Contoh Cerpen Singkat Paling Lengkap Beserta Strukturnya

Halo sahabat canggu’! jumpa lagi kita dalam halaman yang senantiasa akan menyajikan beragam informasi tentang materi pendidikan seperti materi contoh cerpen yang akan dibahas di bawah ini. Cerpen merupakan salah satu materi pembahasan tentang cerita pendek yang mungkin sering kamu dengar di sekolah atau di tempat edukasi lainnya.

Di dalam contoh cerpen ini di dalamnya memuat berbagai cerita pendek, singkat dan lengkap, yang semuanya sudah dikemas dengan sangat baik tanpa mengurangi inti dan kilasan dari cerita yang diceritakan di dalamnya. Melalui materi pembahasan kali ini, kami akan menulis beberapa contoh cerita cerpen, yang mungkin bisa memberikan sedikit cerita yang menghibur.

Namun sebelum kita lanjut menuju ke beberapa contoh cerpen tersebut, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dulu definis atau pengertian tentang apa itu cerita cerpen. Nah di bawah ini kami sudah merangkum informasi tersebut, oleh karena itu’ yuk simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

Definisi Cerpen (Cerita Pendek)

Contoh Cerpen
Contoh Cerpen

Cerpen adalah sebuah karya sastra berbentuk tulisan yang memuat tentang sebuah cerita fiksi yang telah dikemas dengan sangat singkat, pendek tapi lengkap. Karakter yang di munculkan dalam cerita ini biasanya hanya mengisahkan satu tokoh saja.

Selain itu, cerpen juga bisa disebut sebagai sebuah cerita fiksi prosa karena cerita yang di muat hanya berfokus pada satu konflik yang di alami oleh tokoh mulai dari pengenalan karakter, sampai pada penyelesaian konflik dari pada tokoh tersebut. Cerita yang dimuat dalam cerpen umumnya hanya memuat lebih dari 250 kata dan tidak lebih dari 10.ooo kata.

Istilah cerpen sendiri sebenarnya merujuk pada sebuah singkatan yakni cerita pendek, yang artinya alur kisah yang dimuat dalam cerpen ini sangat singkat namun dengan akhiran yang baik. Inilah alasan mengapa banyak orang yang suka membaca cerita pendek, karena dinilai sangat tidak rumit.

Pada umumnya cerpen selalu menceritakan tentang berbagai kisah seperti tentang percintaan, jenaka, kasih sayang dan lain sebagainya. Meskipun cerita yang di sampaikan sangat singkat, namun di dalam cerpen juga mengandung amanat dan pesan bagi pembaca.  Dengan demikian, para pembaca bukan hanya sekedar mendapatkan hiburan saja, melainkan sebuah pesan yang bisa dipetik dari kejadian yang dikisahkan dari dalamnya.

Struktur Cerpen

Struktur Cerpen
Struktur Cerpen

Cerpen juga biasanya di dalamnya terdiri dari beberapa struktur penting yang dibutuhkan untuk melengkapi susunan cerita dalam cerpen. Beberapa struktur ini merupakan elemen penting, dinataranya misalnya seperti abstrak yang merupakan susunan awal mula cerita di buat. Berikut adalah struktur yang menjadi elemen dasar penting dalam menyusun cerpen.

Abstrak

Abstrak adalah salah satu struktur yang biasanya berfungsi untuk menggambarkan tentang awal kejadian kisah yang diceritakan dalam cerpen. Oleh sebab itu umumnya abstrak bersifat opsional / menjadi pilihan elemen yang bisa digunakan atau tidak digunakan dalam penyusunan cerpen.

Orientasi

Oreantasi adalah salah satu elemen dalam struktur pembuatan cerpen, biasanya struktur ini menggambarkan rangkaian waktu, lokasi atau suasana dan tempat kejadian dalam cerpen. Struktur ini menegaskan tentang kapan waktu kejadian cerita dalam cerpen.

Komplikasi

Komplikasi merupakan salah satu elemen penting dalam cerpen yang berfungsi untuk menjelaskan tentang konflik yang sedang di alami oleh salah satu tokoh utama yang ada di dalam cerita. Elemen ini akan menjelaskan rangkaian peristiwa  yang berkaitan dengan sebab dan akibat dari permasalahan yang terjadi.

Evaluasi

Kemudian eveluasi merupakan sebuah elemen penting dalam struktur yang berfungsi untuk menjelaskan tentang konflik atau pemasalahan yang kian semakin memuncak. Pada bagian ini, menunjukan bahwa konflik yang terjadi sudah semakin klimaks. Selain itu, dalam elemen ini juga akan menerangkan tentang solusi / penyelesaian yang harus dilakukan oleh tokoh utama atas persoalan yang di alami.

