple, sehingga para penggunanya bisa menggunakan aplikasi ini secara lebih fleksibel.

8. Adobe Premiere Pro

Adobe-Premiere-Pro

Bicara soal aplikasi video editing terbaik, rasanya tidak afdol jika tidak memasukkan Adobe Premiere Pro. Ya, aplikasi yang satu ini memang sering digunakan untuk keperluan penyuntingan video amatir maupun profesional.

Adobe Premiere Pro ini juga kompatibel dengan Macintosh dan Windows, serta mampu menawarkan beragam fitur editing untuk video dengan resolusi hingga 8K. Pastinya hal ini adalah sesuatu yang sangat spesial untuk software pengedit video, bukan?

Selain itu, fungsi trimming serta editing-nya dianggap sebagai yang terbaik pada tahun ini. Anda juga bisa import hasil pengeditan secara langsung ke berbagai macam platform yang diinginkan.

9. Openshot

Openshot

Sedikit berbeda dari beberapa aplikasi yang sebelumnya, Openshot merupakan aplikasi edit video di PC yang sifatnya open source. Para pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur yang dimiliknya tanpa perlu melakukan update.

Tentu Anda bisa benar-benar mengelola software ini sesuai dengan keperluan. Banyak orang yang mengatakan jika software ini mempunyai tampilan UI yang sederhana dan tergolong mudah untuk digunakan, bahkan untuk video editor pemula.

Beberapa fitur terbaik yang dimilikinya, seperti audio mixing serta real time preview pada saat pengguna mengedit transisi di dalam video tersebut.

10. Shotcut

Shotcut

Sama seperti Opnshot, Shotcut adalah salah satu pengedit video gratis terbaik untuk PC yang sifatnya open source. Aplikasi ini seting dimanfaatkan oleh para pengguna Windows untuk membuat sebuah video yang menarik dan potongan-potongan video yang dimiliki.

Walaupun begitu, aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan pada perangkat yang berbasis Mac dan Linux. Nah, karena sifatnya yang open source, membuat para pengguna tidak perlu repot membayar untuk memperoleh akses ke semua fitur yang ada.

Dua fitur Shotcut yang sangat mencolok, yakni proses pengeditan video dengan resolusi 4K HD serta tool timeline editing yang dimilikinya.

11. Corel VideoStudio Ultimate

Corel-VideoStudio-Ultimate

Bagi para pemula yang baru masuk ke dalam dunia video editing, dapat mengandalkan Corel VideoStudio Ultimate sebagai senjata andalan untuk membuat video terbaik. Ya, aplikasi edit video ini hadir dengan harga yang terjangkau, serta tampilan UI yang dijamin tidak akan membuat pengguna kerepotan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga telah menyediakan berbagai macam fitur yang dibutuhkan untuk pengeditan video modern. Misalnya saja seperti stop motion, penyuntingan video 360 derajat, sampai music library yang sangat lengkap.

Sebagai tambahan, jika Anda sudah familiar dengan aplikasi-aplikasi besutan Corel Inc., maka VideoStudio Ultimate ini mempunyai tampilan dan juga metode penggunaan yang serupa.

12. Pinnacle Studio

Pinnacle-Studio

Walaupun tidak setenar kebanyakan aplikasi pengedit video untuk PC yang lainnya, tampaknya Pinnacle Studio layak untuk dipertimbangkan apabila Anda belum pernah melakukan proses pengeditan video sebelum-sebelumnya.

Dengan harga yang terjangkau, para pengguna sudah mendapatkan lebih dari 1.500 efek, judul, serta template editing video HD yang benar-benar bisa diandalkan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan tool koreksi warna, pemetaan ulang waktu, hingga fitur stop motion khusus.

Tampilan antarmuka dan fitur-fiturnya juga bisa digunakan dengan sangat mudah, sehingga Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya.

13. HitFilm Express

HitFilm-Express

Bagi Anda yang gemar mengedit video dengan format 360, HitFilm Express dapat menjadi pilihan yang terbaik. Aplikasi ini mempunyai segala fitur yang diharapkan oleh para pengguna untuk membuat video 360 berkualitas.

Beberapa fitur yang dimaksud, seperti halnya trimming, splicing, dan juga audio editing. Walaupun tidak sedikit orang yang menganggap jika HitFim Express ini sebagai aplikasi yang terlalu ‘canggih’, namun sebenarnya ini adalah aplikasi yang sangat direkomendasikan.

Untuk paket gratisnya sendiri, bahkan telah mencakup lebih dari 150 efek khusus untuk menghasilkan konten video 360 yang keren.

14. Avidemux

Avidemux

Mungkin Avidemux memang menjadi aplikasi edit video pada PC yang kurang populer. Meskipun begitu, aplikasi tersebut mampu menghadirkan fitur yang cukup lengkap, user interface yang mudah untuk dipahami, hingga tools editing profesional.

