Translate Bahasa Jawa : Krama, Ngko, Halus, Kuno, Padinan

Apakah kalian seorang yang memiliki darah dari suku Jawa tapi tidak bisa berbahasa Jawa atau kalian hanya sekedar ingin bisa berbahasa Jawa? jangan khawatir, ternyata Internet saat ini sudah menghadirkan banyak platform translate bahasa jawa gratis.

Mungkin kalian sering pergi ke tempat buyut atau krabat yang merupakan keturunan asli Jawa, banyak dari kita yang merasa kesulitan untuk berbaur dengan mereka. Apalagi mereka jarang sekali menggunakan bahasa Indonesia.

Namun platform yang saat ini telah hadir memberikan banyak kemudahan menerjemahkan bahasa khusus Indonesia – Jawa dengan sangat mudah. Maka dari itu kami akan berikan semua rekomendasi translate atau kamus bahasa jawa lengkap disini.

Daftar Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama, Halus, Kuno, Ngoko ke Indonesia Lengkap

Kami yakin kebanyakan dari kalian hanya mengetahui bahwa bahasa Jawa hanya ada bahasa halus dan juga kasar. Ternyata bahasa jawa sendiri ada banyak sekali yang bisa kalian temukan.

Di daerah jawa tertentu memiliki bahasa Jawa yang berbeda-beda dan kalian bisa mempelajari semuanya secara mudah. Apalagi bahasa jawa termasuk yang paling mudah dipelajari dibandingkan bahasa lainnya.

Bahkan saat seseorang dari suku lain mendengar orang berbicara bahasa Jawa, mereka akan paham bahwa bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa. Untuk mempelajarinya, kalian perlu menggunakan beberapa platform translate bahasa jawa ke Indonesia yang benar di bawah ini.

Google Translate – Translate Bahasa Jawa

Google-Translate-Translate-Bahasa-Jawa

Salah satu platform yang bisa kalian gunakan untuk melakukan translate bahasa Jawa ke Indonesia dan sebaliknya, aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan saat ini. Hampir semua bahasa di dunia tersedia di dalamnya.

Bahkan bahasa daerah di suatu negara tertentu sekalipun seperti Indonesia. Google Translate seringkali dijadikan aplikasi terjemahan utama. Apalagi dengan adanya terjemahan bahasa Jawa, tentunya pengguna akan langsung menggunakannya secara mudah.

Salah satu yang ditawarkan oleh pihak Google sendiri adalah fitur auto translate yang membuat kita hanya mengetik kata atau kalimat yang ingin di terjemahkan. Tidak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan banyak sinonim Verba di dalamnya.

Ini adalah salah satu translate bahasa Jawa ke Indonesia yang bisa kalian gunakan sehari-hari. Kita juga bisa gunakan fitur terjemahan menggunakan suara, ini jauh lebih mudah jika kalian kesulitan menyerap apa yang mereka katakan.

Namun yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya menyediakan satu bahasa saja. Jika diperhatikan, bahasa  tersebut merupakan bahasa jawa kasar seperti saat kita melakukan terjemahan kata “makan” yang diterjemahannya menjadi kata “mangan”.

BocahKampus – Translate Bahasa jawa – Ngoko, Krama Alus, Krama Lugu

Mungkin pada Google Translate hanya memiliki satu bahasa jawa saja. Namun jika kalian mengunjungi website ini, kalian akan mendapatkan beberapa pilihan translate bahasa jawa yang sangat lengkap.

Website ini cukup memberikan kalian banyak pilihan bahasa Jawa yang sangat beragam. Kalian akan disuguhkan dengan tiga pilihan bahasa Jawa dari 4 (empat) translate diantaranya;

  • Indonesia ke Jawa (Krama Lugu)
  • Indonesia ke Jawa (Ngoko)
  • Jawa ke Indonesia
  • Indonesia ke Jawa (Krama Alus)

Sebenarnya untuk petunjuk penggunaan website translate bahasa jawa halus sehari hari, jawa krama dan lainnya ini sangat mudah. Jika kalian ingin mengubah bahasa Indonesia ke Jawa hanya pilih salah satu dari ketiga-nya.

Namun jika kalian ingin mengubah semua jenis bahasa (Krama Lugu, Ngoko, Alus) ke bahasa Indonesia hanya pilih “Jawa ke Indonesia”. Ini jauh lebih mudah dan sederhana yang pernah kami temukan saat ini.

Kita juga bisa mengubah tampilan layarnya menjadi dark mode agar pengguna semakin nyaman menggunakannya. Tidak hanya itu, iklan di website ini terbilang sangat ramah dan tidak mengganggu sama sekali.

