Pinjaman Kur BRI 2023, Syarat dan Tabel Angsurannya Lengkap!

Awal tahun 2023, menjadi salah satu peluang bagi pelaku usaha untuk mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Kalian yang belum memiliki modal bisa mencoba mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023.

Mungkin dari kalian masih bertanya-tanya tentang pinjaman KUR BRI 2023 kapan dibuka? pertanyaan seperti ini selalu dipertanyakan. Namun kalian bisa terlebih dahulu mengetahui informasi detail untuk melakukan pengajuannya.

Dengan begitu kita bisa lebih siap saat akses tersebut telah dibuka melalui laman website mereka. Silahkan kalian lebih lengkap informasi yang kami berikan tentang KUR BRI 2023 online secara lengkap di bawah ini.

Alasan Banyak yang Memilih Layanan Pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) BRI 2023

Alasan-Banyak-yang-Memilih-Layanan-Pinjaman-KUR-Kredit-Usaha-Rakyat-BRI-2023
Alasan-Banyak-yang-Memilih-Layanan-Pinjaman-KUR-Kredit-Usaha-Rakyat-BRI-2023

Mungkin banyak yang belum mengetahui, sebenarnya apa itu KUR BRI? Kementrian UMKM dan Koperasi memiliki program khusus bagi pengembang usaha-usaha mikro. Tentunya usaha-usaha seperti ini tidak lepas dari peran pemerintah dan lembaga keuangan.

Tujuan dari pengembangan layanan usaha dengan menciptakan program Kredit Usaha Rayat (KUR) dan bekerja sama dengan banyak instansi perbankan seperti Bank BRI. KUR BRI memiiliki batas atas kredit mencapai Rp 500 juta yang diberikan kepada pelaku usaha mikro.

Tidak hanya itu saja, pelaku usaha kecil dan juga koperasi dengan bisnis produktif. Bahkan Perusahaan Penjamin juga mendapatkan jaminan usaha tersebut. Meskipun bekerja sama dengan pemerintah, nyatanya ada beberapa perbedaan.

Khususnya pinjaman KUR BRI online menjadi salah satu yang paling banyak dicari karena menawarkan suku bunga yang begitu rendah. Tujuan yang begitu mulia agar meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM atau usaha.

Untuk rincian berapa bunga yang diberlakukan oleh pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) bisa kalian ketahui pada pembahasan selanjutnya. Yang jelas, bagi kalian yang berminat untuk mengembangkan usaha mikro bisa temukan semuanya dengan lengkap disini.

Lihat Dulu! Apa Saja Jenis-jenis KUR BRI 2023 dan DANA yang Diajukan Calon Debitur UMKM

Ada banyak program yang bisa diambil bagi kalian yang ingin mengembangkan usaha dengan melakukan pinjaman KUR BRI. Kalian dapat memilih salah satu yang mungkin sesuai dengan keadaan perekonian peminjam itu sendiri.

Ada beberapa jenis-jenis KUR BRI yang bisa diajukan oleh calon Debitur dengan panawaran dapat menentukan pilihan kalian. Berikut ini adalah golongan KUR BRI yang dapat kalian pilih sebagai usaha mikro di bawah ini.

KUR BRI 2023 Kelas Mikro

Pada jenis KUR BRI ini, kalian dapat melakukan pinjaman maksimum sebesar Rp 50 juta per debitur. Jenis pinjaman yang bisa kalian dapatkan bisa lihat di bawah ini.

  • Kredit Modal Kerja (KMK) yang dapat kalian lakukan dengan masa pinjaman selama 3 (tiga) tahun.
  • Kredit Investasi (KI) yang bisa kalian lakukan dengan masa pinjaman selama 5 (lima) tahun

Pada jenis kelas mikro ini, debitur hanya membayar bunga sebesar 6% per tahun. Yang jelas, tidak akan ada beban biaya administrasi dan provisi. Inilah pilihan pertama yang paling banyak dicari oleh calon Debitur.

KUR BRI 2023 Kelas Kecil

Kemudian untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023 selanjutnya ada jenis kelas Kecil yang membuat calon Debitur bisa meminjam mulai dari Rp 50 juta – Rp 500 juta. Biasanya ide bisnis merujuk pada bisnis seperti Bisnis Kafe, Bisnis Pakaian, Jasa Laundry dan lainnya.

Adapun jenis pinjaman yang bisa kalian dapatkan seperti Kredit Modal KErja (KMK) dan Kredit Investasi (KI). Berikut adalah rincian maksimum masa pinjaman di bawah ini.

  • Kredit Modal Kerja (KMK) masa pinjaman 4 (empat) tahun
  • Kredit Investasi (KI) masa pinjaman 5 (lima) tahun

Suku bunga yang ditawarkan juga sama seperti kelas Mikro yaitu 6% per tahun. Tapi ada aset wujud atau tak wujud berdasarkan peraturan dari Bank.

