Contoh Greeting Card dalam Bahasa Inggri dan Artinya, Lengkap!

Saat ini sangat mudah mengirimkan ucapan selamat atas momen spesial atau pencapaian yang berhasil diraih melalui sosial media, pesan singkat, hingga chat Whatsapp. Meski begitu, banyak juga yang memilih untuk memberikan kartu ucapan. Lantas, seperti apa contoh greeting card yang baik?

Kartu ucapan sendiri lebih dikenal dengan istilah greeting card dan biasanya diberikan kepada orang-orang terdekat, relasi dan lainnya. Tentunya kartu ucapan bisa memberikan banyak manfaat karena menjadi bentuk simpati, perhatian, dan kasih sayang dari pengirim kepada penerima.

Lantas bagaimana ya cara menulis greeting card yang benar? Sebelum membuat tulisan greeting card, kamu perlu mengetahui jenis dan struktur yang ada di dalamnya. Untuk lebih memahami tentang greeting card dan cara pembuatannya, kamu bisa ikuti ulasan selengkapnya di bawah ini.

Greeting Card adalah

Greeting-Card-adalah

Pada dasarnya greeting card merupakan Bahasa Inggris dari kartu ucapan. Di dalam Merriam-Webster Learner’s dictionary, greeting card bisa diartikan sebagai sebuah kartu yang dihiasi dengan pesan khusus berupa ucapan selamat ataupun doa yang dikirimkan untuk seseorang pada acara spesial.

Pemberian greeting card sendiri bertujuan untuk memberikan doa dan ucapan serta harapan dan sebagai bentuk simpati kepada orang yang dikirimkan kartu ucapan. Tentunya ucapan dan doa pada greeting card bisa disesuaikan dengan situasi dan momen spesial yang dirayakan.

Contoh sederhananya, jika kamu membuat kartu ucapan untuk temanmu yang sedang merayakan kelulusan, maka tujuan dari pemberian greeting card adalah memberikan ucapan selamat atas kelulusan dan prestasi yang telah dicapai.

Biasanya greeting card diberikan bersama dengan kado atau bingkisan tertentu sebagai hadiah. Seperti misalnya saat kamu akan memberikan hadiah kepada temanmu yang wisuda. Maka kamu bisa menyertakan greeting card sebagai ucapan turut berbahagia atas keberhasilannya lulus kuliah.

Perbedaan Greeting Card Zaman Dulu dan Sekarang

Perbedaan-Greeting-Card-Zaman-Dulu-dan-Sekarang

Perlu diketahui bahwa greeting card pertama kali dikenal pada tahun 1846 dan diproduksi secara massal oleh Henry Cole, seorang pengusaha asal Inggris. Namun banyak yang berspekulasi bahwa greeting card sebenarnya sudah ada sejak zaman Mesir Kuno dengan catatan salam di dalam papirus.

Seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, greeting card pun mulai mengalami perubahan. Khususnya dalam hal pengiriman kepada orang lain yang dituju. Sebelum teknologi modern berbasis internet digunakan, greeting card lebih lazim dikirimkan melalui pos.

Untuk saat ini, greeting card bisa dengan mudah dikirimkan secara online melalui WhatsApp, email maupun sosial media dalam bentuk kartu ucapan digital. Tentunya dengan desain yang sangat bervariasi dan bisa disesuaikan dengan jenis perayaan serta peristiwa yang akan diberikan ucapan.

Saat ini contoh kalimat greeting card dalam Bahasa Inggris sangat mudah ditemukan di internet sehingga kamu bisa mengunduhnya dan menggunakannya sesuai kebutuhan. Kamu pun bisa memilih greeting card yang paling tepat dengan desain yang menarik.

Apa Pentingnya Greeting Card

Apa-Pentingnya-Greeting-Card

Pada dasarnya sebuah greeting card bisa memiliki arti yang sangat penting bagi seseorang sehingga semakin berbahagia, merasa didukung atau bahkan terhibur. Seperti misalnya greeting card berupa ucapan semoga cepat sembuh.

Tentu akan membuat penerima merasa didukung dan lebih bersemangat dalam menjalani hari-harinya meskipun sedang sakit. Rasa senang karena ada yang bersimpati juga bisa membangkitkan suasana hati sehingga memungkinkan penerima lebih cepat sembuh. Ucapan tersebut juga menjadi doa.