Resolusi

Resolusi merupakan salah satu elemen dalam struktur cerpen, yang memuat tentang bagian akhir dari permasalahan. Pada bagian ini, pengarang akan menyertakan sebuah solusi atau jalan keluar yang harus di lakukan oleh tokoh untuk menyelesaikan konflik yang telah terjadi.

Koda

Di dalam struktur elemen koda ini, nantinya pengarang akan menitipkan amanat atau pesan moral yang dapat dipetik oleh pembaca melalui rangkaian cerita yang dimuat. Pada tahap ini, pengarang berharap agar para pembaca bisa mengambil sesuatu pelajaran atas kejadian yang sudah di alami oleh tokoh karakter yang ada dalam cerpen.

Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur Intrinsik Cerpen
Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur intrinsik merupakan salah satu elemen unsur pembentuk yang wajib kamu sertakan dalam penuyusunan kisah cerpen. Adapun fungsi dari unsur ini adalah untuk membangun kisah cerita yang nantinya akan disampaikan oleh penulis kepada para pembaca.

Jika diperhatikan unsur ini hampir berhubungan langsung dengan rangkaian struktur seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi. Nah, biar kamu semua bisa lebih paham dengan pengenalan unsur unsur yang dalam unsur intrinsik ini, langsung aja kamu baca penjelasan tentang beberapa daftar unsur intrinsik yang sudah kami sebutkan di bawah ini.

Tema

Tema merupakan unsur penting yang harus ada dalam membuat / menyusun cerpen, karena unsur ini merupakan sebuah elemen yang akan menghadirkan awal mula cerita dimulai. Dalam unsur ini ppertama kali penulis akan mulai menyampaikan cerita yang telah dikembangkan.

Plot

Plot merupakan salah satu unsur penting yang berfungsi untuk menjelaskan urutan kejadian yang terjadi dalam cerpen. Pertama kali plot ini biasanya akan di awali dengan memperkenalkan karakter, masalah yang terjadi, dan solusi penyelesaian dari masalah yang dihadapi oleh tokoh.

Setting

Kemudian unsur intrinsik setting merupakan elemen yang gak kalah penting dalam cerpen. Yang mana biasanya unsur ini akan menjelaskan tentang kapan waktu, suasana dan tempat kejadian yang dimuat dalam cerpen tersebut. Dengan ini, pembaca akan dengan mudah memahami alur perjalanan cerita yang disamapaikan.

Tokoh

Tokoh merupakan salah satu karakter pemeran utama yang dihadirkan dalam cerita cerpen, selain tokoh utama, penulis juga menggambar salah satu tokoh pendukung yang tentunya tidak akan selalu di tampilkan secara terus menerus dalam penyusunan cerita.

Watak

Unsur intrinsik waktak sendiri terdiri dari tiga sifat yang masing masing ada dalam karakter yang akan ditampilkan dalam cerita. Beberapa sifat tersebut diantaranya adalah Protagonis (Karakter Baik), Antagonis (Karakter Jahat) dan yang terakhir adalah karakter tokoh yang netral.

Sudut Pandang

Sudut pandang merupakan cara penulis menuangkan kisah yang akan dituangkan dalam cerita, yang artinya dalam hal ini mutlak cerita yang dibangun merupakan hasil pengembangan fikiran penulis sehingga dapat menciptakan sebuah cerita yang dapat mengajak pembaca untuk merasakan alur cerita yang dituangkan.

Amanat

Dalam penyususnan cerpen amanat biasanya selalu di tempatkan pada bagian akhir dari cerita yang di dalamnya terdapat sebuah pesan yang disampaikan berdasarkan kisah dari cerita yang disampaikan.

Ciri Ciri Cerpen

Ciri Ciri Cerpen

Setiap karya sastra tentu memiliki ciri khasnya tersediri, ciri ciri inilah yang nantinya dapat digunakan untuk membedakan masing masing karya sastra yang ada saat ini diantaranya adalah karya sastra cerpen. Kami akan menjelaskan beberapa ciri ciri yang ada dalam karya sastra cerpen. Berikut adalah ciri cirinya.

  • Cerpen umunya dalam bentuk fiksi atau narasi yang dibangun berdasarkan karangan penulis
  • Kisah yang dimuat dalam cerpen biasanya menggunakan kata tidak lebih dari 10.000 kata.
  • Kisah yang di tuangkan dalam cerpen biasanya ceritanya sudah dikemas dengan sangat singkat dan padat
  • Pilihan kata yang digunakan dalam penulisan cerpen biasanya sangat sederhana / tidak rumit.
  • Kisah yang di muat dalam cerpen biasanya memiliki alur kisah atau jalan cerita tunggal
  • Kisah yang diceritakan dimbil dari peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari hari.
  • Tokoh karekter yang dihadirkan dalam cerpen biasanya hanya terfokus pada satu tokoh.
  • Selalu menyematkan amanat dan pesan moral di bagian akhir dari cerita yang telah dikisahkan.