Namun kekurangannya adalah tidak bisa auto translate seperti yang ada pada aplikasi Google Translate. Meskipun begitu tidak masalah karena proses terjemahannya juga tidak sampai 1 detik.

Saintif – Translate Bahasa Jawa

Selanjutnya jika kalian ingin mencari translate bahasa Jawa ke Indonesia yang beragam bisa coba untuk mengunjungi website Saintif. Web ini menyediakan terjemahan yang kalian butuhkan untuk bisa berbahasa Jawa.

Pada website ini justru lebih lengkap karena menghadirkan banyak terjemahan dari bahasa Indonesia ke Jawa. Ada 4 (empat) pilihan yang bisa kalian gunakan untuk menerjemahkan bahasa tersebut diantaranya;

  • Indonesia ke Jawa Krama (bahasa jawa sopan)
  • Indonesia ke Jawa Kramantara (Sama dengan Jawa Krama tapi tanpa dicampur inggil)
  • Indo ke Jawa Wredha-Krama (bahasa krama orang tua/buyut)
  • Indo ke Jawa Krama Pasar (bahasa krama dalam bentuk lisan)

Jadi kalian bisa mengerti masing-masing penggunaan dari bahasa yang tersedia di dalam website ini. Tentunya terjemahan Bahasa Jawa ini dikembangkan oleh Udin Tegal sekaligus programer dari fitur translate ini.

Jika dibandingkan dengan website sebelumnya, pada situs ini ternyata memiliki satu kelemahan yaitu tidak bisa menerjemahkan bahasa Jawa ke bahasa Indonesia. Kami pikir ini akan menjadi kesulitan tersendiri bagi para penggunanya.

Apalagi mereka tidak selalu menerjemahkan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Jawa saja, melainkan Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia. Lain halnya dengan website sebelumnya yang mendukung semua Bahasa Jawa untuk diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Cara Menggunakannya juga tidak terlalu sulit dan hampir sama seperti website sebelumnya. Kalian hanya piliih salah satu terjemahan dan ketikan kata atau kalimat apapun. Kemudian pilih Terjemahkan, nanti hasilnya akan muncul tidak sampai 1 detik.

Translator Jawa

Translator-Jawa

Rekomendasi aplikasi translate bahasa jawa yang menurut kami paling lengkap adalah Translator Jawa. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan di Play Store secara gratis, belum lagi ukurannya terbilang sangat ramah.

Kalian bisa melakukan terjemahan lebih fleksibel dibandingkan melalui website translate bahasa jawa halus sehari hari manapun. Belum lagi aplikasi ini bisa digunakan pada berbagai versi perangkat Android manapun.

Kami pastikan bahwa versi aplikasi ini bisa digunakan pada smartphone versi lama. Kalian bisa menerjemahkan ke bahasa Ngoko, Basa Krama, Basa Krama Inggil dan lainnya.

Yang membuat admin desacanggu.id tertarik menggunakan aplikasi ini yaitu kita bisa melakukan terjemahan dengan sangat cepat meski pengguna mengetik banyak kalimat di dalamnya.

Di aplikasi ini juga ternyata terdapat fitur auto translate yang sama seperti Google Translate. Versi aplikasi ini memang sudah seharusnya terdapat fitur tersebut dan tidak harus konfirmasi dengan klik translate.

Selain itu ada fitur unggulan seperti kamus yang membuat kalian menemukan banyak Bahasa Jawa seperti ingin mendapatkan translate bahasa jawa ngoko ke krama secara bersamaan. Namun fitur ini akan sangat berguna suatu saat nanti saat kalian ingin mencari perbandingannya.

Fitur-fitur Lengkap:

  • Terjemahan dari Indonesia – Ngoko
  • Terjemahan dari Indonesia – Krama Inggil
  • Pencarian kata (Kamus)
  • Tombol salin hasil terjemahan
  • Terjemahan dari Indonesia – Krama

Sayangnya, pihak developer dari aplikasi ini sudah tidak melakukan update sejak tahun 2017. Mungkin update saat ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan para pengguna aplikasi translate.

Kalian dapat mendownload aplikasi translator bahasa jawa —->> DISINI

Translate Bahasa Jawa – Code Source Studio

Translate-Bahasa-Jawa-Code-Source-Studio

Jika kalian ingin mendapatkan aplikasi translate bahasa jawa yang lengkap dan up to date, sebaiknya unduh aplikasi yang di-publish oleh pihak Code Source Studio. Meskipun tidak rutin melakukan update, tapi ini yang lebih baik.