Demikian juga ketika seseorang baru saja ditinggal oleh orang terdekat, maka greeting card berupa ucapan belasungkawa serta support dari berbagai pihak bisa memberikan semangat tersendiri. Sehingga semakin kuat dan tegar dalam menjalani masa sulit yang tengah dihadapi.

Secara garis besar greeting card merupakan sebuah ucapan yang mengekspresikan berbagai macam perasaan. Mulai dari perasaan bahagia, simpati, kekaguman, cinta, dan lain sebagainya. Dengan ucapan tersebut maka bisa mempererat hubungan emosional sehingga tercipta keharmonisan.

Baca Juga : Merry Christmas Ucapan Selamat Natal Indonesia dan Inggris

Jenis-Jenis Greeting Card

Jenis-Jenis-Greeting-Card

Contoh greeting card akan dijelaskan secara lengkap pada artikel ini. Namun sebelumnya, kamu perlu mengetahui apa saja jenis greeting card seperti berikut:

Greeting Card Keterangan
Birthday Card Kartu ucapan yang diberikan kepada seseorang yang berulang tahun, biasanya juga disertai dengan doa semoga sehat dan panjang umur
Baby Born Card Kartu ucapan selamat atas kelahiran buah hati
Condolence Card Kartu ucapan duka cita yang diberikan kepada mereka yang kehilangan seseorang
Congratulation Card Kartu ucapan selamat kepada seseorang atas pencapaiannya meraih suatu keberhasilan
Graduation Card Kartu ucapan selamat yang diberikan kepada seseorang atas kelulusannya, misal lulus sekolah, lulus kuliah, lulus pendidikan tertentu
Wedding Card Kartu ucapan selamat kepada seseorang atas momen pernikahannya
Getting Well card Kartu ucapan yang memberikan semangat dan doa kepada seseorang semoga cepat sembuh
Thanking Card Kartu ucapan yang dibuat sebagai bentuk terima kasih
National Holiday Card Kartu ucapan selamat atas perayaan hari libur nasional
Romantic Card Kartu ucapan selamat untuk momen spesial, seperti hari jadi bersama pasangan atau ulang tahun pernikahan, dan momen romantis lainnya

Baca Juga : 40 Contoh Ucapan Selamat Hari Ibu dan Kartu Ucapan Yang Menyentuh Hati

Struktur dalam Greeting Card

Struktur-dalam-Greeting-Card

Mungkin akan lebih mudah untuk memahami cara pembuatan greeting card melalui contoh kalimat greeting card yang akan dibahas nanti. Untuk memudahkan dalam menulis greeting card, kamu perlu mengetahui apa saja struktur yang harus ada dalam sebuah greeting card seperti di bawah ini.

1.    Penerima atau Receiver

Salah satu struktur dalam greeting card yang harus ada adalah penerima. Jadi kartu tersebut akan dikirimkan kepada siapa, tentunya harus jelas agar tidak salah alamat. Biasanya penerima atau receiver terletak pada bagian atas greeting card.

Sebelum menuliskan nama penerima, baik individu maupun kelompok, maka bagian depannya diawali dengan kata dear, to atau to my beloved. Misalnya saja, To my lovely girl, To my best partner, to my beloved husband, Dear Molly, dan lain sebagainya.

2.    Isi atau Body

Pada bagian isi greeting card kamu bisa menuliskan ucapan selamat, doa serta harapan maupun ucapan simpati sesuai situasi yang terjadi. Biasanya dalam body akan dituliskan kutipan indah serta harapan pengirim di momen spesial untuk si penerima.

Agar terlihat lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan dekorasi yang cantik seperti hiasan dan gambar pada kartu ucapan. Gambar pada kartu ucapan biasanya merupakan ilustrasi dari hari spesial yang diberi ucapan selamat.

Body pada greeting card juga bisa berupa expression seperti ungkapan simpati atas musibah yang sedang menimpa seseorang.

3.    Pengirim atau Sender

Pada bagian ini akan tercantum nama pengirim, yaitu orang yang mengirimkan kartu ucapan atas peristiwa yang terjadi. Kalau kamu sebagai pengirim kartu ucapan maka namamu bisa dicantumkan pada kartu ucapan, atau bisa juga dengan menuliskan inisial nama saja.