KUR BRI 2023 Kelas TKI

Terakhir ada jenis pinjaman KUR BRI kelas TKI dengan maksimum pinjaman sebesar Rp 25 juta atau sesuai dengan ketentuan dari pemerintahan. Masih sama seperti sebelumnya, suku bunga yang ditawarkan sebesar 6% per tahun.

Ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan KUR BRI kelas Mikro tapi tapi kalian juga tidak dipungut biaya administrasi dan provisi. Masa pinjaman bisa dilakukan selama 3 (tiga) tahun sesuai dengan kontrak kerja.

Adapun penempatan bagi calon Debitur yang ingin mendapatkan KUR BRI kelas TKI ini diantaranya Hong Kong, Brunei, Korea Selatan, Taiwan, Singapura dan Malaysia.

Apa Saja Syarat Pinjaman KUR BRI 2023 yang Harus Dipenuhi Oleh Calon Debitur Untuk Usaha Mikro

Apa-Saja-Syarat-Pinjaman-KUR-BRI-2023-yang-Harus-Dipenuhi-Oleh-Calon-Debitur-Untuk-Usaha-Mikro

Setelah kalian tahu apa saja jenis-jenis pinjaman KUR BRI 2023, pasti banyak yang mempertanyaan bagaimana dengan syarat-syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon Debitur.

Dengan informasi berapa jumlah peminjaman yang bisa dilakukan, pasti kalian penasaran dengan persyaratan yang diberlakukan oleh pihak KUR BRI. Disini kami akan jelaskan ketentuan berdasarkan jenis-jenis yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Tidak banyak persyaratan yang diminta oleh pihak BRI, kalian hanya penuh beberapa syarat yang kami dapatkan dari sumber aslinya. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang admin desacanggu.id tulis di bawah ini.

KUR BRI Kelas Mikro

  • Memiliki usaha aktif yang sedang berjalan minimal 6 bulan
  • Calon Kreditur adalah Individu (perorangan) yang sudah mempunyai usaha layak dan produktif
  • Tidak dalam masa menerima kredit dan perbankan. Pengecualian lainnya seperti kredit konsumtif seperti KKB, KPR dan Kartu Kredit
  • Lengkap persyaratan administrasi: Identitas diri diantaranya KTP, Surat Izin Usaha dan Kartu Keluarga (KK).

KUR BRI Kelas Kecil

  • Calon Debitur mempunyai usaha layak dan produktif
  • Aktif menjalankan usaha minimal 6 bulan
  • Tidak dalam masa penerimaan kredit dari perbankan selain kredit konsumtif diantarnaya KKB, KPR dan kartu kredit
  • Mempunyai Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil atau IUMK. Bisa juga jenis Surat Ijin lainnya yang bisa disetarakan

KUR BRI Kelas TKI

  • Individu atau perorangan yang merupakan calon TKI yang siap berangkat ke negara tujuan
  • Persyaratan administrasi seperti Identitas diri (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), perjanjian kerja antara calon Debitur dengan pengguna Jasa dan perjanjian penempatan kerja
  • Visa
  • Passpor dan
  • Persyaratan lainnya berdasarkan ketentuan

Daftar Besaran Angsuran Pinjaman KUR BRI 2023 yang Dapat Dipilih Calon Debitur UMKM

Daftar-Besaran-Angsuran-Pinjaman-KUR-BRI-2023-yang-Dapat-Dipilih-Calon-Debitur-UMKM

Kita sudah mengetahui jenis-jenis pinjaman KUR BRI 2023 dengan angsuran yang telah ditentukan. Tetapi banyak yang belum mengetahui berapa biaya ansuran yang diberikan kepada Calon Debitur KUR BRI.

Kami memiliki beberapa pilihan bagi kalian yang ingin meminjam KUR mulai dari Rp 50 juta, Rp 100 juta hingga Rp 150 juta. Dengan begitu Calon Debitur bisa mengetahui berapa nominal yang harus dibayarkan setiap bulan-nya.

Kami akan berikan daftar besaran angsuran pinjaman KUR BRI mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan. Berikut ini adalah daftar tabel KUR BRI 2023 lengkapnya di bawah ini.