Dengan mengetahui ciri khas atau karakteristik dari cerpen ini diharapkan agar pengguna bisa dengan mudah membedakan mana contoh cerpen dan mana cerita hikayat. Yang mana keduanya memang merupakan beberapa karya sastra yang tergabung dalam karya sastra lama.

Jika sebelumnya kamu sudah membaca artikel yang sudah kami buat yakni tentang materi pendidikan Contoh Teks Hikayat, tentunya kamu akan tahu dimana letak perbedaan dari kedua karya sastra lawas ini. Nah, menyinggung soal contoh, di bawah ini kami akan memberikan contoh karya cerpen yang mungkin bisa menjadi pelengkap untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam mengenal beberapa karya sastra.

Contoh Cerita Cerpen

Cerpen Pendidikan Tentang Pentingnya Percaya Diri

Contoh Cerpen
Contoh Cerpen

Percaya akan diri sendiri merupakan satu hal yang patut ditanamkan dalam diri sendiri. Kemudian dapat menghargai diri dipercaya mampu mengembangkan kemampuan dan bakat yang tertanam dalam diri. Karena di dalam diri seseorang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, sehingganya seorang memiliki sikap percaya diri.

Star In the Class

Panggil aja aku Wahyu’ Namun jangan tanyakan sekarang aku kelas berapa. Sebab di sekolah aku adalah seorang murid yang populer.!wkwkw

Bukannya aku menyombongkan diri ya sahabat semua, semua mengenal aku berkat kebaikan dan ketampanan aku yang diatas rata rata.

Di sekolah aku memiliki sahabat yang sangat setia, bahkan kami memiliki Geng yang biasa dipanggil Geng Star in teh Class. Kami selalu bersama dan selalu berbuat kebaikan. kalian jangan tanyakan tentang predikat prestasi kami, karena setiap diselenggarakan perlombaan atau even apapun kami pasti berhasil memenangkannya.

Tentunya dengan prestasi ini, akan membuat banyak orang yang tidak menyukai kami, terlebih kami di sekolah memang suka ribut. Tapi tentunya kami buka tipekal orang yang suka ngerebutin sesuatu. Seperti kata pak guru’ murid yang selalu ribut pasti adalah murid pintar.!!!wkwkwk ribut nya apa dulu?.

Sahabat setia aku bernama Dika, Bagus dan Rizal. Kami bertemu ketika kami bersama sama masuk dalam satu club bola yang sama di sekolah. Semua guru pasti akan antusias dan semangat ketika tim kami akan ditampilkan di sebuah pertandingan. Walaupun kami bukan digolongkan sebagai murid murid yang pintar dalam pelajaran, namun kami diberikan kelebihan dalam bidang lainnya,

Club kami mendapat binaan secara langsung dari guru favorit yang bernama pak Jamiat Abdilah. Jika pembina kami bukan Pak Jamiat Abdilah, mungkin kami hanya menyandang predikat sebagai murid murid pemalas dan bandel.

Mendapatkan prestasi tentunya bukan tentang harus mendapatkan rangking dan nilai yang bagus saja, akan tetapi murid yang tidak suka suka pelajaran matematika bisa sukses dengan cara mengerjakan apa yang disukai saja dan menolak untuk berbuat kejahatan.

Pak Jamiat Abdilah selalu memotivasi kami untuk melakukan apapun yang kami suka tanpa harus mengorbankan sesuatu. Beliau selalu memberikan kami semangat, motivasi dan filosofi tentang kesuksesan.

Tentu, kami akan selalu mengingat kebaikan Pak Jamiat Abdilah yang sudah membuat kami menjadi murid yang berarti walau kami memiliki banyak kekurangan. Berkat Pak Jamiat Abdilah kami bisa menjadi Star In the class dan membuat sekolah kami menjadi terkenal berkat keberadaan tim bola kami. Cerita ini berkisah tentang perjalanan hidup disekolah. Kita semua bisa berteman dengan siapa pun, namun tetap harus menjadi diri sendiri.

Penutup

Note” Cerpen merupakan salah satu karya sastra lama yang berbentuk tulisan teks dengan berbagai ritme dan diksi yang singkat. Contoh cerita dalam cerpen umunya memuat tentang kisah kasih sayang, percintaan dan jenaka yang mengandung pesan dan amanat di dalamnya.

Demikian pembahasan tentang Contoh Cerpen lengkap beserta Struktur, Unsur Intrinsik dan beberapa contoh ceritanya yang sudah kami kemas secara singkat dan lengkap. Bila ada tutur kata yang kurang berkenan kami selaku admin desacanggu.id meminta maaf atas segala kekhilafan dan kekeliruan dalam memuat informasi tentang contoh cerpen diatas. sekian!!

Originally posted 2022-12-19 17:29:17.