Selain itu pada bagian pengirim kamu juga bisa mencantumkan istilah lain yang lebih berkesan, seperti your best friend, your wife, dan lain sebagainya. Adapun letak pengirim biasanya berada di bagian bawah kartu ucapan.

4.    Unsur Kebahasaan atau Language Features

Struktur terakhir berkaitan dengan unsur kebahasaan yang akan membuat ucapan selamat semakin lengkap dan sempurna. Berikut adalah beberapa contoh kartu ucapan greeting card dengan struktur kebahasaan tertentu sesuai situasi dan peristiwa yang terjadi:

 

Ucapan Selamat (Happy) atau

Turut Berbahagia (Consolation)

 

 

Ungkapan simpatik (Sympathy) atau

Turut Berduka Cita (Condolences)

 

Selamat ulang tahun! (Happy birthday!)

Selamat tahun baru! (Happy new year!)

Selamat atas pernikahannya! (Happy wedding!)

Selamat atas kelulusan kamu! (Congratulation for your graduation)

 

 

Saya turut bersedih atas kehilangan yang kamu rasakan (I’m sorry for your loss)

Please accept my condolences (Mohon diterima ucapan duka cita saya)

Semoga cepat sembuh! (Get well soon!)

Baca Juga : Contoh Teks Hikayat Singkat Beserta Strukturnya, Lengkap!

Contoh Greeting Card Lengkap

Contoh-Greeting-Card-Lengkap

Agar kamu semakin paham dengan pembahasan tentang greeting card, berikut ini beberapa contoh kartu ucapan atau greeting card yang bisa dijadikan referensi:

1. Holiday Card

 

To my beloved friend Nina

 

Happy holiday!

Wishing you a beautiful holiday season!

 

Your bestie, Sinta

 

2. Contoh Greeting Card Birthday

 

Dear,  Anna

 

Happy birthday to you girl!

Hope you’ll always keep charming, happy and showing the best in your life.

Stay healthy, ok!

 

With love, Nova

 

Dear, Olive

 

Happy birthday!

I hope your dreams come true!

 

With love, Nanda

 

Dear, Mira

 

Happy birthday!

Great  year to come, all the best wishes for you

Be happy as always:)

 

With love, Rani

 

 

To my best friend Randy

 

Happy birthday!

May you become a better person and blessed person

Stay healthy!

 

From Dani

 

3. Contoh Greeting Card Wedding

 

To Raka and Ratih

 

Happy wedding for you both!

May the love you have got stronger and full of happiness

 

From Mona

 

 

To my favorite couple, Doni and Dina

 

Happy wedding!

May your marriage be happy forever.

 

Your cute friend, Lia

4.  Contoh Greeting Card Get Well

 

Hi, Karin

 

How are you?

We wish you a speedy recovery. Get better soon, cause we can’t wait to have you here back with us.

 

All the love, Mita

 

 

Dear, Novia

 

How are you?

We wish you get well soon and can return to your normal activities.

We miss you.

 

With love, all your friends

 

5. Contoh Greeting Card Happy Graduation

 

Hi, Andy

 

Happy Graduation!

Wishing you success and always happiness in everything that you will do.

 

From, Nia

 

 

Dear, Bian

 

Happy Graduation!

I hope your dream can come true as soon as possible.

Keep struggling!

 

With love, Putri

 

6. Contoh Greeting Card Baby Born

 

To Maryam

 

Congratulations!

Wishing you and your dearest baby a lifetime of good health and happiness!

 

With love, Mirna

 

7. Contoh Greeting Card Condolence

 

To Helena

 

My deepest, most heartfelt condolences are with you and your family.

 

With love, Adam

 

8. Thanking Card

 

Dear Customer,

 

Thankyou for your order

We hope you love your purchase

 

Ola Baby Shop

 

9. Contoh Greeting Card Anniversary

 

To my beloved husband

 

Happy anniversary!

 

I’m so grateful to be sharing this journey with someone I love.

Here’s to a long, happy life with you.

 

With love, your wife

 

Bagaimana, sekarang kamu pasti sudah lebih paham dalam membuat greeting card. Kamu bisa menjadikan contoh greeting card di atas sebagai referensi dan belajar untuk membuat sendiri greeting card sesuai keperluan. Ingat ya, pastikan greeting card yang dibuat sudah memuat semua struktur.

Originally posted 2023-01-05 18:59:19.