Angsuran Pinjaman KUR BRI 2023 Dengan Biaya Rp 50 juta

  • Rp 4.303.321 per bulan (12 bulan)
  • Rp 2.911.587 per bulan (18 bulan)
  • Rp 2.216.031 per bulan (24 bulan)
  • Rp 1.521.097 per bulan (36 bulan)

Angsuran Pinjaman KUR BRI 2023 Dengan Biaya Rp 100 juta

  • Rp 8.606.633 per bulan (12 bulan)
  • Rp 5823.056 per bulan (18 bulan)
  • Rp 4.431.967 per bulan (24 bulan)
  • Rp 3.042.198 per bulan (36 bulan)
  • Rp 2.348.633 per bulan (48 bulan)
  • Rp 1.933.167 per bulan (60 bulan)

Angsuran Pinjaman KUR BRI 2023 Dengan BIaya Rp 150 Juta

  • Rp 12.909.964 per bulan (12 bulan)
  • Rp 6.648.092 per bulan (24 bulan)
  • Rp 4.563.291 per bulan (36 bulan)
  • Rp 3.522.754 per bulan (48 bulan)
  • Rp 2.899.920 per bulan (60 bulan)

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023 Paling Mudah Secara Online

Bagaimana-Cara-Mengajukan-Pinjaman-KUR-BRI-2023-Paling-Mudah-Secara-Online

Sudah cukup banyak apa yang kita ketahui tentang KUR BRI 2023 mulai dari syarat dan ketentuan, jenis-jenis KUR, Angsuran dan lainnya. Tahap terakhir yang bisa kalian ketahui tentunya adalah bagaimana cara mengajukan pijaman KUR BRI dengan mudah.

Apalagi dengan manfaat yang kita dapatkan dan keuntungan seperti pinjaman dengan bunga yang begitu kecil memberikan keringanan bagi calon Debitur. Tidak heran banyak seseorang yang ingin mengembangkan usaha mikro mereka dengan mengikuti program KUR BRI.

Lalu, bagaimana cara melakukan pinjaman KUR BRI 2023? kalian bisa melakukannya dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Cara yang akan kami berikan langkah-langkah paling mudah yang dilakukan secara online.

Bahkan kalian bisa melakukan pengajuan KUR BRI di perangkat ponsel Android maupun iOS. Silahkan ikuti langkah-langkah mudah untuk mengajukan pinjaman KUR BRI 2023 dengan sangat mudah pada tuttorial di bawah ini.

  1. Pertama kalian buka browser yang dimiliki dan kunjungi website resmi melalui alamat https://kur.bri.co.id/
  2. Masuk menggunakan email apapun, disarankan menggunakan Google Akun
  3. Kemudian kalian bisa ikuti alur dari yang diberikan oleh sistem website tersebut
  4. Nantinya kalian akan dibawa pada halaman untuk melengkap data
  5. Silahkan unggah softcopy dokumen yang dibutuhkan seperti KK, KTP, Pas Foto dan file berdasarkan persyaratan dari pihak penyedia KUR
  6. Silahkan pilih nominal dana yang akan kalian ajukan berdasarkan tempo yang diinginkan.
  7. Selanjutnya kalian pilih Hitung Angsuran untuk melihat total angsuran yang harus Debitur bayarkan setiap bulannya.
  8. Terakhir kalian hanya klik Ajukan Pinjaman dan hanya tunggu untuk disetujui dari pihak Bank
  9. Selesai.

Alternatif Lain! Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023 Paling Mudah Secara Offline

Mungkin hampir banyak yang lebih memilih mengajukan pinjaman KUR BRI secara offline karena kita akan langsung dilayani apabila benar-benar tidak mengetahuinya. Kalian bisa kunjungi langsung ke kantor cabang BRI di wilayah kalian sendiri.

Kalian hanya membawa persyaratan yang diminta seperti yang kami jelaskan diatas. Kalian pastikan semua berkas tersebut lengkap dan nantinya kalian akan diarahkan petugas apa saja yang harus dilakukan.

Saat itu kalian bisa mengisi formulir dan ikuti prosedur pengajuan sampai selesai. Dengan begitu, Calon Kreditur akan diverifikasi dan hanya menunggu pencairan dana KUR BRI.

Kapan Cair Dana Setelah Mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023

Pertanyaan yang selalu kami temukan di beberapa forum terkait berapa lama pencairan dana setelah Calon Debitur mengajukan pinjaman KUR BRI 2023. Sebenarnya saat kalian mengajukan pinjaman akan diberitahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pencairan dana.

Namun tidak sedikit Calon Debitur yang langsung menanyakan hal tersebut sebelum melakukan pengajuan. Biasanya proses pencairan KUR BRI harus menunggu waktu kurang lebih 7 hari dan bahkan ada yang sampai 14 hari.

Hingga saat ini belum begitu terlihat terkait perubahan bunga sampai ansuran dari cicilan KUR BRI di tahun ini. Namun dari yang diinformasikan saat ini oleh beberapa sumber, rinciannya masih seperti sebelumnya.

Setelah melihat semua informasi lengkap yang kami bagikan tentang KUR BRI 2023, sepertinya sudah cukup dari apa yang kami bagikan. Kalian dapat melihat informasi lengkap lainnya hanya di website ini.

Baca Juga :

Originally posted 2023-01-12 21:41:51.