Jangan khawatir dengan jumlah unduhan yang jauh lebih sedikit dengan aplikasi sebelumnya. Nyatanya aplikasi Translate Bahasa Jawa tengah ke bahasa Indonesia ini jauh lebih keren dan lengkap, jadi wajib untuk kita unduh.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 50 ribu pengguna ternyata memiliki fitur keren yang sama seperti Google Translate. Yang tidak ada pada aplikasi translate bahasa jawa kuno lainnya adalah pengguna bisa translate suara ke suara.

Selain itu aplikasi ini juga terkenal dengan kelebihan lainnya yang wajib digunakan setelah memasangnya. Berikut ini adalah fitur Translate Bahasa Jawa halus lengkap di bawah ini.

Fitur-fitur Lengkap

  • Translate Teks Bahasa Indonesia ke Bahasa Jawa Halus
  • Translate Suara Bahasa Jawa
  • Kamus Bahasa Jawa
  • Translate Kamera Bahasa Jawa
  • Salin dan tempel tetks
  • Teks pidato
  • Suara ke teks
  • Terjemahkan kata dan frasa
  • Dan lainnya.

Jika dibandingkan dengan semua platform yang kami jelaskan diatas, ada satu fitur yang paling bermanfaat di aplikasi. Benar, pengguna bisa melakukan terjemahan bahasa jawa secara offline.

Fitur ini sangat cocok apabil kalian sedang berada di kampung halaman dan tidak memiliki koneksi internet yang kuat. Silahkan gunakan aplikasi ini sesuka kalian.

Sejauh ini, aplikasi ini menjadi yang terbaik meskipun belum banyak yang mengunduhnya. Mungkin dengan adanya update terbaru akan membuat aplikasi ini jauh lebih baik dari sebelumnya.

Aplikasi Translate Bahasa Jawa ke Aksara Jawa yang Benar dan Paling Lengkap

Aplikasi-Translate-Bahasa-Jawa-ke-Aksara-Jawa-yang-Benar-dan-Paling-Lengkap

Bahasa jawa tidak hanya terkenal memiliki berbagai jenis bahasanya saja, tetapi aksara-nya juga wajib kalian pelajari. Biasanya di daerah tertentu, kalian akan menemukan plang dalam aksara jawa.

Kalian bisa mempelajarinya dengan sangat mudah, ditambah saat ini sudah ada banyak aplikasi yang menyediakan kebutuhan terjemahan aksara jawa. Pengguna bisa melakukan translate latin ke aksara dan sebaliknya.

Kami memiliki dua rekomendasi aplikasi yang sangat cocok digunakan pada perangkat Android. Berikut ini adalah aplikasi terbaik yang bisa kalian temukan di bawah ini.

Aksara Jawa – Hirson

Aplikasi translate bahasa jawa ke aksara jawa yang paling kami rekomendasikan yaitu buatan dari developer Hirson. Pada dasarnya, ini merupakan aplikasi konversi aksara Jawa yang paling banyak dicari saat ini.

Tidak hanya fokus mengkonversi dari latin ke Aksara Jawa saja, tetapi dapat juga sebaliknya. Aplikasi ini dirancang bagi kalian yang ingin mengkonversikannya secara instan.

Fitur-fitur Lengkap

  • Aksara Jawa dan pasangan
  • Aksara Swara
  • Aksara Rekaan
  • Aksara Murda dan pasangan
  • Aksara Wilangan
  • Sandhangan

Aksara Jawa – Nulis Aksara Jawa

Aplikasi ini sagnat cocok untuk kalian yang ingin melakukan konversi tulisan latin ke Aksara Jawa. Tidak perlu mengunduh font aksara jawa, karena sudah langsung terdapat di dalamnya.

Jadi pengguna juga bisa mengetik aksara jawa melalui ponsel dan memudahkan penggunanya untuk belajar menulis aksara jawa sekaligus melestarikannya. Beberapa fitur yang bisa kalian dapatkan sebagai berikut.

  • Mengetik Aksara Jawa dengan hasil bacanya
  • Konversi tulisan menjadi Aksara Jawa
  • Dilengkapi dengan Aksara mulai dari huruf dasar, aksara murda, pasangan, swara, rekan dan angka jawa
  • Tulisan (aksara jawa) bisa disimpan sebagai gambar.
  • Tulisan (aksara jawa) bisa disalin sebagai teks.

Kekurangan yang mungkin akan kalian temui adalah ada teks Aksara Jawa yang mungkin terpotong karena tidak semua ponsel dapat mendukung aplikasi ini.

Baca Juga:

Originally posted 2022-12-19 17:27:42.