Aplikasi ini hadir dibekali dengan kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas penting dalam proses editing video. Di antaranya seperti encoding, simple cutting, hingga filtering yang dianggap hampir sama kualitasnya dengan Final Cut Pro X serta Adobe Premiere.

Bukan hanya itu, tampilan antarmuka yang simpel dengan metode penggunaannya mudah, membuat para pemula sekalipun bisa memahaminya dalam waktu yang singkat.

15. PowerDirector Essential

PowerDirector-Essential

Bagi Anda yang baru mengenal dunia editing video, sudah pasti akan takjub ketika tahu fitur gratis yang ditawarkan oleh PowerDirector Essential. Versi gratis dari aplikasi edit video terbaik ini mempunyai mekanisme program yang memungkinkan para pengguna untuk melakukan banyak hal.

Misalnya saja seperti mendalami tools pengeditan video, efek, hingga transisi fundamental yang terasa mumpuni serta praktis. Anda juga akan berpendapat jika versi gratis dari aplikasi ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan editing video sehari-hari.

Beberapa fitur gratis yang tersedia di dalam aplikasi ini, seperti akses tutorial Cyberlink, kontrol kecepatan video, chroma key, dan juga mode masks serta blending yang mumpuni.

16. InVideo

InVideo

Jika Anda melihat para marketer dan juga editor ternama, maka aplikasi yang biasanya mereka gunakan adalah InVideo. Ya, dengan adanya dukungan untuk frame yang cerdas, auto voice over, dan juga berbagai macam fitur yang mumpuni, membuat aplikasi ini banyak digunakan.

Yang lebih menarik lagi, aplikasi InVideo ini kompatibel dengan hampir semua desktop ini yang saat ini digunakan dalam dunia editing video. Para pengguna juga memuji aplikasi ini karena layanan customer support yang selalu siap siaga untuk membantu.

Selain itu, harganya yang terbilang cukup terjangkau dan tampilan UX yang simpel, membuat para editor betah untuk menggunakannya.

17. EaseUS Video Editor

EaseUS-Video-Editor

Rekomendasi aplikasi edit video terbaik untuk PC yang selanjutnya adalah EaseUS Video Editor. Software tersebut menawarkan tool editing vide yang efektif, namun tetap sederhana. Sehingga, aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh para pemula hingga profesional sekalipun.

EaseUS hadir dengan membawa fitur yang memungkinkan para pengguna untuk membuat video keren, dan langsung membagikannya ke semua platform media sosial yang dimiliki. Beberapa fitur menarik yang dimilikinya seperti trimming audio MP3, template library yang lengkap, serta penambahan efek.

Aplikasi ini juga menawarkan proses editor efek khusus yang sangat praktis. Hal ini karena pengguna bisa menambahkan overlay, transisi, serta filter ke klip dalam waktu yang singkat.

18. Freemake Video Converter

Freemake-Video-Converter

Freemake Video Converter merupakan sebuah aplikasi edit video gratis yang memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi serta mengonversi video di PC. Aplikasi ini juga mempunyai kemampuan untuk ekstrak audio dari klip, serta menyematkan video ke berbagai situs web.

Terkenal dengan sifatnya yang sederhana dan cepat, Freemake juga memungkinkan para pengguna untuk mengonversi klip video agar bisa diputar di berbagai jenis perangkat seluler. Aplikasi ini mampu mengonversi kurang lebih 500 format file video.

Bahkan Freemake Video Converter juga telah mendukung berbagai macam format audio dan juga gambar untuk membuat sebuah tayangan dalam bentuk slide.

19. VirtualDub

VirtualDub

VirtualDub adalah aplikasi edit video dengan tools yang ringan dan juga bisa digunakan secara gratis. Aplikasi ini memang dirancang secara khusus bagi para pengguna Windows. Dengan tampilan antarmuka yang sederhana, membuatnya sangat cocok digunakan untuk pemula.

Walaupun ringan serta praktis, namun fitur yang tersedia di dalamnya juga cukup fungsional. Oleh sebab itu, tidak heran jika aplikasi bernama VirtualDub ini sering dimanfaatkan oleh para profesional untuk menghasilkan editan video terbaik.

20. Movie Maker Online

Movie-Maker-Online

Rekomendasi aplikasi video editor terbaik yang terakhir adalah Movie Maker Online. Ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak ingin mendownload aplikasi khusus. Akan tetapi, penggunaan dari layanan ini hanya bisa dilakukan secara online saja.

Meskipun begitu, Movie Maker Online telah dibekali dengan berbagai macam fitur yang tidak kalah dari aplikasi video editor lainnya. Anda hanya perlu melakukan pengeditan video seperti keinginan, kemudian mendownload hasil dari pengeditan tersebut.

Jika ditelusuris secara lebih lanjut, masih ada banyak lagi alat yang bisa Anda gunakan untuk mengedit video. Namun beberapa aplikasi edit video terbaik yang sudah disebutkan desacanggu.id di atas, merupakan aplikasi yang paling direkomendasikan pada tahun ini.

Simak Juga :

Originally posted 2022-10-30 18:34:01.